Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Bukit Isis Kulon Progo, Sensasi Di Perbukitan Menoreh

Pesona Bukit Isis Kulon Progo

Berbicara jogja memang tidak ada habisnya, di kota ini anda dapat menemukan aneka ragam tempat untuk di kunjungi mulai dari budaya, kuliner hingga wisatanya dapat anda temukan dengan mudah di kota ini. Berbicara tentang jogja tidak asik jika tidak membahas seputar destinasi wisatanya yang bermacam-macam.

Di Kabupaten Kulon Progo terdapat salah satu wisata yang cukup bagus dengan latar belakang pemandangan pegunungan. Wisata Bukit Isis namanya, wisata ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis dan nature. Nama Bukit Isis sendiri berasal dari kata "Isis" dalam bahasa jawa isis di artikan sebagai tempat yang sejuk, karena lokasinya yang memilliki udara sejuk.

Suasana yang wisatawan dapatkan ketika berkunjung di bukit isis kulon progo adalah udaranya yang sangat sejuk. Wisatawan juga dapat melihat hampatan kebun teh linggo dari kejauhan. Ciri khas wisata yang berada di kulon progo adalah memiliki banyak spot foto begitupun juga dengan bukit isis jogjakarta. Spot foto yang cukup terkenal di wisata ini adalah  ayunan langit.

Spot Foto dengan latar pemandangan menoreh (Foto ig/pesonabukitmenoreh)

Wisata yang berada di perbukitan menoreh ini sangat ramai pada saat libur akhir pekan maupun libur panjang nasional. Wisata ini sangat cocok bagi anda yang bosan dengan suasana kota, di bukit  isis ini wisatawan dapat menikmati udara segar dan pemandangan yang bagus. Wisata ini sangat di rekomendasikan jika anda sedang berkunjung ke jogja.

Baca juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali

Lokasi Bukit Isis Kulon Progo

Lokasi Bukit Isis Kulon Progo mudah di jangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaaran umum karena lokasinya memang masih satu kawasan dengan wisata samigaluh lainya. Jalan menuju lokasi berupa tanjakan dan beberapa belokan yang cukup terjal. Alamat Bukit Isis berada di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.


Rute untuk menuju bukit isis kulon progo sangat mudah di jangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaran umum. Anda dapat menggunakan rute ini jika sedang berada di pusat kota jogja.

Pertama ambil arah ke barat menuju Jl KH Ahmad Dalan lalu menuju Jl R.E Martadinata ikuti jalan tersebut sampai Jl Wates lalu ambil arah ketimur melewati Jl Siliwangi. Sampai di perempatan barat ambil arah menuju Jl Godean.

Sesampainya di Gedongan tempel ambil arah barat menuju Jl Daratan 3 lurus ke utara selanjutnya ambil jalan menuju Jl Raya Banjararum sampai Jl Nglinggo. Objek wisata bukit isis tidak jauh dari jalan tersebut, anda juga bisa menggunakan aplikasi goggle maps untuk mempermudah menemukan lokasi bukit isis.

Jarak Bukit Isis dari pusat kota jogja sekitar 39 kilometer dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 sampai 1,5 jam tergantung dengan kondisi lalulintas.

Harga Tiket Masuk Bukit Isis Kulon Progo

Wisatawan yang ingin menikmati pemandangan daru atas bukit isis akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp5000 rupiah per orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan pribadi atau mobil Rp5000 dan Rp2000 untuk kendaraan bermotor.
  • Harga Tiket Masuk Rp5000 / orang.
  • Parkir Mobil Rp5000
  • Parkir Motor Rp2000

Fasilitas Bukit Isis Kulon Progo

Selain memiliki pemandangan yang menarik, objek wisata bukit isis ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, wisatawan bebas menggunakan fasiltiasnya asalkan ikut andil menjaga dan tidak merusak fasilitas yang sudah di sediakan, fasilitas bukit isis di antaranya:
  • Kamar Mandi/ Toilet
  • Area Parkir
  • Warung Makan
  • Mini Cafe
  • Tempat Nongkrong
  • Spot Foto
  • Persewaan Rumah 
  • Gardu Pandang
  • Camping Ground

Daya Tarik Bukit Isis 

Beberapa wisatawan mengabadikan moment (Foto ig/pesonajogja)
Wisata yang berada di perbukitan menoreh ini ternyata tidak kalah jauh dengan wisata yang terkenal seperti kalibiru, puncak suroyo, gunung ijo maupun gunung gajah. Wisatawan dapat menikmati pemandangan eksotis yang terntunya membuat betah berlama-lama di wisata ini. Selain itu wisatawan yang datang pada pagi hari juga dapat melihat pemandangan Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Menurut masyarakat sekitar objek wisata ini sering di jadikan tempat untuk camping ground. Pemandangan pada saat malam hari tidak kalah menarik pada pagi hari. Tidak jarang wisatawan yang berasal dari luar kota menyisahkan waktu hanya untuk menikmati malam di bukit isis dengan mendirikan tenda.

Tips Saat Mengunjungi Bukit Isis

  • Wisatawan yang datang memadati bukit isis biasanya pada saat akhir pekan maupun hari libur tiba. Usahakan ambil waktu pada hari senin sampai jumat untuk menikmati bukit isis dengan bebas
  • Bagi anda yang menyukai fotografi, waktu yang tepat untuk mendapatkan hasil terbaik pada saat pagi hari untuk Sunrise dan sore hari untuk Sunset
  • Wisata ini sangat cocok buat anda kunjungi bersama teman, sahabat maupun keluarga 
  • Jangan lupa untuk mengabadikan moment spesial dengan membawa kamera maupun smartphone

Wisata Dekat Bukit Isis

Beriut di atas adalah ulasan tentang bukit isis kulon progo. Untuk info wisata jogja lainya bisa melihat di situs yanacircle kami, Selamat berlibut teman-teman!
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.