Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puncak Gunung Moyeng, Wisata Tersembunyi di Kulon Progo

Puncak Gunung Moyeng Kulon Progo

Kulon Progo memang banyak menyimpan destinasi wisata yang memanjakan mata. Baru-baru ini terdapat wisata baru yang letaknya perada di perbukitan menoreh. Puncak Monyeng namanya, wisata ini terletak di perbukitan menoreh tepatnya berada di perbatasan Dusun Tileng Pendoworejo dan Dusun Sekaro Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Wisata ini masih satu kawasan dengan wisata-wisata yang berada di Girimulyo terutama wisata Grojogan Sewu, Curug Kembang Soka, Air Terjun Kedung Pedut, Taman Sungai Mudal, Goa Kiskendo dan masih banyak lagi. Jika anda pernah mencoba dari salah satu wisata yang di sebutkan di atas berarti anda pernah melalui jalan menuju Puncak Monyeng.

Wisata ini masih di perbukitan menoreh, ketinggian puncak moyeng sendiri kira-kira 400-700 mdpl dan lebih rendah dari puncak suroloto dan puncak gunung gajah yang di mana letaknya masih di perbukitan menoreh. Wisata ini berada di sebelah timur, jadi jika anda ingin melihat pemandangan kota jogjga dari ketinggian wisata puncak monyeng sangat di rekomendasikan.

Puncak Gunung Moyeng, Wisata Tersembunyi di Kulon Progo
Pemandangan di Puncak Gunung Moyeng, Kulon Progo (Foto ig/yanuar_surya)

Dari atas puncak monyeng wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat indah seperti gumpalan awan dan pemandangan kota kulon progo. Wisata puncak monyeng masih sangat asri dan keberadaanya jarang di ketahui oleh wisatawan mungkin saja karena kurangnya informasi dan lokasi puncak monyeng. Untuk menuju puncak anda harus bertanya terlebih dahulu kepada masyarakat tentang jalan menuju puncak.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi puncak moyeng harus sedikit berhati-hati, pasalnya jalan menuju puncak masih terbuat dari tanah. Apalagi jika anda datang pada saat musim hujan, tanah yang semula keras akan berubah menjadi becek dan berlumpur.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali!

Lokasi Puncak Gunung Moyeng

Wisatawan dapat mengunjungi puncak moyeng pada kapan saja. Bagi anda yang masih kebinggungan tentang lokasi puncak moyeng tidak perlu khawatir, puncak moyeng berada di Sekaro, Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun bermotor. Akeses jalan menuju gunung moyeng cukup mudah, apalagi sekarang jalanya sudah beraspal. Wisata ini masih satu kawasan dengan wisata goa kiskendo, air terjun grojogan sewu dan air terjun kembang soka.


Harga Tiket Masuk Gunung Moyeng

Wisatawan yang ingin menikmati pemandangan dari puncak gunung moyeng akan di kenakan biaya masuk gratis alias tidak bayar. Wisatawan hanya akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2000,- untuk parkir motor dan Rp5000,- untuk parkir mobil.
  • Harga Tiket Masuk Gratis
  • Parkir Motor Rp2000,-
  • Parkir Mobil Rp5000,-  mobil.

Fasilitas Gunung Moyeng

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke gunung moyeng tidak perlu khawatir tentang fasilitasnya. Untuk saat ini gunung moyeng masih dalam tahap penggembangan antara masyarakat sekitar dengan instansi terkait, fasilitas gunung monyeng di antaranya:
  • Kamar Mandi
  • Tempat Sampah
  • Warung
  • Spot Foto
  • Tempat Parkir

Daya Tarik Gunung Moyeng 

Untuk menuju Puncak Moyeng pengunjung harus melalui jalur yang cukup menanjak dan sedikit menguras tenaga. Perjalanan mendaki puncak moyeng biasa di lakukan saat matahari menjelang terbit untuk dapat melihat matahari terbit. Saat matahari terbit usahaakan anda sudah di puncak karena anda dapat melihat cantiknya sunrise dari puncak.

Selain memiliki sunreise yang sangat cantik, dari puncak pengunjung juga dapat melihat pemandangan kota kulon progo dengan indah, apalagi jika cuaca sedang cerah. Gunung Merapi dan Merbabu akan menampakan dirinya dari arah utara.

Gunung Moyeng masih berada di pegunungan menoreh, wisata ini belum terdengar secara luas oleh wisatawan lokal maupun macarnegara. Bagi anda yang ingin berkunjung ke gunung monyeng tidak perlu khawatir karena pemandanganya hampir mirip dengan puncak suroloyo dan kalibiru yang berada di atasnya.

Tips Berwisata di Gunung Moyeng 

  1. Persiapkan kondisi badan supaya tetap sehat. Perjalanan menuju puncak moyeng harus anda lalui dengan melewati medan dan jalur pendakian yang cukup menguras tenaga. Oleh sebab itu persiapkan mental dan fisik yang prima.
  2. Membawa perbekalan yang cukup. Karena lokasinya yang berada di perbukitan menoreh, anda cukup sulit untuk menemukan yang menyediakan perbekalan yang cukup lengkap.
  3. Periksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Memeriksa kendaraan sangat di sarankan bagi anda yang ingin berwisata di bukit moyeng. Anda akan melewati jalan yang naik turun dengan medan yang cukup terjal, yanacircle sarankan untuk menservice terlebih dahulu kendaraan anda.
  4. Membawa perbekalan khusus. Bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit khusu pastikan harus membawa obatnya selain itu anda harus membawa jas hujan untuk persiapan jika hujan turun sewaktu-waktu.

Wisata Dekat Gunung Moyeng

  • Kali Biru
  • Goa Kiskendo
  • Pule Payung
  • Puncak Suroloyo
  • Air Terjun Grojogan Sewu
  • Sungai Mudal
  • Curug Kembang Soka
  • Kebun Teh Nglinggo Samigaluh