Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukit Panguk Kediwung: Lokasi, Rute, & Harga Tiket Masuk Terbaru

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung Harga Tiket: Rp3.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: 0819-3266-6676 Alamat: Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55783.

Bukit Panguk Kediwung - Daerah wisata mangunan memang banyak menyimpan destinasi wisata dengan pemandangan yang indah. Bergeser sedikit ke selatan terdapat wisata yang menyuguhkan pemandangan dari perbukitan dengan view kali oya yang cantik. Nama tempat tersebut adalah Bukit Panguk Kediwung. 

Wisata ini mungkin masih terdengan asing di telinga para wisatawan khusunya wisatawan luar daerah. Wisata ini dulunya adalah sebuah perbukitan biasa yang di sulap oleh masyarakat sekitar pada tahun 2016 dan menjadi salah satu wisata yang potensial di daerah bantul.

Wisatawan yang mengunjungi wisata ini dapat menyaksikan pemandangan yang menakjubkan yaitu sunrise di atas awan. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat melihat sunrise dengan jelas. Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan pemandangan sunrise alangkah baiknya untuk datang pada saat subuh sekitar pukul 5 pagi. Waktu tersebut adalah waktu yang sangat tepat untuk melihat pemandangan negeri di atas awan.

Bukit Panguk Kediwung, Pesona Negeri di Atas Awan
Bukit Panguk Kediwung Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta (Picture Ig / dprasticaaa___)

Objek wisata yang satu ini sangat cocok buat anda yang ingin menikmati udara sejuk perbukitan, keindahan wisata ini tidak perlu di ragukan lagi, simak ulasan tentan wisata mangunan yang satu ini.

Baca Juga: Wisata Jogja Bernuansa Bali

Lokasi Bukit Panguk Kediwung

Wisata ini tidak jauh dari wisata mangunan yang terkenal seperti kebun buah mangunan dan hutan pinus mangunan. Jalan menuju objek wisata dapat di lalui menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan dengan roda empat.

Alamat Bukit Panguk Kediwung berada di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Rute Menuju Bukit Panguk Kediwung

Jalan menuju bukit panguk kediwung yogyakarta dlingo sangat mudah di lalui, wisatawan yang berada di pusat kota jogja dapat menggunakan rute berikut. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju daerah imogiri lebih tepatnya di Jl Imogiri Timur. Setelah melewati pertigaan , arahkan kendaraan anda menuju mangunan lalu melewai Maakam Raja kemudian arahkan kendaraan anda menuju kawasan wisata lingo dengan menuju Hutan Pinus Mangunan. 

setelah sampai di kebun pinus mangunan, ikut papan penunjuk menuju tempat wisata kediwung. Jika anda merasa kesulitan bisa menggunakan goggle maps untuk menemukan rute terbaik.

Baca Juga: Jurang Tembelan Kanigoro, Spot Indah Menikmati Kali Oyo

Harga Tiket Masuk Bukit Panguk Kediwung

Wisatawan yang akan merasakan sensasi negeri di atas awan, harga tiket masuk bukit panguk kediwung sebesar Rp3.000 per orang. Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi. 

Bagi pengunjung yang akan mencoba spot foto yang keren akan di kenakan biaya Rp3.000 per orang. 

Jam Buka Bukit Panguk Kediwung
Wisata ini buka mulai dari pukul 05.00 pagi dan tutup jam 06.00 sore. Bagi wisatawan yang ingin melihat pemandangan sunrise bisa datang sehabis subuh

Fasilitas Bukit Panguk Kediwung

Wisatawan yang berkunjung ke wisata ini tidak perlu khawatir mengenai fasilitas, fasilitas di wisata ini cukup lengkap. Pengunjung yang datang harus turut ikut andil menjaga serta menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, adapun fasilitas tersebut di antaranya:
  • Tempat Parkir
  • Spot Foto
  • Kamar Mandi
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Gazebo
  • Papan Informasi

Daya Tarik Bukit Panguk Kediwung

Wisatawan yang ingin menikmati pemandan dari atas spot foto harus berjalan kaki terlebih dahulu, tetapi perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan gumpulan awan dan hamparan bukit hijau yang memanjakan mata. Wisata ini menyediakan beberapa spot foto yang dapat di gunakan pengunjung untuk mendapatkan hasil foto yang instgrameble.

