Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puncak Bukit Cendana Kulon Progo, Wisata Favorit di Jogja

Puncak Bukit Cendana Kulon Progo

Puncak Bukit Cendana - Yogyakarta memang menyimpan banyak sekali tempat-tempat untuk di kunjungi. Pengunjung yang datang di jogja dapat menemukan aneka ragam kuliner, wisata hingga budaya. Berbicara jogja tentu tak asing dengan kabupaten kulon progo yang berada di sebelah barat kota joga. Kabupaten yang beribu kota di wates ini memiliki banyak destinasi wisata yang bisa anda kunjungi ketika berada di jogja. salah satunya yaitu Wisata Puncak Bukit Cendana.

Puncak Bukit Cendana adalah sebuah wisata yang sengaja di kembangkan oleh pemerintah daerah kabupaten kulon progo pada tahun 2017. Wisata yang berada di pegunungan menoreh ini memiliki banyak pohon cendana oleh sebab itu di namakan dengan Bukit Cendana. Selain memiliki banyak pohon cendana, di puncak cendana pengunjung dapat melihat pemandangan yang indah mulai dari waduk sermo hingga kota wates.

Wisata bukit cendana kulon progo merupakan wisata yang masih baru dan masih banyak yang belum mengetahui puncak cendana di kalangan wisatawan lokal. Dari puncak bukit cendana pengunjung dapat menikmati pepohonan cendana yang masih alam dan segarnya udara khas pegunungan. Wisata ini hampir mirip dengan wisata kalibiru yang berada di dekatnya.

Puncak Bukit Cendana Kulon Progo, Wisata Favorit di Jogja
Spot paling bagus di bukit cendana (Foto ig/sifa_d_rahman)

Wisatawan dapat mengunjungi wisata ini kapan saja mulai dari pagi hingga sore hari. Pemandangan yang di dapatkan juga berbeda, jika wisatawan datang pada pagi hari tentunya dapat melihat sunrise dengan cantik. Sedangkan jika datang pada sore hari dapat menyaksikan sunset dengan ciri khas golden sunrise.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jojgja Bernuansa Bali

Lokasi Puncak Bukit Cendana

Wisata ini sangat mudah untuk di temui mengingat di sekitar bukit cendana juga terdapat wisata yang cukup terkenal seperti puncak widosari dan bukit lanang. Wisatawan yang ingin menuju bukit cendana harus melewati jalan beraspal dan tanjakan, tapi tenang jalan menuju lokasi ini sudah halus. Sesampainya di parkiran wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih 10 - 15 menit unuk mencapai puncaj bukit cendana.

Puncak Bukit Cendana berada di Dusun Tegiti 2, Desa Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Rute Menuju Bukit Cendana

Untuk menuju lokasi wisata yang berada di kulon progo ini wisatawan harus menuju ke barat menuju Jl Kh Ahmad Dahlan. Setelah itu lanjutkan perjalnan hingga Jl Wates. Sesampainua jalan wates arahkan kendaraan menuju Jl Sentolo-Brosot hingga menemukan Jl pengasih - Sentolo.

Setelah melalui jalan pengasih sentolo arahkan kendaraan anda menuju Jl Pengasih-Sermo. Dari situ ambil arah menuju Jl Sermo-Girimulyo. Selanjutya lanjutkan perjalanan hingga menemukan papan penunjuk arah menuju Puncak Bukit Cendana. Jika anda masih kebinggugan rute menuju bukit cendana bisa menggunakan Goggle Maps sebagai alternatif.

Harga Tiket Masuk Bukit Cendana

Wisatawan yang akan menikmati pesona kulon progo dari puncak bukit cendana cukup mengeluarkan biaya masuk sebesar Rp5000,- / orang. Harga tersebut sudah sangat murah dan seimbang dengan pemandangan yang di dapatkan.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parikir sebesar Rp2000,- / motir dan Rp5000,- untuk parkir kendaraan pribadi atau mobil
  • Harga Tiket Masuk Rp5.000,- / orang.
  • Parkir Mobil Rp5000,-/ mobil.
  • Parkir Motor Rp2000,- / motor.
  • Jam Oprasional 07.00 Pagi - 19.00 Malam.

Fasilitas Puncak Bukit Cendana

Wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas yang berada di bukit cendana. Wisata yang belum cukup terkenal ini masih dalam tahap pengembangan. pengunjung yang datang dapat menikmati fasilitas di antaranya:
  • Tempar Parkir
  • Spot Foto
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Papan Wisata
  • Udara Sejuk

Daya Tarik Bukit Cendana

Wisata ini mungkin masih sangat asing di telinga wisatawan. Hal ini karena keberadaan wisata ini masih belum terkenal seperti kalibiru secara luas. Meskipun begitu wisata ini memiliki pemandangan yang tak kalah dengan wisata kulon progo lainya seperti kalibiru, puncak suroloyo dan gunung ijo.

Wisatawan yang berkunjung di bukit cendana dapat menikmati beberapa fasilitas seperti spot foto yang berlatar pemandangan waduk sermo. Wisata ini juga memiliki banyak pohon cendana yang pastinya akan membuat suasana semakin alami meningat lokasi wisata ini berada di perbukitan yang udaranya masih segar dan asri.

Karena memiliki banyak pepohonan wisatawan yang berkunjung pada saat siang hari tidak perlu khawatir kepanasan. Wisata ini sangat cocok untuk anda kunjungi kapanpun. Biasanya wisatawan memadati cendana pada saat akhir pekan terutama pada saat sore hari karena memiliki pemandangan sunrisenya yang sangat cantik.


Tips Berwisata di Bukit Cendana

  • Jika anda terbisa di daerha perkotaan (Panas). Pastikan membawa pakian yang hangat karena lokasi bukit cendana ini berada di pegunungan yang mana udaranya cukup dingin
  • Jangan lupa membawa perbekalan seperti makanan, minum dan perbekalan lainya karena di lokasi warung hanya menjajakan makanan sederhana saja seperti geblek dan maknan kecil-kecilan.
  • Menggunakan sendal atau sepatu yang nyaman agar memudahkan anda untuk melewati trek menanjak
  • Wisatawan sangat di larang untuk merusak, mencoret-coret hinggga membuang sampah di sekitar lokasi wisata.

Wisata Sekitar  Bukit Cendana

  • Kali Biru
  • Puncak Widosari
  • Kebun Teh Nglinggo Samigaluh
  • Sungai Mudal
  • Air Terjun Kembang Soka
  • Kedung Pedut
  • Puncak Suroloyo
  • Air Terjun Setawing
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.