Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lembah Ngingrong Gunung Kidul, Situs Geopark Gunung Sewu

Lembah Ngingrong

Lembah Ngingrong Gunung Kidul - Berkunjung ke jogja adalah hal yang sangat di nantikan oleh para wisatawan luar daerah. Provinsi yang di juluki sebagai kota gudeg ini memiliki banyak wisata yang patut anda sambangi ketika berkunjung ke jogja. Selain wisata budayanya yang sangat kental, terdapat juga beberapa wisata kuliner dan wisata alam yang sangat bagus.

Di Kabupaten Gunung Kidul terdapat salah satu wisata yang cukup terkenal dengan pemandangan bebatuan kars hijau yang membentang dari timur ke barat. Lembah Karst Mulo atau yang biasa di sebut dengan Lembah Ngingrong. Lembah ini menjadi pintu masuk ke beberapa wisata gunung kidul.

Wisata Ngingrong ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan menjandi wisata yang cukup favorit di kalangan para traveler. Selalin itu, Lembah Karst Mulo sudah resmi menjadi salah satu dari 13 situs Geopark Gunung Sewu yang sudah di akui oleh Global Geopark Network.

Memiliki pemandangan yang cantik membuat Lembah Ngingrong menjadi salah satu wisata kebanggan jogja, khusunya masyarakat Gunung Kidul. Lembah ini terbentuk karena proses alamiah pada ribuan tahun lalu. Menurut peneliti wilayah ini dahulu berupa cekungan khas yang terbentuk di daerah Karst atau Polye.

Lembah Ngingrong Gunung Kidul, Situs Geopark Gunung Sewu
Penari yang sedang berada di Lembah Karst Mulo, Gunung Kidul (Foto ig/gunungkidul)

Seiring berjalanya waktu, cekungan tersebut menjadi salah satu tempat penyerapan air dari permukaanya hingga celah-celah yang terbentuk di dalamnya. Karena proses pengikisan yang cukup lama, cekungan tersebut akhirnya semakun berkembang luas. Karena lokasinya yang berada di batuan kapur membuat proses pengikisan semakin cepat dan terbentuklah lembah yang cukup luas.

Baca Juga: Wisata Goa Kalisuci Gunung Kidul, Tempat Cave Tubing Terbaik

Lokasi Lembah Ngingrong.

Wisatawan yang ingin menikmati hamparan lembah yang cukup luas dapat menemukan lokasinya dengan cukup mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Lokasi Lembah Karst Mulo atau Lembah Ngingrong berada di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.


Wisatawan dapat melakukan perjalanan dari pusat kota jogja menuju Jl. Wonosari. Perjalanan untuk sampai ke Lembah Karst Mulo menempuh waktu perjalanan kurang lebih 1 hingga 1,5 jam  tergantung dengan kondisi lalulintas. Selain itu jaraknya sejauh 35 km dan memiliki kondisi jalan yang sudah bagus. Wisatawan juga dapat menggunakan goggle maps untuk mempermudah menemukan lokasi Lembah Ngingrong.

Harga Tiket Masuk Lembah Ngingrong.

Wisatawan yang akan merasakan sensasi menikmati hamparan lembah hijau yang cantik dapat menuju lembah mulo. Harga tiket yang di kenakan untuk saat ini masih gratis karena masih dalam tahap penggembangan oleh pengelola. Wisatawan cukup membayar parkir kendaraan motor sebesar Rp3000 dan Rp10.000 untuk kendaraan mobil.
  • Harga Tiket Masuk Gratis
  • Parkir Motor Rp3.000
  • Parkir Mobil Rp7.000
  • Wahana Flying Fox Rp20.000 / orang.

Fasilitas Lembah Nginrong.

Wisatawan yang ingin menikmati lembah ngingrong gunung kidul tidak perlu khawatir tentang fasilitasnya. Pasalnya wisata ini sudah memiliki fasilitas yang cukup bagus untuk menunjung wisatawan yang berkunjung.Namun untuk menikmati wisata ini wisatawan belum di kenakan harga tiket masuk. Fasilitas Karst Mulo di antaranya:
  • Warung Makan
  • Parkir Kendaraan
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat Istirahat
  • Spot Foto
  • Flying Fox

Daya Tarik Lembah Ngingrong.

Bentangan pegunungan karst yang berada di gunung kidul memang memiliki ciri khas tersendiri dengan keuinikan eksokarst dan endokarst. Fenomena ini menjadi bentukan perbukitan karst yang berbentuk kerucut. Sedangkan di bawah permukaanya terdapat aliran yang mengalir di sungai bawah tanah .

Wisatawan dapat menikmati keindahan sepanjang Lembah Mulo Jogja. Lembah ini menjadi salah satu pintu masuk menuju Goa Ngingrong. Bagi wisatawan yang harus menikmati Goa Ngingrong harus melewati jalan setapak yang cukup terjal dan harus menguras tenaga karena mengelilingi lembah.

Sejarah Goa Ngingrong senidiri bermula ketika anda memasuki goa, anda akan menjumpai tetesan air yang jatuh dari stalaktit dan stalagmit yang terdapat pada dinding goa. Tidak hanya itu saja, wisatawan juga dapat menemukan sumber mata air yang cukup belimpah dan masih mengalir hingga saat ini. Mata air ini menjadi sumber mata air bagi penduduk setempah terutama pada saat musim kemarau.

Tidak hanya memiliki pemandanganya yang cantik, wisatawan juga dapat mencoba beberapa wahana bermain seperti flying fox dan eksotisme lembah ngingrong jogja dari ketinggian. Di tebing geoprak ini juga terdapat Lafadz Allah, lafadz itu terbentuk secara alami.

Wisata Dekat Lembah Ngingrong

  • Gunung Api Purba Nglanggeran
  • Embung Nglanggeran
  • Bukit Pengilon
  • Embung Sriten Nglipar
Berikut di atas adalah artikel tentang Lembah Nginggrong Gunung Kidul. Cukup menarik kan? Silahkan langsung saja menuju ke lokasi!

Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.