Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisah Nyi Linggi dan Misteri Gunung Ciremai

Misteri Gunung Ciremai

Kisah Nyi Linggi dan Misteri Gunung Ciremai - Gunung Ciremai merupakan salah satu gunung yang berada di Bantaragung, Sindawangi, Kabupaten Majelengka, Provinsi Jawa Barat. Gunung ini memiliki banyak pesona yang akan di temui ketika mendaki gunung ini. 

Gunung Ciremai memiliki ketinggian 3.078 Mdpl dan menjadi gunung tertinggi di jawa barat. Banyak pendaki yang memilih gunung ini karena memiliki jalur pendakian yang susah senang, artinya pendaki dapat menemukan jalur yang susah dan menyenangkan.

Kisah Nyi Linggi dan Misteri Gunung Ciremai
Gunung Ciremai (Foto Ig/gunungciremai)
Di Balik kemegehan dan keindahan gunung ciremai, ternyata gunung ini memiliki mitos yang cukup mistis. Beberapa pendaki pernah mendengar bahwa di gunung ciremai terkenal dengan mitosnya yaitu Nyi Linggi, Berikut di bawah adalah beberapa mitos tentang nyi linggi ciremai.

Baca Juga: Kakek Berjubah Putih dan Nyi Linggi, Penunggu Gunung Ciremai

1. Penampakan Kakek Berjubah Putih

Menurut cerita yang beredar cukup luas, pada suatu hari terdapat pendaki yang pernah melihat sosok lelaki tua yang berbaju putih di Batu Lingga. Penampakan tersebut tidak hanya satu kali saja, misteri kemunculan kakek tua di katikan dengan Legenda Batu Lingga yang di mana lokasi batu tersebut di gunakan oleh Sunan Gunung Jati untuk bersemedi.

Menurut tokoh sekitar, Dahulu tempat ini di jadikan tempat untuk awal penaklukan Tanah Jawa oleh Portugis. Tentara portugis mempunyai niat untuk menghabisi tokoh adat khusunya para ulama. Peran ulama di tanah jawa memang sangat kuat dalam menantang penjajahan oleh bangsa portugis.

Saat melakukan perjalanan menuju gunung ciremai, rombongan pasukan Sunan Giri di tuntun oleh sosok kakek yang bernama Satria Kawingran, Satria Kawangiran sendiri merupakan kakek dari Sunan Giri. 

Karena kondisi Kakek Sunan Giri yang sudah sepuh, beliau memutuskan untuk mempersilahkan sunan giri beserta rombonganya untuk melanjutkan perjalanan.

Sembari beristirahat, Satria Kawingaran bersemedi di sebuah batu yang cukup besar atau yang biasa di sebut Moka Gunung Ciremai. Satria Kawingaran akhirnya memutuskan untuk bersemedia di batu tersebut sampai akhir hidupnya, oleh sebab itu banyak masyarakat sekitar menyebutnya dengan Makam Moka Gunung Ciremai.

Baca Juga: Teror Gunung Ciremai Via Linggarjati

2.Penampakan Nyi Linggi dan Dua Ekor Macanya

Penampang yang satu ini sering di alami oleh beberapa pendaki. Penampakan sosok permpuan tua yang bernama Nyi Linggi, Nyi Linggi tidak bisa di pisahkan dari misteri gunung ciremai. Pasca persemedian Sunan Gunung Giri untuk meneruskan persemedian kakeknya atau Sultan Aji dengan maksud untuk mendapatkan kekuatan sakti.

Menurut Cerita yang beradar, Nyi Linggi meninggal tidak jauh dari tempat bertapanya yang sudah tuntas. Ketika beliau meninggal terdapat pengikutnya yaitu dua macam yang juga ikut menghilang. Sontak banyak pendaki yang beranggapan bahwa arwah Nyi Linggi masih berada di Batu Nisan Gunung Ciremai.

3.Suara Gamelan Jawa

Kejadian ini sering terjadi oleh kalangan para pendaki. Beberapa pendaki pernah menceritakan bahwa ia pernah mendengarkan suara gamelan jawa yang sumber suaranya masih misterius. Suara gamelan yang terjadi di gunung memang tidak hanya di gunung ciremai saja, tetapi di beberapa gunung seperti Gunung Lawu, Gunung Slamet dan Gunung Merapi.

Banyak yang beranggapan bahwa suara gamelan misterius ini menjadi pertanda bahwa ada sambutan dari sosok penunggu gunung ciremai. Selain itu ada asumsi lain bahwa pendaki mendapat teguran karena tidak menaati peraturan dan norma gunung ciremai.

4. Misteri Tanjakan Bapa Tere

Tanjakan Bapa Tere senidiri merupakan tanjakan yang berada di gunung ciremai. tanjakan bapa tere berada di ketinggian 2200 mdpl, konon tanjakan ini menyimpan certia yang cukup melegenda seperti tanjakan yang berada di Tanjakan Cinta Gunung Semeru.

Tanjakan Bapa Tere memiliki arti yaitu "Bapak Tiri". Menurut beberapa cerita pendaki yang pernah melewati tanjakan bepe, ia melihat sosok bapak yang mengajak anaknya sedang mendaki gunung ciremai, Namun saat menurutni tanjakan tersebut, sang anak malah tewas di bunuh oleh bapak tirinya.

Baca Juga: Misteri Gunung Andong Jawa Tengah

Penutup

Berikut di atas merupakan artikel tentang kisah nyi linggi yang menjadi penunggu gunung ciremai. Kita sebagai manusia biasa harus tetap menjaga sopan santun ketika berkunjung ke tempat lain.

Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.