Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Curug Pulosari, Wisata Air Terjun Tersembunyi di Jogja

Curug Putri Pulosari

Curug Pulosari  Harga Tiket: Rp2.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55751.
Curug Pulosari - Daerah bantul tidak hanya terkenal dengan wisata hutan pinus, kuliner maupun budayanya, tetapi bantul juga memiliki air terjun jogja yang sangat indah dan menyegarkan. Di daerah bantul banyak sekali tempat wisata yang indah dan wajib anda kunjungi saat berlibur ke jogja, wisata tersebut yaitu Curug Pulosari.

Curug Pulosari Waterfall merupakan air terjun yan berada di bantul yang sangat indah, nama pulosari sendiri di ambil dari ukuran air terjunya yang kecil dan keberadanya di tempat tersebut. Air terjun ini berada di bawah jurang. Sesampainya di tempat wisata, pengunjung akan di manjakan dengan pemandangan iar terjun yang indah dan cantik. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati suasana asrinya pepohonan yang berada di sekitar air terjun, hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Air Terjun Pulosari memiliki ketinggian sekitar 5 sampai 7 meter, walaupun begitu wisata ini sangat di rekomendasikan untuk di kunjungi. Wisata ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati suasana alam yang tentunya lebih nikmati dari pada suasana perkotaan yang panas dan penuh dengan keramian. Hal unik yang akan pengunjung temui adalah jatuhnya air terjun yang menyerupai tirai putih yang sangat mempesona, terdapat kolam di bawah air terjun yang dapat pengunjung gunakan untuk berenang.

Curug Pulosari, Wisata Air Terjun Tersembunyi di Jogja
Air Terjun Jurang Pulosari Pajangan (Picture Ig / jogjajateng)

Hal yang harus anda ketahui sebelum mengunjungi Curug Putri Pulosari adalah debit air. Pada saat musim hujan volume air curug ini mengalir dengan deras. Tetapi saat musim kemarau debit air cukup sedikit dari pada saat musim hujan. Waktu yang bagus untuk mengunjungi curugi ini saat musim kemarau, karena pengunjung dapat menikmati jernihnya air dan hijaunya pepohonan yang berada di sekitar curug.

Lokasi Curug Pulosari

Wisata air terjun ini sangat mudah untuk di jangkau menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Akses jalan menuju air terjun sudah sangat mendukung, jalan sudah beraspal dan layak untuk di lewati. Setibanya di tempat parkir, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu sebelum sampai di air terjun pulosari.

Lokasi Curug Pulosari berada di Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Curug Pulosari

Untuk menuju air terjun jurang pulosari, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dahlan kemudian lurus melewati Jl Wates. Setibanyanya di Jl Wates ambil arah menuju Jembatan Gamping dan menuju Jl Ringroad Barat.

Setibanya di Ringroad Barat ambil arah menuju Jl Nasional III, terus ambil arah menuju Jl Rindang, pertigaan ke barat menuju Jl Bibis Raya, kemudian lurus sampai menemukan Jalan Bangunjiwo - Bibis, sampai di perempatan ambil arah ke selatan menuju Goa Selarong, setibanya di perempatan Jl Pandu Dewonoto ikuti jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk arah menuju curug pulosari pajangan bantul.

Pengunjung akan menempuh jarak sejauh 16 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 40 menit, tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Harga Tiket Masuk Curug Pulosari

Pengunjung yang akan masuk di curug pulosari akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp2.000 per orang. Harga tersebut sudah sangat murah untuk memasuki wista curug di jogja. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp5.000 dan Rp2.000 untuk kendaraan bermotor.

Untuk jam buka di area wisata air terjun curug pulosari mulai dari pukul 07.00 WIB dan di tutup pada pukul 18.00 wib

Fasilitas Curug Pulosari

Pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang sudah di sediakan oleh pihak pengelola, wisatawan yang datang cukup memenjaga fasilitas dan merawatnya supaya tidak cepat rusak, beberapa fasilitas yang dapat anda gunakan di jurang pulosari pajangan bantul di antaranya:
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Kamar Mandi
  • Penyewaan Ban
  • Gazebo
  • Warung oleh-oleh

Daya Tarik Curug Pulosari 

1.Pesona Air Terjun yang memukau
Letaknya wisata pulosari yang berada di bawah jurang, membuat pengunjung yang datang dapat menikmati pesona air terjun pulosari dari atas. Tinggi air terjun kurang lebih 5 sampai 7 meter tetapi pengunjung dapat menikmati suasana asri yang tenang dan damai. Bentuk air terjunya yang sedikit melebar membuat seperti berada di tirai putih yang cantik.

2. Pemandangan Alam 
Tidak hanya pemandangan air terjunya saja yang dapat pengunjung nikmati, tetapi pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam berupa pepohonan hijau yang asri dan beberapa pondok kecil. Apalagi ketika mengunjungi air terjun ini pada saat musim hujan, pepohonan akan terlihat lebih rindang dan menyejukan tentunya.

3. Air yang Segar
Saat anda berada di atas curug ini, pengunjung dapat mengamati bahwa air terjun ini memiliki air yang jernih dengan warna hijau yang menyejukan mata. Apalagi saat anda bermain di bawah air terjun, tentu dapat menghilangkan beban pikiran akibat lelah bekerja seharian.

4. Tempat Refresing
Tempat ini sangat di rekomendasika bagi anda yang jenuh akibat bekerja seharian. Selain memiliki suasana yang natural, pengunjung juga dapat menikmati wisata ini dengan bermain air maupun hanya bersantai saja di gazebo yang sudah di sediakan.

Wisata Dekat Curug Pulosari

  • Curug Banyunibo
  • Kedung Pengilon
  • Air Terjun Banyunibo
  • Taman Wisata Mangir
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang air terjun pulosari yang merupakan wisata bantul. Bagi anda yang ingin mencoba destinasi wisata lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di bantul lainya. Tetap menjaga prokol kesehata dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.