Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Nglambor Gunung Kidul, Tempat Snorkeling Terbaik di Jogja

Pantai Nglambor Gunung Kidul

Pantai Nglambor Gunung Kidul - Membahas wisata jogja tidak akan pernah habis khusunya wisata pantai yang berada di Gunung Kidul. Kabupaten yang berada di sebelah timur kota jogja ini memiliki pantai yang bisa anda gunakan untuk Snorkeling menikmati kehidupan bawah laut. Pantai tersebut yaitu Pantai Nglambor Gunung Kidul.

Di Pantai Nglambor wisatawan dapat menikmati aneka ragam terumbu karang dan biodata laut tanpa takut terkena ombak ganas, hal itu di sebabkan karena di depan pantai terdapat dua pulau karang yang bentuknya menerupai kura-kura yang menghalau ombak ke bibir pantai.

Awal mula wisata pantai nglambor menjadi terkenal bermula dari sekolompok orang yang menyadari bahwa pantai ini memiliki potensi wisata yang cukup besar. Potensi tersebut berasal dari terumbu karang, aneka ragam biota laut dan keadaan pantainya yang bagus. memang pantai ini tidak seramai Pantai Indrayanti yang terkenal dengan pasir putihnya.
Pantai Nglambor Gunung Kidul, Tempat Snorkeling Terbaik di Jogja
Pemandangan Bawah Laut Pantai Nglambor, Gunung Kidul (Foto ig/jogjascnery)
Pantai Nglambor selalu di padati wisatawanya setiap hari, bahkan jika musim liburan tiba banyak wisatawan yang berantusias untuk mengantri hanya untuk menikmati Snorkeling. Meski selalu ramai oleh wisatawan, kondisi pantai ini tetap terjaga dari segi tempat maupun kebersihanya.

Lokasi Pantai Nglambor

Wisatawan dapat menemukan pantai nglambor jogja dengan cukup mudah, tetapi hal yang sering menjadi kendala adalah jarak pantai dari pusat kota jogja cukup jauh. Lokasi pantai berada di kawasan wisata Pantai Siung dan Pantai Jogan.

Lokasi Pantai Ngalmbor berada di Kelurahan Purwodari, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk mempermudah menemukan lokasi, wisatawan dapat menggunakan goggle map.

Rute Menuju Pantai Nglambor

Rute menuju Pantai Ngalmbor tergolong cukup susah, jika anda berada di pusat kota jogja dapat menggunakan rute ini. 

Dari pusat kota jogja arahkan kendaraan anda ke Jl Wonosari setelah itu ambil jalan menuju Pantai Siung, Setelah melewati pos retribusi, anda akan di pertemukan dengan pertigaan. Dari pertigaan ambil arah menuju Pantai Nglambor. Pantai Nglambor berada tepat di ujung jalan.

Hal yang menjadi tantangan lainya adalah jalan menuju lokasi cukup terjal dan tidak terlalu lebar. Bagi anda yang menggunakan bus siap-siap saja, karena kondisi jalan tidak memungkinkan untuk di lewati bus. Wisatawan harus berjalan kaki atau bisa menggunakan jasa ojek untuk menuju pantai.

Jarak Pantai Nglambor dari pusat kota jogja sekitar 74 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam 30 menit tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

Harga tiket masuk pantai nglambor sebetulnya cukup murah, tetapi jika pengunjung ingin melakukan Snorkeling harus sedikit mengeluarkan lebih banyak. Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan bawah laut cukup membayar satu paket saja.

Wisatawan yang ingin masuk pantai nglambor akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp5000 per orang, harga tersebut sudah termasuk retribusi Pantai Siung juga. Sedangkan untuk biaya snorkeling sebesar Rp50000 per orang, parkir motor Rp2000 dan parkir mobil Rp5000.
  • Harga Tiket Masuk Rp5000 per orang.
  • Biaya Snorkeling Rp50000 per orang.
  • Parkir Motor Rp2000.
  • Parkir Mobil Rp5000.
  • Jasa Ojek Rp5000.

Fasilitas Pantai Nglambor

Wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas yang sudah tersedia, berbagai fasilitas dapat di gunakan, wisatawan yang mengunjungi pantai nglambor harus menjaga kebersihan dan fasilitas yang sudah tersedia, fasilitas di antaranya:
  • Tempat Parkir
  • Tempat Snorkeling
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Mushola
  • Tempat Santai
  • Ojek

Daya Tarik Pantai Nglambor

1.Tempat Snorekling

Pantai Nglambor menjadi salah satu tempat snorekling terbaik di jogja. Wisatawan dapat menikmati keindahan biota laut dengan kocek yang cukup murah. Oleh sebab itu anda tidak perlu jauh-jauh ke bali untuk menikmati snorkeling, jika anda datang pada saat musim liburan harus sedikit bersabar, pasalnya anda harus menunggu giliran terlebih dahulu.

2.Pemandangan Pantai

Bagi wisatawan yang tidak berminat untuk snorkeling tidak perlu khawatir, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan di sekitar pantai berupa pasir putih yang cukup bersih. Selain itu, anda juga dapat melihat pemandangan bebatuan karst yang berada di tengan pantai.

Tidak hanya itu saja, wisata Pantai Nglambor juga menjadi tempat budidaya berbagai jenis ikan serta biota laut lainya. Lokasi pantai yang cukup sepi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancarnegara.

Wisata Dekat Pantai Nglambor

  • Pantai Siung
  • Pantai Jogan
  • Pantai Pok Tunggal
  • Pantai Nggobaran
  • Pantai Drini
  • Pantai Wedi Ombo
Itu dia artikel dari yanacircle tentang Pantai Ngalmbor. Tunggu apalagi, segera kemasi barang-barang anda lalu menuju ke lokasi!.