Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Pantai Watu Kodok Gunung Kidul, Wisata Pantai Favoit Jogja

Pantai Watu Kodok Gunung Kidul

Pantai Watu Kodok Gunung Kidul - Gunung Kidul merupakan salah satu daerah yang mempunyai banyak destinasi pantainya yang terkenal dengan pantai berpasir putih. Pantai Watu Kodok merupakan salah satu pantai yang memiliki pasir putih dan air laut yang berwarna biru muda yang sangat cantik.

Di Pantai Watu Kodok terdapat beberapa batu karang yang sangat menarik, batu tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi yang berkunjung ke pantai ini. Suasana pantai yang masih asri juga menjadi salah satu kelebihan tersendiri bagi wisatawan. Pantai ini masih cukup baru dan belum terlalu terkenal seperti pantai-pantai yang berada di gunung kidul.

Asal mula pemberian Pantai Watu Kodok bermula dari dua batu karang yang berntuknya hampir mirip dengan hewan kodok, dalam bahasa jawa kodok berarti katak. Batu karang ini berada di sisi barat dan timur pantai Watu Kodok.

Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup luas, oleh sebab itu pantai ini sangat di rekomendasikan bagi anda yang gemar bermain di area pantai. Karakteristik ombak di Pantai Watu Kodok cukup sedang, sehingga anda tetap berhati-hati ketika bermain di pinggiran pantai.
Pesona Pantai Watu Kodok Gunung Kidul, Wisata Pantai Favoit Jogja
Pantai Watu Kodok Gunung Kidul (Foto ig/pesonaalamjogja)
Tidak hanya itu saja kelebihan pantai watu kodok gunung kidul, di sepanang pantai juga terdapat pepohonan khas pantai yaitu pohon cemara udang dan pandan laut yang dapat anda gunakan untuk berlindung dari sinar matahari yang cukup panas ketika siang hari.

Lokasi Pantai Watu Kodok

Wisatawan dapat berkunjung ke pantai watu kodok dengan mudah karena lokasinya dapat di jangkau menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Lokasi Pantai Watu Kodok berada di Kelor Kidul, Desa Kemendang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta 55881.


Rute Menuju Pantai Watu Kodok

Pengunjung dapat mudah menemukan Pantai Watu Kodok Jogja dengan sangat mudah, selain itu hal yang menjadi kendala adalah jalan menuju pantai memiliki medan yang berkelok-kelok dan naik turun.

Bagi anda yang sedang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini. Dari 0 Kilometer ambil arah ke timur menuju Jl. Panembahan Senopati jalan lurus sampai menemukan perempatan Jl Kolonel Sugiono.

Dari Jl Kolonel Sugiono ambil arah menuju Jl Sisingamaraha lurus sampai melewati Jl Imogiri. Lanjutkan perjalanan hingga melewati Jl Imogiri Siluk, lanjutkan perjalanan menuju Jl Raya Panggang Wonosari, lalu melewati Jl Pantai Selatan Jawa sampai menemukan papan penujuk arah menuju Wisata Pantai Watu Kodok.

Harga Tiket Pantai Watu Kodok

Wisatawan tidak perlu panik tentang harga tiket masuk pantai watu kodok, pasalnya harga tiket masuknya cukup murah yaitu Rp5000 per orang. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda ( Camping ) cukup membayar Rp10.000 per orang.

Wisatawan yang menggunakan kendaraan roda empat akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp5000 per mobil, Sedangkan untuk kendaraan roda dua akan di kenakan tarif parkir sebesar Rp3000 per motor.

Fasilitas Pantai Watu Kodok

Wisatawan dapat menggunakan beberapa fasilitas yang tersedia, akan tetapi fasilitas di pantai watu kodok belum terlalu lengkap. fasilitas pantai watu kodok di antaranya :
  • Mushola
  • Area Parkir yang luas
  • Kamar Mandi & Toilet
  • Gazebo untuk berteduh
  • Warung Makan
  • Persewaan Tikar

Daya Tarik Pantai Watu Kodok

Di Pantai Watu Kodok terdapat beberapa spot foto yang dapat wisatawan gunakan untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Selain spot foto terdapat juga tempat untuk camping bagi wisatawan yang ingin bermalam di pantai ini.

Suasana malam di pantai watu kodok tentunya sangat tentram, pasalnya wisatawan dapat menikmati suasana malam yang sunyi dan pemandangan kemiluan bintang-bintang yang indah. Bagi wisatawan yang bermalam di pantai tidak perlu khawatir karena terdapat pos keamanan.

Tak hanya itu saja wisatawan dapat menikmati deburan ombak dan angin pantai yang cukup kencang, hal yang menjadi incaran para wisatawan adalah pemandangan sunrise saat sore hari. Wisatawan juga dapat mencoba aneka ragam kuliner seafood khas gunung kidul seperti karang goreng, udang bakar, ikan bakar dan masih banyak lagi.

Wisata Sekitar Pantai Watu Kodok

  • Pantai Ngobaran
  • Pantai Pok Tunggal
  • Puncak Kosakora
  • Pantai Drini
  • Pantai Wohkudu
  • Pantai Kesirat
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.