Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Jogan Gunung Kidul, Wisata Pantai Sekaligus Air Terjun

Pantai Jogan Gunung Kidul

Pantai Jogan Gunung Kidul - Gunung Kidul meruapakan daerah yang memiliki wiata pantai pasir putih yang cukup bagus. Banyak pantai yang dapat wisatawan temukan mulai dari pantai yang memiliki batu karang hingga Pantai Jogan yang memiliki air terjun yang berada di bibir pantai.

Pantai Jogan memiliki air terjun dengan tinggi sekitar 10 meter, sumber air terjun tersebut berasal dari beberapa perbukitan di sebelah utara pantai. Hal unik di pantai ini adalah air terjun tersebut langsung mengalur ke laut karena pantai jogan tidak memiliki garis batas laut.

Wisatawan yang akan menikmati sensasi air terjun di pantai jogan harus berjalan kaki turun terlebih dahulu dengan cara Canyoning atau Rappeling di air terjun. Cara kedua yaitu wisatawan harus berjalan kaki menuruni medan yang cukup licin. Pengunjung harus sedikit berhati-hati karena medan air terjun jogan cukup terjal.

Pantai Jogan Gunung Kidul, Wisata Pantai Sekaligus Air Terjun
Air Terjun Pantai Jogan, Gunung Kidul (Foto: Aconkyeah)

Setelah melewati rintangan ketika menuruni air terjun, wisatawan harus melewati batu karang yang di tempai oleh ribuan bayi kepiting. Kepiting tersebut memiliki ukran yang cukup kecil dan berwarna transparan, di sarankan untuk menggunakan sepatu ketika menggunjungi pantai jogan gunung kidul.

Baca Juga: Pantai Siung Gunung Kidul, Wisata Alam dengan Pasir Putih

Lokasi Pantai Jogan Gunung Kidul

Wisatawan yang akan menikmati sensasi air terjun yang berada di pantai jogan dapat menemukan lokasinya dengan cukup mudah. Jalan menuju lokasi masih satu arah dengan Pantai Pok Tunggal. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil, di sarankan untuk menggunakan motor saja karena ketika menggunakan mobil hanya muat 1 arah saja.

Lokasi Pantai Jogan Gunung Kidul berada di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai ini berada di sebelah barat Pantai Siung dan Pantai Nglambor dan di sebelahnya adalah Pantai Timang yang terkenal dengan pemandangan ombak dan jalanya yang ekstrem.

Rute Menuju Pantai Jogan

Wisatawan yang berada di pusat kota jogja dapat menggunakan rute ini. Petama, arahkan kendaraan menuju Jl KH.Ahmad Dahlan menuju Jl Senopati no 9, arahkan kendaraan sampai menemukan perempatan ke arah selatan Jl Brigjen Katamso. Setibanya di perempatan arahkan kendaraan ke timur sampai melewati Jl Kolonel Sugiono.

Sesampainya di pertigaan arahkan ke salatan menuju Jl Sisingamaraja kemudian lurus sampai Jalan Imogiri, lanjutkan perjalanan gingga Jl Imogiri Siluk terus lanjutkan ke arah Jl Siluk Panggang. Setibanya di panggang arahkan kendaraan ke timur sampai melewati Jl Raya Panggang Wonosari, lalu menuju arah Jl Pantai Selatan Jawa.

Setibanya di Jl Pantai Siung, ikuti jalan sampai menemukan papan penujuk arah menuju Pantai Jogan. Jarak Pantai Jogan dari kota jogja sekitar 80 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam 30 menit, tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Harga Tiket Masuk Pantai Jogan

Wisatawan yang ingin menikmati pantai jogan tidak perlu khawatir tentang harga tiket masuknya. Harga tikemasuk pantai jogan hanya Rp10.000 per orang, hagra tersebut sudah termasuk dengan tiket masuk pantai Siung dan Pantai Nglambor yang berada di dekatnya. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp3000 , Mobil Rp5000 dan Rp20000 untuk bus.

Fasilitas Pantai Jogan

Wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas yang sudah tersedia. Fasilitas di Pantai Jogan masih cukup minim karena tergolong wisata yang masih baru, fasilitas pantai jogan di antarnya adalah:
  • Gazebo
  • Kamar mandi
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Spot Foto
  • Toilet

Daya Tarik Pantai Jogan Gunung Kidul

Wisatawan dapat menikmati air terjun setinggi 10 meter dengan sumber yang berasal dari perbukitan yang berada di sebelah utara pantai jogan. Air terjun tersebut memiliki daya tarik tersendiri karena berada langsung dengan batas laut.

Untuk menikmati air terjun wisatawan harus sedikit turun ke bawah dengan cara teknik canyoning atau rappeling di air terjun. Cara yang kedua adalah dengan berjalan langsung menuruni air terjun dengan kondisi medan yang cukup licin.

Salah satu cara untuk turun ke bawah adalah dengan cara teknik rappeling dan canyoning, cara ini harus memerlukan keberanian dan pemandu yang sudah cukup pengalaman. Rappeling sendiri adalah olahraga outdoor dengan cara menuruni tebing dengan menggunakan perlengkapan tali.

Oleh karena itu di persiapkan mental dan fisik yang cukup prima. Karena anda harus menuruni tebing sekaligus aliran air yang cukup deras. Rappleing akan lebih menantang jika wisatawan melakukanya saat musim hujan.

Tips Mengunjungi Wisata Pantai Jogan 

  • Usahakan menggunakan alas kaki yang bagus, karena jalan menuju air terjun wisatawan akan di hadaptkan dengan bayi kepiting transparan yang bisa saja mengigit kaki anda.
  • Membawa bekal makanan. Alangkah baiknya wisatawan yang datang harus membawa bekal makanan.
  • Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan air terjun, usahakan untuk datang pada saat musim hujan.
  • Harus sedikit berhati-hati, karena jalan menuju pantai memiliki medan yang curam dan cukup licin.

Wisata Dekat Pantai Jogan

  • Pantai Siung
  • Pantai Nglambor
  • Pantai Wohkudu
  • Pantai Kesirat
  • Pantai Indrayanti
  • Pantai Pok Tunggal
  • Pantai Ngobaran
Itu dia beberapa ulasan dari yanacircle.com tentang wisata pantai jogan gunung kidul. Jika terdapat kesalahan informasi bisa menghubungi admin di contact yang sudah tersedia!

Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.