Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tebing Breksi Jogja, Wisata Bernuansa Ukiran Batu Kapur

Tebing Breksi Jogja

Tebing Breksi Jogja - Wisata Tebing Breksi adalah salah satu wisata yang cukup terkenal di Yogyakarta. Berbeda dengan wisata pada umumnya, tebing breksi ini dulunya merupakan salah satu tempat pertambangan batu putih yang di kelola oleh masyarakat sekitar. Artinya ukiran yang berada di tebing breksi ini sengaja di buat oleh warga sekitar untuk menarik para wisatawan.

Sejarah tebing breksi berumula terciptanya ide untuk menjadikan tebing breksi sebagai wisata ketika para peniliti jurusan Geologi melakukan kunjungan serta melakukan penelitian terhadap beberapa batuan yang berada di lokasi, setelah melakukan penelitian di temukan bahwa batu putih tersebut merupakan endapan vulkanik dari erupsi Gunung Api Purba Nglanggeran yang berada di Gunung Kidul. Setelah penemuan itu di publikasikan, dinas pariwisata menjadikan tebing breksi menjadi cagar budaya alam yang harus di jaga sehingga kegiatan pertambangan pun di hentikan.

Seiring dengan di jadikannya sebagai situs budaya alam membuat para penambang banyak yang kehilangan pekerjaanya dan harus mencari pekerjaan pengganti. Seiring berjalanya waktu beberapa wisatawan banyak yang antusias untuk melihat pemandangan yang cukup ekstatik di tebing breksi jogja. Wisatawan dapat melihat tebing kapur yang cukup tinggi dan hanya ada satu di jogja, Karena banyak wisatawan yang berdatangan di adakan pembentukan pengelola tebing breksi yogyakarta ini.

Tebing Breksi Jogja, Wisata Bernuansa Ukiran Batu Kapur
Pemandangan malam hari di Tebing Breksi (Foto ig/iniyogyakarta)

Dengan adanya pengelola wisata, pembuatan tebing breksi menjadi destinasi wisata baru yang memikat para wisatawan untuk mengunjunginya, selain itu sarana pra sarana sudah mulai di bangun. Tlatar Seneng merupakan salah satu sarana berupa Ampitheater atau biasa di sebut dengan panggung untuk seni dan sering di gunakan untuk acara seni saat ada event di Tebing Breksi.

Tebing Breksi menjelma menjadi wisata favorit karena memiliki pemandangan lampunya yang sangat ekostis, wisata ini sangat cocok bagi kalangan fotografi. Dengan di tambahnya hiasan lampu yang sangat cantik dan tebing yang menjulang tinggi serta ukiran wayang jawa yang sangat bagus membuat tebing breksi menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan tebing breksi juga di gunakan untuk foto Pre-Wedding.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali

Lokasi Tebing Breksi

Lokas Tebing Breksi berada di sleman bagian timur yaitu kawasan zona tepatnya berada di sebelah timur Candi Prambanan dan Candi Ratu Boko. Sehingga wisatawan yang berkunjung ke candi prambanan maupun candi ijo juga dapat mampir ke tebing breksi.

Alamat Tebing Breksi berada di Jalan Desa Lengkong RT02/RW17, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan mobil maupun motor untuk menyaksikan tebing breksi malam hari.


Rute Menuju Tebing Breksi

Wisatawan yang ingin mengunjungi wisata tebing breksi jogja dapat di tempuh dari pusat kota jogja. Arahkan kendaraan anda menuju Jalan Jogja-Solo hingga menemui pertiggan Candi Prambanan lalu belok ke kanan untuk memasuki Jalan Prambanan-Piyungan samai menemukan papan penunjuk wisata menuju Tebing Breksi.

Jarak Wisata Tebing Breksi dari pusat kota jogja sekitar 15 Kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 46 tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan tebing breksi tidak perlu khawatir tentang harga tiket. Harga tiket masuk tebing breksi sebesar Rp5.000 per orang. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan motor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk mobil. Jam buka Tebing Breksi mulai dari pukul 06.00 - 20.00, untuk hari senin tutup.

Wisatawan biasanya mengunjungi tebing breksi pada saat siang hari tetapi banyak yang menyarankan untuk mengunjungi wisata ini pada saat sore hingga malam hari. Wisatawan yang datang pada sore hari dapat melihat sunset di tebing breksi yang sangat cantik

Fasilitas Tebing Breksi

Fasilitas Tebing Breksi sudah cukup lengkap, wisatawan dapat menggunakan fasilitas yang sudah di sediakan oleh pihak pengelola, beberapa fasilitas di antaranyaL

Wahana Tebing Breksi

  • Wahana ATV
  • Jeep Wisata
  • Spot Foto
  • Panggung Kesenian

Fasilitas Pendukung Tebing Breksi

  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Warung Makan
  • Mushola
  • Spot Foto
  • Dan Masih Banyak Lagi

Daya Tarik Tebing Breksi

Tebing Breksi menjadi salah satu wisata jogja yang cukup terkenal. Banyak wisatawan lokal maupun mancarnegara yang sangat penasaran tentang pemandangan tebing breksi. Wisata ini memiliki ciri khas yaitu adanya ukiran yang menempel di dinding batuan kapur.

Selain ukiran wayang dan naga yang menjadi daya tarik, terdapat juga spot foto yang sangat di incar oleh kalangan wisatawan maupun fotografer. Adapaun spot foto tebing breksi adalah wayang di dinding, foto burung hantu, sangkar burung, background love dengan pemandangan yang menakjubkan, rumah dengan hiasan aneka ragam bunga dan frame foto berbentuk insatagram.

Selain memiliki banyak spot foto, wisata tebing breksi juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati sunset. Pengunjung dapat menikmati sunset dan indahnya jogja bagian timur dari atas tebing breksi.

Wisata Dekat Tebing Breksi

  • Candi Prambanan
  • Candi Ratu Boko
  • Candi Ijo
  • Wisata Merapi
  • Bungker Merapi

Penutup

Berikut di atas adalah artikel tentang tebing breksi yogyakarta, untuk info lebih lanjut bisa datang langsung ke lokasi. Selamat menikmati liburan di jogja teman.