Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Goa Kalisuci Gunung Kidul, Tempat Cave Tubing Terbaik

Goa Kalisuci Gunung Kidul

Goa Kalisuci Gunung Kidul - Yogyakarta memang menyimpan banyak destinasi wisata yang wajib anda coba ketika berkunjung ke kota yang di juluki kota pelajar ini. Selain memiliki wisata yang menarik dan keindahan yang memukau, jogja juga memiliki tempat yang dimana membuat wisatawan yang berkunjung merasa tertantang untuk mencoba adrenaline.

Berlanjut ke gunung kidul yang memiliki wisata yang cukup terkenal dengan pemandangan alamnya terutama pantainya yang memiliki pasir putih yang cantik. Selain memiliki pasir yang cantik, di gunung kidul juga terdapat Goa-Goa yang sangat indah untuk di eksplor. Salah satu goa yang memiliki bebatuan kapur adalah Goa Kalisuci, Di namakan kalusci suci karena terdapat air yang sangat jernih mengalir di goa tersebut.

Wisata Cave Tubing ini merupakan salah satu wisata baru yang berada di daerah gunung kidul. Lokasi ini di buka untuk umum beberapa tahun belakangan. Pihak pengelola mulai membangun fasilitas kalisuci cave tubing berupa tangga yang di gunakan untuk menuju bawah sungai.

Wisata Goa Kalisuci Gunung Kidul, Tempat Cave Tubing Terbaik
Kegiatan Rafting di Goa Kalisuci, Gunung Kidul (Foto ig/suryojdb)

Banyak kegiatan yang dapat wisatawan lakukan di wisata kalisuci gunung kidul salah satnya adakah Cave Tubing dengan arum jeram yang lokasinya berada di bawah tanah. Saat anda melakukan arum jeram, anda akan di suguhkan pemandangan bebatuan karst yang berada di gunung kidul. tidak hanya itu pengunjung juga akan merasakan sensasi derasnya sungai kalisuci yang cukup menggugah adrenaline. 

Selama perjalanan menyusuri sungai anda akan di bantu oleh pemandu wisata yang akan menceritakan tentang wisata tersebut.

Wisata Kalisuci Gunung Kidul menjadi salah satu wisata yang sangat di gemari oleh para pecinta alam khusunya yang menyukai olahraga rafting. Wisata ini hanya di buka pada musim kemarau saja, mengingat ketika musim hujan arus yang berada di kalusci cukup deras dan membahayakan wisatawan. Jika anda ingin merasakan sensasi rafting di kalusuci datanglah pada saat musim kemarau.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali

Lokasi Kalisuci Cave Tubing

Wisatawan yang ingin merasakan sensasi arum jeram di kaliscui dapat menemukan lokasinya dengan mudah. Wisata ini dapat anda kunjungi dengan menggunakan kendaraan motor maupun kendaraan pribadi.

Lokasi Kalisuci Cave Tubing berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika anda sulit menemukan lokasinya bisa menggunakan goggle maps, selain itu akses menuju kalisuci lebih mudah menggunakan kendaraan bermotor.


Rute Menuju Kaliscui Cave Tubing

Wisatawan yang ingin mengunjungi kalisuci dapat menggunakan rute ini, sobat yanacircle membuat titik awal keberangkatan dari pusat kota Jogja. Jika anda dari kota jogja arahkan kendaraan anda menuju Jl. Mataram lalu perempatan belok ke timur menuju Jl.Juminahan. Lanjutkan perjalanan menuju Jl Bausaran sampai ke Jl Kenari.

Setibanya di Jl.Kenari perempatan belok ke timur melewati Jl.Kusumanegaran, arah kendaraan anda menuju Jl.Gedong Kuning lalu ambil arah menuju Jl.Wonosari, ikuti jalan wonosari sampai menemukan papan penunjuk wisata menuju Kalisuci Cave Tubing.

Jarak Kaliscui Cave Tubing dari pusat kota jogja sekitar 50 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam dengan kendaraan bermotor.

Harga Tiket Masuk Kalisuci Cave Tubing

Wisatawan yang ingin masuk ke wisata kalisuci cave tubing akan di kenakan biaya masuk,  harga tiket cave tubing kalisuci sebesar Rp5000 / orang. Sedangkan bagi pengunjung yang akan mencoba rafting menyusuri sungai, biaya cave tubing kalisuci sebesar Rp70.000 / orang (Harga tersebut sudah termasuk sewa pelampung, ban dan pemandu wisata).

Sedangkan untuk parkir kendaraan bermotor cukup membayar Rp2000 / motor dan Rp5000 untuk parkir mobil, Rp10.000 untuk micro bus dan Rp15.000 untuk parkir bus.
  • Harga Tiket Masuk Rp5000 / orang.
  • Biaya Rafting Rp70.000 / orang.
  • Parkir Motor Rp2000
  • Parkir Mobil Rp5000
  • Parkir Micro Bus Rp10.000
  • Parkir Bus Rp15.000

Daya Tarik Goa Kalisuci

Setelah anda sudah menggunakan perlengkapan dan melakukan perisapan rafting. Anda akan menggunakan perahu karet unutk menyusuri aliran sungai. Aliran sungai yang berada di bawah akan membawa anda menuju goa kalisuci menuju Luweng Senglat.

Setelah anda sampai di goa, anda akan merasakan suasana goa yang cukup gelap karena di dalam goa tidak ada lampu penerangan. Hal yang akan anda temui selanjutnya adalah Kelelawar yang berada di dinding goa, anda tidak perlu khawatir karena anda akan melihat pemandangan bebatuan staklatit dan staklamit yang sangat indah.

Jarak tempuh goa kalisuci sekiat 550 meter dan membutuhkan waktu pejalanan menggunakan perahu karet sekitar 2 jam. Pemandu wisata akan memberikan banyak informasi tentang goa kalisuci. Selain berwisata anda juga akan mendapatkan wawasan yang cukup luas tentang goa kalisuci.

Sejarah Cave Tubing Goa Kalisuci

Goa Kalisuci in berada di Wilayah Jetis Wetan, Pacarjero, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul berjarak kurang lebih 9 kilometer dari kota wonosari. Cave Tubing Kalisuci atau yang biasa di sebut dengan cave tubing adalah kegiatan caving ( Susur Goa) dan body rafting.

Petualangan di mulai dari menyususuri relung Goa Pindul dan Goa Gelatik. Lampu senter menjadi sumber penerangan utama karena di sepanjang goa tidak terdapat lampu penerangan.

Selama perjalanan wisatawan akan melewati sungai kalisuci dengan memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dan panjang sekitar 700 meter dan melewati tiga sungai terbuka dan 2 goa sungai.

Tips Menyusuri Goa Kalisuci

  • Memperhatikan kondisi cuaca, wisatawan yang ingin menyusuri goa sebaiknya tidak melakukanya pada musim hujan. Khusunya goa yang memlik aliran air sungai.
  • Membawa lampu penerangan, hal utama dalam penyusuran goa alami adalah adanya sumber penerangan, anda bisa menggunakan senter atau head lamp.
  • Mengikuti arahan pemandu wisata, selama menyusuri goa sebaiknya anda harus mengikuti pemandu yang sudah bepengalaman tentang kondisi goa tersebut.
  • Memperisapkan fisik dan mental. Aktivitas menyusuri goa membutuhkan fisik dan mental yang cukup.

Wisata Dekat Goa Kalisuci

Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.