Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stonehenge Jogja, Wisata Bernuansa Inggris di Jogja

Stonehenge Jogja

Wisata Stonehenge Jogja- Berbicara soal wisata jogja tentu tidak ada habisnya, baru-baru ini terdapat wisata yang sangat unik dengan ciri khas bebatuan seperti di stonhenge di inggris. Nama wisata tersebut adalah Stonehenge Jogja. 

Stonehenge Jogja merupakan spot wisata yang sangat instragemble yang akhir-akhir ini sering muncul di beranda media  sosial seperti Intagram dan Twiter. Selain memiliki keunikan yang khas, banyak wisatawan yang penasaran tentang wisata stonehenge jogja yang lagi viral

Stonehenge Cangkringan atau yang biasa di sebut Stonehenge Merapi merupakan salah satu situs peninggal sejarah pada zaman purba, pada zaman dahulu monumen besar ini sering di gunakan untuk tempat berkumpul atau yang biasa di sebu lapangan. 

Stonehenge Jogja, Wisata Bernuansa Inggris di Jogja
Salah satu Spot Foto terbaik di Stonehenge Merapi (Foto ig/irlan_t)

Menurut certia yang beredar, batu besar ini merupakan bebatuan bekas erupsi gunung merapi pada tahun 2010 lalu. Karena memiliki keunikan yang cantik, wisata ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga: Tebing Breksi Jogja, Wisata Bernuansa Ukiran Batu Kapur

Lokasi Stonehenge Jogja

Wisatawan yang akan mengunjungi wisata stonehenge yogyakarta ini dapat menemukan lokasinya dengan mudah karena masih satu kawasan dengan wisata The Lost Word Castle. Lokasi Stonehene Jogja berada di Trutan, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583.

Rute menuju Stonehenge Merapi dapat menuju arah Jogja kemudian ambil arah menuju Jalan Kaliurang, setibanya di jalan kaliurang lanjutkan perjalanan menuju wisata kaliadem, lalu menuju Bebeng, dusun Petung dan lanjutkan perjalanan menuju Kopi Merapi sampai menemukan stone yogyakarta

Harga Tiket Masuk Stonehenge Jogja

Sebagai destinasi wisata yang baru di jogja, wisatawan tidak perlu khawatir tentang harga tiket. Harga Tiket Masuk Stonehenge Jogja Rp.10.000 per orang. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotror akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk parkir mobil. Jam Oprasional Stonehenge mulai pukul 07.30 - 18.00.

Fasilitas Stonehenge Jogja

Stonehenge Merapi merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki backgorund cukup bagus untuk di gunakan sebagai tempat foto. Tidak hanya itu juga, wisatawan juga dapat bersantai dengan menikmati sunset di stonehenge.

Meskipun begitu, wisata ini juga memiliki fasilitas yang cukup memadai. fasilitas di antaranya seperti Spot Foto, tempat duduk, Kamar mandi, tempar parkir. pembangunan fasilitas sengaja di batas untuk menjaga linkungan khas merapi jogja.

Daya Tarik Stonehenge Jogja

Stonehenge Cangkringan merupakan wisata yang menjadi daya tarik tersendiri karena terdapat unsur sejarah dan pemandangan alamnya yang bagus. Wisatawan juga dapat mencoba beberapa spot andalan yaitu Batu Raksasa. Batu ini memiliki ukran yang cukup besar dan sangat cocok di gunakan untuk latar belakang foto.

Batu Raksasa yang tersusun dengan rapi memberikan ciri khas kuno untuk menarik wisatawan. terdapat beberapa batu yang beridiri tegak di atas dua batu penyangga. Bebatuan ini terletak di hamparan rumput hijau yang sangat menarik.

Wisatawan tidak perlu jauh-jauh ke inggris untuk menikmati Stonehenge. Tidak hanya itu juga, bagi anda yang menyuki kopi Robusta maupun Arabika, anda juga dapat mampir sekalian ke warung Kopi Merapi yang berada di kaki gunung merapi.

Sejarah Stonehenge Jogja

Stonehenge merapi adalah sebuah wisata bebatuan yang sengaja di susun untuk mendapatkan daya tarik wisatawan yang ingin melihat lebih dekat wisata bersejarah ala kerajaan inggris ini. Bangunan ini masih satu tema dengan The Lost World Castle yang berada di sebelah utara.

Stonehenge Merapai berada di ketinggian 900 Mdpl dan menjadikan suasana di sekitar menjadi sejuk, wisata ini berawal dari erupsi merapi pada tahun 2010 lalu. Desa yang berada di wisata ini menjadi dampak dari letusan gunung merapi. Untuk mengembalikan perekonomian masyarakat yang terdapkan di buatlah objek wisata dengan tema The Lost World Castle.

Wisata Dekat Stonehenge Cangkiran

  • The Lost World Castle
  • Tebing Breksi
  • Kopi Merapi
  • Bungker Kaliadem
  • Wisata Kaliurang
Berikut di atas merupakan artikel tentang wisata stonehenge cangkringan yang berada di sleman, yogyakarta. Tunggu apalagi, langsung saja meluncur ke lokasi.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.