Pengunjung yang berfoto di spot foto harus membayar terlebih dahulu ya, selain memliki pemandangan gumpalan awan yang cantik, wisatawan juga dapat melihat sungai oya dengan jelas dari ketinggian. Beberapa spot foto yang menjadi incaran antara lain perahu kertas, kupu-kupu, istana langit dan lain-lain.

Pengelola wisata juga menyediakan beberapa garu pandang yang terbuat dari bahan alami seperti kayu dan ranting pohon bambu. Dari gardu pandang ini, wisatawan dapat melihat pepohonan hijau dan Sungai Oya yang meliuk-liuk di bawah lereng bukit.

Spot gardu pandang ini terbagi menjadi dua bagian, yang pertama terletak disebelah timur dan selatan. Gardu pandang sebelah timur menjadi spot yang banyak dikunjungi, karena disini wisatawan dapat melihat pemandangan sunrise dengan jelas dan kabut tipis yang berada disekitar bukit.

Setelah menikmati pemandangan, pengunjung juga dapat mencoba beberapa kuliner khas masyarakat dlingo yang bisa anda beli di sekitar kawasan objek wisata yang berada di mangunan ini. Pengunjung juga dapat membeli makan di sana setelah menikmati sunrise dan beberapa spot foto.

Baca Juga: Wisata Bukit Mojo GumelemSpot Foto Arsitetik di Jogja

Wisata Dekat Bukit Panguk Kediwung

Bukit Mojo Gumelem

Bukit Mojo Gumelem merupakan salah satu wisata yang berada di daerah mangunan. Wisata yang satu ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah yang sayang untuk dilewatkan jika sedang berlibur di jogja. 

Bukit Mojo Gumelem berada dikawasan mangunan yang berdekatan dengan wisata bukit panguk kediwung. Dari puncak bukit kediwung bantul, wisatawan disuguhkan dengan pemandangan Kali Oya yang nampak berkelok-kelok.

Harga Tiket Masuk Bukit Mojo Gumelem Jogja sebesar Rp5.000 per orang dan Rp3.000 untuk per spot foto.

Tebing Watu Mabur

Tebing Watu Mabur Jogja merupakan salah satu wisata baru yang berada di daerah mangunan. Di dirikanya wisata bantul ini karena memiliki potensial yang cukup bagus. Dahulu tempat ini merupakan tempat perkemahan yang cukup luas dan mampu belasan tenda dengan ukuran yang besar sekaligus.

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini dapat mencoba beberapa spot foto yang sangat unik. Salah satu spot foto yang banyak diminati adalah jalan raya atau andasan pacu yang menghadap jurang langsung.

Tiket masuk tebing watu mabur jogja sebesar Rp2.000 per orang. Sedangkan untuk spot fotonya sebesar Rp3.000 per spot foto.

Jurang Tembelan Kanigoro

Jurang Tembelan Kanigoro Bantul merupakan wisata bertemakan pemandangan alam. Wisata bantul yang satu ini lokasinya berada di perbukitan mangunan, dari puncak ini wisatawan dapat melihat pemandangan Pegunungan Sewu dan Sungai Oyo yang nampak berliku-liku.

Wisatawan juga dapat bersantai digardu pandang yang sudah disediakan, dari gardu pandang ini pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan alam hijau yang sangat menyejukan mata.

Harga tiket masuk jurang tembelan kanigoro sebesar Rp5.000 per orang.

Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata bukit panguk kediwung yang berada di dlingo. Bagi anda yang ingin melihat pemandangan dari perbukitan menoreh bisa mencoba salah satu tempat wisata di kulon progo yang tentunya tidak kalah jauh. Tetap patuhi protkol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Selamat berlibur!
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.