Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Gunung Kuniran Kulon Progo, Spot yang Menawan

Puncak Gunung Kuniran Kulon Progo

Gunung Kuniran Kulon Progo - Kabupaten Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Yogyakarta. Kabupaten yang memiliki ciri khas budayanya berupa tari angguk dan makananya geblek renteng. Daerah ini memiliki banyak sekali destinasi wisata kulon progo yang bagus untuk anda kunjungi.

Tak mau kalah dengan  wisata alam Kalibiru dan pule payung, masyarakat sekitar kuniran mulai mengembangan wisatanya berupa Puncak Gunung Kuniran Kulom Progo. Wisata ini memiliki pemandangan yang tak kalah menarik dengan puncak suruloyo yang merupakan puncak tertinggi di kulon progo.

Saat berkunjung ke gunung kuniran kokap wisatawan dapat menikmati pemandangan hijau yang masih asri, selain itu jika pengunjung dating pada saat sore hari akan melihat sunset yang sangat cantik dan menawan. Tidak hanya itu saja pada saat malam hari akan terlihat gemerlapnya lampu kota wates yang tentu menambah keseruan saat berkunjung ke puncak kuniran.

Wisata Gunung Kuniran Kulon Progo, Spot yang Menawan

Lokasi Wisata Gunung Kuniran Kulon Progo

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota jogja tidak perlu khawatir untuk menemukan lokasi gunung kuniran, karena lokasinya mudah di jangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Adapun lokasi Wisata Puncak Gunung Kuniran berada di Dusun Pandu, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Tidak hanya itu saja, wisatawan yang berasal dari luar kota juga dapat mendirikan tenda alias camping di tempat yang sudah di sediakan oleh pengelola. Pada malam hari suasana akan lebih menarik dan syahdu, karena anda dapat menikmati kota wates dari ketinggian dan gemerlapnya bintang membuat anda tidak ingin pergi dari bukit kuniran ini.

Baca Juga: Embung Bogor, Wisata Kulon Progo terbaru

Harga Tiket Masuk Gunung Kuniran

Untuk saat ini tarif yang di kenakan untuk memasuki gunung kuniran cukup murah, wisatawan hanya di kenakan biaya masuk sebesar Rp5000 / orang. Untuk hari libur maupun akhir pekan tariff yang di kenakan sebesar Rp7000 / orang. Harga tiket tersebut termasuk murah dan sebanding dengan pemandangan yang akan wisatawan dapatkan di puncak gunung kuniran.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi atau mobil akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp5000 sedangkan bagi kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2000 / motor.

  • Harga Tiket Masuk Rp5000 (Hari Biasa) Rp7000 (Hari Libur / Wekkend)
  • Parkir Motor Rp2000
  • Parkir Mobil Rp5000

Fasilitas Gunung Kuniran

Berbicara wisata tentu tak asik jika tidak membahas fasilitas. Pada saat malam-malam tertentu atau akhir pecan pihak pengelola biasanya menyediakan musim live yang sangat bagus, dengan begitu tentu banyak wisatawan yang ingin berkunjung untuk sekedar menikmati alunan musik.

Wisata yang di buka pada tahun 2019 masih dalam tahap penggembangan, bahkan untuk saat ini pemerintah terkait juga ikut andil dalam pembangunan wisata kuniran bersama masyarakat sekitar. Adapaun fasilitas puncak kuniran di antaranya:

  • Kamar Mandi
  • Cafe / Warung Makan
  • Spot Foto
  • Tempat Parkir
  • Live Mussic
  • Camping Ground

Daya Tarik Puncak Gunung Kuniran

Karena lokasinya yang berada di pegunungan menorah, pengelola wisata hanya menyediakan dua tempat parkir. Untuk parkir utama berada di bawah, untuk menuju lokasi wisata puncak kuniran penggunjung harus berjalan kaki sekitar 300 meter. Di Sepanjang perjalanan pengunung dapat menikmati beberapa spot foto yang sudah di sediakan.

Untuk mencapai puncak gunung kuniran, wisatawan harus sedikit bersabar karena harus melewati beberapa anak tangga yang cukup menguras tenaga. Waktu yang tepat untuk menggunjungi gunung kuniran adalah saat musim kemarau tiba.

Jalan untuk menuju lokasi sudah tergolong baikm walapun terdapat kekurangnya yaitu jalanya cukup sempit dan minim lampu penerangan saat malam hari. Untuk memasuki wisata pengunjung harus sesuai dengan protocol kesehatan dengan mencunci tangan dan pengecekan suhu oleh petugas yang sudah bersiap di pintu masuk.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali.

Wisata Sekitar Bukit Kuniran

  • Gunung Ijo
  • Kopi Ampirono
  • Sungai Mudal
  • Wisata Alam Kalibiru
  • Puncak Suroloyo
  • Air Terjun Perawan Samigaluh