Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Siung Gunung Kidul, Wisata Alam dengan Pasir Putih

Pantai Siung Gunung Kidul

Pantai Siung Gunung Kidul - Gunung Kidul memang memiliki banyak destinasi wisata pantainya yang sangat terkenal. Ciri khas pantai yang berada di gunung kidul memiliki pasir berwarna putih dan pemandanganya yang cantik dengan pepohonan pandan yang berada di sekitar pantai. Pantai Siung namanya, pantai ini memiliki bebatuan karst yang cukup besar dan pegunungan yang berada di sebelahnya.

Selain itu, pantai ini juga memiliki tempat yang digunakan untuk olahraga panjat tebing. Banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini hanya untuk menikmati pemandangan bebatuan yang cantik dan olahraga panjat tebing.

Wisatawan dapat menikmati panorama Pantai Siung Gunung Kidul dengan menaiki bukit pantai siung yang berada di sebelah timur pantai ini. Wisatawan tidak perlu khawatir karena sudah di sediakan jalan setapak yang sengaja di buat pengelola wisata untuk mempermudah wisatawan menuju puncak bukit.

Pantai Siung Gunung Kidul, Wisata Alam dengan Pasir Putih
Nelayan yang mulai mencari ikan di Pantai Siung (Foto ig/tutiksekarsai)

Ketika berada di puncak bukit, pengunjung dapat melihat Pantai Siung dengan jelas. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat pemandangan kota Purwodadi dan beberapa tanaman mirip warga sekiar. Apabila wisatawan datang pada saat cuaca cerah, tempat ini sangat cocok untuk menikmati matahari tenggelam (Sunset) dengan indah.

Lokasi Pantai Siung

Wisatawan dapat menemukan pantai siung gunung kidul dengan sangat mudah. Pantai ini masih satu arah dengan Pantai Watu Bebek dan Pantai Muncar yang berada di sebelah kanan dan kirinya. Lokasi Pantai Siung berada di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Siung

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pantai siung jogja dapat menggunakan rute pantai siung dengan titik awal dari pusat kota jogja. Pertama, arahkan kendaraan menuju Jl Panembahan Senopati lalu lurus sampai ke Jl Raya Jogja terus lanjutkan perjalanan menuju Jl Kusumanegara.

Sesampainya di Jl Kusumanegara lanjutkan perjalanan menuju Jl Gedong Kunung terus menuju timur ke arah Jl Wonosari. Perjalanan di lanjutkan dengan melewati Jl Jogja - Wonosari sampa ke perempatan menuju Jl Kyai Legi, setelah itu arahkan kendaraan melewati Jl Terpus dan melewati Jl Pantai Selatan, ikuti jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk arah menuju Wisata Pantai Siung Gunung Kidul.

Jika anda mengamati dengan jelas, jarak pantai siung dari pusat kota jogja sekitar 74 kilometer dan membutukan waktu tempuh sekitar 2 jam 20 menit tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali.

Harga Tiket Masuk Pantai Siung

Wisatawan dapat menikmati pantai siung cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk dengan harga tiket masuk Pantai Jogan dan Pantai Nglambor.

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp 2000, sedangkan untuk kendaraan mobil dan bus biaya parkir sebesar Rp.10.000 . Cukup murah kan untuk menikmati keindahan pantai siung dengan harga tiket masuk yang bersahabat di kantong.

Baca Juga: Pantai Nglambor Gunung Kidul, Tempat Snorkeling Terbaik di Jogja

Fasilitas Pantai Siung

Fasilitas yang terdapat di pantai siung sudah sangat memadai untuk di gunakan. Wisatawan dapat menggunakan fasilitas yang sudah tersedia, hal yang harus anda lakukan hanyalah menjaga serta menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya. fasilitas pantai siung di antaranya:
  • Area Parkir
  • Warung
  • Rumah Makan
  • Penyewaan Penginapan (Homestay)
  • Kamar Mandi & Toitlet
  • Mushola
  • Pendopo
  • Gazebo
  • Gardu Pandang

Daya Tarik Pantai Siung

1.Sejarah Pantai Siung

Pantai Siung Gunung Kidul, Wisata Alam dengan Pasir Putih
Pemandangan Sunset di Pantai Siung (Foto ig/fbushtommy)
Pemandangan yang memukau dari Pantai Siung adalah batu karangnya. Bebatuan karang tersebut memiliki ukuran yang cukup besar, lokasi batunya berada di sebelah barat dan sebelah timur memiliki perang yang cukup penting sebagai pemabatas pantai sekaligus penghalau ombak.

Menurut masyarakat setempat, nama pantai siung sendiri berasal dari batu yang mempunyai kemiripan dengan gigi kera atau yang lebih di kenal dengan Siung Winara. Hingga saat ini, batu karang tersebut menjadi ikonik khas pantai siung.

Batu karang yang menyerupai gigi kera hingga saat ini masih menjadi saksi bisu bahwa pantai ini menjadi tonggak kejayahan Siung Wanara di masa lalu. Menurut cerita sesepuh, wilayah ini dulunya menjadi pusat perdagangan di kabupaten gunung kidul. Tak jauh dari pantai terdapat suatu wilayah yang bernama Winangun, wilayah tersebut terdapat pasar sekaligus tempat berdian Nyai Kami dan Nyai Podi serta Istri abdi dalam Kerajaan Kraton Yogyakarta dan Kraton Surakarta.

2.Camping Ground

Wisatawan juga dapat merasang sensai malam di pantai siung dengan mendirikan tenda, lokasi camping ground berada di sebelah timur pantai. Di camping ground ini wisatawan dapat mendirikan tenda dan menyalakan api unggun.

Pengelola wisata pantai siung memberi aturan bahwa siapa saja yang ingin camping di pantai ini tidak boleh merusak lingkungan dan menggangu habitat penyu, seperti yang tertulis dalam peraturan di papan tempat camping ground.

Wisatawan juga dapat menggunakan rumah panggung untuk tempat basecamp, lokasi panggung tak jauh dari camping ground. Ukuran tempat ini cukup besar dan bisa menampung hingga 10 sampai 20 orang.

3.Terdapat Kera

Pada saat malam hari, biasanya rombongan kera ekor panjang akan turun dari puncak tebing karang menuju bibir pantai. Keberadaan kera ber-ekor panjang ini masih banyak di jumpai di pantai siung. Oleh sebab itu, mengapa batuan ini di sandingkan dengan kera karena bentuknya yang hampir mirip.

Menurut sesepuh yang dapat melihat masa dapan, Pantai Siung akan menjadi Rejomulyo atau akan kembali pada masa kejaayaan. Kejayaan ini mulai terjadi di tandai dengan ramainya wisatawan yang mengunjung pantai ini setiap harinya.

Wisata Dekat Pantai Siung

Berikut di atas artikel tentang Pantai Siung Gunung Kidul dari sobar yanacircle. Tunggu apalagi, segera kemasi barang bawaan anda lalu menuju lokasi!
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.