Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Goa Cerme Jogja, Wisata Sejarah yang Berbalut Mistis

Goa Cerme Jogja

Goa Cerme Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Selopamiro, Imogiri, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Wisata Goa Cerme - Yogyakata memang menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah untuk di kunjungi ketika sedang berada di jogja. Salah satu wisata yang memiliki keindahan alam berada di kabupaten bantul. Daerah ini memang menyimpan banyak sekali destinasi wisata mulai dari wisata pantai, gunung, hingga Goa. Salah satu goa yang cukup terkenal di bantul adalah Goa Cerme.

Goa Cerme merupakan salah wisata goa di bantul yang cukup terkenal. Goa ini memiliki arti yaitu "Cerme" yang berarti ceramah. Sejarah goa cerme adalah keberadaan wali songo yang sedang singgah di tempat ini untuk menjalankan syiar agama islam di beberapa daerah di pulau jawa. Dahulu goa ini di gunakan untuk kegiatan pertemuan pembahasan tentang agama islam, Menurut tokoh sekitar, goa ini di jadikan tempat musyawarah dalam pembangunan Masjid Agung Demak.

Goa Cerme Jogja, Wisata Sejarah yang Berbalut Mistis
Goa Cerme, Bantul, Yogyakarta (Foto ig/pejalanlamban)

Lokasi Goa Cerme

Wisatawan yang ingin mengunjungi goa ini tidak perlu khawatir, jalan menuju objek wisata sangat mudah dan bisa di jangkau menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Lokasi Goa Cerme berada di Jalan Srunggo, Desa Selopamiro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju Goa Cerme

Wisatawan dapat menggunakan rute ini jika berada di pusat kota jogja. Rute menuju objek wisata jika dari malioboro adalah ambil arah menuju Jl Pangurukan kemudian ambil arah ke selatan menuju Jl Brigjen Katamso.Jl Brigjen Katamso lurus sampai menemukan Jl Kolonel Sugiono.

Sesampainya di Jl Kolonel Sugiono jika menemukan pertigaan ambil arah menuju Jl Sisingamaraja, lurus sampai menemukan Jl Imogiri Barat sampai pertigaan, ambil arah ke timur ke Jl Dewa Ruci.

Setelah sampai Jl Dewa Ruci ambil arah menuju Jl Koloran, sampai di pertigaan ambil arah ke timur sampai menemukan Jl Imogiri Timur. Lanjutkan perjalanan menuju Jl Jejeran - Pleret ke selatan sampai menemukan Jl Segoroyoso lurus sampai Jl Pleret - Pathuk.

Lanjutkan perjalanan sampai menemukan perempatan lalu ambil arah selatan menuju Jl Dlingo - Pathuk, ikuti jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk lokasi menuju lokasi wisata.

Baca Juga: Wisata Goa Kalisuci Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk Goa Cerme Jogja

Pengunjung yang ingin merasakan senasi berada di goa tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga Tiket Masuk Goa Cerme Rp5.000 per orang. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

Pengunjung yang akan menyusuri bisa menyewa headlamp sebesar Rp5.000 dan jasa pemandu susur goa Rp30.000 rupiah.

Fasilitas Goa Cerme

Fasilitas yang berada di objek wisata ini sudah terbilang sangat lengkap. Pembangunan fasilitas di tempat wisata ini  terjadi berkat peran pengelola, pemerintah dan masyarakat sekitar wisata, beberapa fasilitas sebagai berikut:

  • Warung Makan
  • Kamar Mandi
  • Jasa Pemandu
  • Tempat Parkir
  • Pusat Informasi
  • Penyewaan perlengkapan
  • Tempat pertemuan

Sejarah Goa Cerme

Sejarah Goa Cerme sendiri tidak jauh dari penyebaraan agama islam oleh Walisongo. Tempat ini menjadi tempat berdiskusi dalam penyebaraan syiar agama islan di tanah jawa. Panjang Goa Cerme sekitar 1,5 kilometer yang tembus sampai Panggang, Desa Ploso, Giritirto, Kabupaten Gunung Kidul.

Untuk menyusuri goa, pengunjung harus melewati anak tangga sepanjang 750 meter dengan 760 anak tangga. Hal yang harus pengunjung wasapadai ketika menyusuri adalah keberadaan kelelawar yang cukup menganggu.

Selain itu wisatawan yang menyusuri goa dapat melihat air terjun dan sungai yang berada di bawah tanah, pengunjung juga dapat menelihat ruangan yang sengaja di buat pada zaman dahulu. Terdapat 9 air suci yang berada di jalur air tersebut bernama watu kanji, pelungguhan / paseban, gamelam, kahyangan, Grojogan Sewu, air penguripan, batu gilang dan lain-lain.

Banyak barang bersejarah yang berada di wisata ini, salah satunya adalah batu padi yang dulunya pusaka berbentuk kubah emas, tetapi pusak kubah emas itu menghilang sekitar tahun 1965.

Wisata Dekat Goa Cerme

  • Bukit Panguk Kediwung
  • Watu Goyang
  • Jurang Tembelan Kanigoro
  • Curug Banyunobi
  • Kebun Buah Mangunan
Penutup
Berikut di atas artikel dari yanacircle.com tentang Wisata Goa Cemre Bantul. Bagi anda yang ingin mencoba pemandangan alam hijau bisa menggunjungi beberapa tempat wisata di kulon progo yang memiliki banyak destinasi wisata yang bisa anda kunjungi. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.