Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puncak Kosakora Gunung Kidul, Tempat Menikmati Pantai Selatan

Puncak Kosakora Gunung Kidul

Membahas gunung kidul memang tidak pernah habisnya. Kabupaten yang berada di sebelah timur kota jogja ini memiliki banyak wisata yang patut di kunjungi ketika berkunjung ke jogja. Gunung kidul terkenal dengan wisata pantainya yang memiliki pasir putih seperti pantai baron, pantai indrayanti dan pantai wohkudu.

Akhir-akhir ini terdapat wisata baru yang berada di pinggiran pantai, Puncak Kosakara namanya, wisata ini berada di sebelah Pantai Drini. Wisata ini belum cukup terkenal di telinga para wisatawan khusunya wisatawan lokal.

Untuk menuju wisata ini pengunjung harus membutuhkan tenaga yang cukup ekstra karena lokasinya yang masih tersembunyi dan melewati beberapa hutan. Awal mula wisata puncak kosakara muncul karena terdapat pengunjung yang sedang menikmati pantai drini kemudian penasaran akan puncak yang berada di sebelahnya. 

Puncak Kosakora Gunung Kidul, Tempat Menikmati Pantai Selatan
Pemandangan pantai selatan dari puncak kosakora (Foto ig/jogja.istimewa)

Seiring bekembangnya waktu dan penyebaran media soisal yang cukup cepat, wisata kosakara mulai ramai di kunjungi oleh oleh wisatawan.

Sebelum mencapai puncak, wisatawan harus melakukan perjalanan melewati beberapa hutan yang masih alami, tapi tenang saja jalan menuju puncak sudah mulai di benahi oleh masyarakat. Pemandangan dari puncak cukup memukau, pasalanya pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan pasir putih pantai drini yang sangat eksotis.

Baca Juga: Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, Grand Canyonya Jogja!

Lokasi Puncak Kosakora

Pengunjung dapat melihat pemandangan pantai drini dari atas puncak harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Puncak Kosakora berada di sebelah pantai drini tepatnya berada di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Sebelum menikmati puncak pengunjung harus melakukan perjalanan yang cukup jauh dengan mendaki serta melewati beberapa hutan yang berada di sekitar puncak kosakora apalagi lokasi parkirnya yang cukup jauh.


Untuk menuju lokasi pengunjung harus melewati beberapa jalan yang medanya cukup menantang seperti tanjakan dan kelokan. Bagi wisatawan yang berada di pusat kota jogja bisa mengikuti rute sebagai berikut.

Rute menuju Wisata Puncak Kosakora Gunung Kidul dari pusat kota jogja. Pertama arahkan kendaraan anda menuju Jalan Wonosari lalu lanjutkan perjalanan menuju Piyungan, ambil arah menuju kecamatan Patuk, selanjutnya ke arah Gading.

Sesampainya di gading lanjutkan perjalanan menuju kota Wonosari - Ambil arah menuju Pantai Baron - Pantai Kukup - Pantai Drini lalu ketimur sampai menjumpai parkirkan wisata puncak kosakara.

Jarak wisata puncak kosakora dari pusat kota jogja sekitar 72 kilometer. Untuk sampai di lokasi wisata harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam. Sepanjang perjalanan anda akan melewati perbukitan gunung kidul yang memiliki pemandangan eksotis.

Harga Tiket Masuk Puncak Kosakora

Untuk memasuki wisata puncak kosakora pengunjung harus membayar harga tiket sebesar Rp5000 / orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan pribadi seperti mobil akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp5000 / mobil dan Rp2000 untuk parkir kendaraan bermotor.
  • Harga Tiket Masuk Rp5000 / orang.
  • Pakir Motor Rp2000 / motor.
  • Parkir Mobil Rp5000 / mobil.

Fasilitas Puncak Kosakora

Setibanya di lokasi, wisatawan dapat menikmati pemandangan yang cukup cantik. Fasilitas yang berada di lokasi memang belum terlalu lengkap karena wisata ini masih dalam pengembangan oleh masyarakat sekitar dan instansi terkait, adapun fasilitas puncak kosakora gunung kidul di antaranya:
  • Tempat Parkir
  • Gardu Pandang
  • Spot Foto
  • Gazebot
  • Toilet / Kamar Mandi
  • Warung Makan

Daya Tarik Puncak Kosakora

Puncak Kosakora adalah pegunungan yang terjadi akibat fenomena eksokarts di gunung kidul. Sebuah bukit yang berada dalam satu garis pantai seperti Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Sepanjang, Pantai Kukup hingga Mercusuar Pantai Baron yang berada di sebelah barat. 

Wisata ini sendiri adalah sebuah perbukitan yang memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Dahulu bukit ini hanyalah perbukitan biasa yang tak ramai seperti sekarang. Saat ini wisata kosakora menjadi pembicaraan banyak wisatawan karena memiliki keindahaan panoramanya yang sangat cantik.

Bagi anda yang tidak ingin kepanasan akibat berkunjung pada saat siang hari, anda dapat mengunjungi wisata ini pada saat pagi maupun sore hari. Saat pagi dan sore hari adalah waktu yang tepat bagi anda yang ingin mengabadikan matahari terbit (Sunrise). 

Selain itu pemandangan di sore hari juga tidak kalah bagus dengan senjanya yang begitu menawan. Lokasi ini sangat cocok bagi anda penikmat senja dan fotografer.

Wisata Sekitar Puncak Kosakora

  • Pantai Krakal
  • Pantai Sili
  • Pantai Wohkudu
  • Pantai Drini
  • Pantai Pulang Sawal