Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Goa Gajah Mangunan, Pemandangan "Cahaya Surga"

Wisata Goa Gajah Mangunan

Wisata Goa Gajah Mangunan - Daerah bantul memang banyak sekali menyimpan destinasi wisata yang indah yang sangat sayang untuk di lewatkan jika berlibur ke jogja. Salah satu destinasi wisata yang memiliki pemandangan stalaktit dan staklamit yang indah adalah Wisata Goa Gajah Mangunan Bantul.

Goa Gajah Mangunan adalah yang terbentuk secara alami, nam wisata ini memiliki arti tersendiri yang di ambil dari sebuah bongkahan batu yang menyerupai bentuk gajah. wisata  ini memiliki bentuk horizontal dengan kedalaman sekitar 200 meter, kemungkinan besar goa ini memiliki panjang lebih 200 meter karena penyusuran terkendala dengan tumpukan tanah di sebagian lorong.
Goa Gajah Mangunan, Pemandangan "Cahaya Surga" yang Menarik
Pemandangan Stalaktit dan Stalakmit (Picture Ig/galeriwisatawan)
Wisatawan yang berkunjung ke wisata Goa Gajah Mangunan akan melihat pohon besar yang berada di pintu keluar . keberadaan pohon besar tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung. Selain itu, terdapat sebuah lorong besar dengan nama lorong ular. Penamaan lorong tersebut karena memiliki bentuk yang kecil dan sempit dengan ukuran 1 meter.

Lokasi Goa Gajah Mangunan

Jalan menuju wisata mangunan sudah dapat di lewati pengunjung dengan menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Letaknya sedikit terpencil karena berada di pedesaan.

Lokasi Goa Gajah Mangunan berada di Dusun Lemah Abang, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju Goa Gajah Mangunan

Pengunjung yang ingin berwisata di goa mangunan tidak perlu khawatir mengenai lokasinya. Rute menuju wisata mangunan dapat di jangkau, jika anda berada di malioboro dapat menggunakan rute ini. Pertama arahkan kendaraan anda menuju Jl Brigjen Katamso lalu ikuti terus jalan tersebut sampai di Jl Kolonel Sugiono, lanjutkan perjalanan menuju Jl Sisingamaraja.

Sesampainya di Jl Sisingamaraja lalu ambil arah menuju Jl Imogiri Barat, kemudian melewari Makam Raja Imogiri, ambil arah menuju Jl Imogiri - Dlingo, ikuti jalan tersebut sampai menemukan papan penujuk arah menuju lokasi.

Waktu yang anda butuhkan untuk sampai di lokasi wisata sekitar 1 jam dan jarak tempuh sekitar 24 kilometer. Bagi anda yang kesulitan menemukan lokasinya dapat menggunakan goggle maps.

Harga Tiket Masuk Goa Gajah Mangunan

Pengunjung yang ingin mencoba sensasi berada di luar negeri tidak perlu khawatir mengenai harga tiket karena harga tiket masuk goa gajah mangunan masih gratis. Pengunjung yang datang hanya akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Selain itu, pengelola juga menyediakan senter dengan tarif sewa sebesar Rp5.000 untuk satu senter. Bagi pengunjung yang ingin menyewa juga bisa dengan membayar seiklasnya.

Fasilitas Goa Gajah Mangunan

Fasilitas yang terdapat di goa gajah mangunan sedikit bagus tetapi lebih bagus goa jepang jogja. Pembangunan fasilitas mulai di lakukan oleh pihak pengelola, masyarakat dan pemerintah terkait. beberapa fasilitas di antaranya:
  • Tempat Parkir
  • Warung Makan
  • Toilet Umum
  • Sewa Senter
  • Sewa Pemandu
  • Spot Foto

Daya Tarik Goa Gajah Mangunan

wisata ini memiliki daya tarik tersendiri di mata para wisatawan. pemandangan umum yang akan di jumpai di dalam goa adalah keberadaan stalaktit dan stakalmit yang sangat indah. Keberadaan batu yang berbentuk menyerupai gajah menjadi magnet bagi pengunjung.

Terdapat tempat yang memiliki pemandangan yang bagus yaitu adalah tempat cahaya surga. di sebut cahaya surga karena terdapat sinar cahaya matahari yang masuk melalui celah-celah langit goa seakan cahaya tersebut berasal dari surga. 

Selain itu, keberadaan pohon yang tinggi menjulang hingga menembus langit , jarak pintu masuk sampai pintu keluar kurang lebih 200 meter. Pintu masuk goa gajah cukup lebar serta lorongnya yang agak sempit.

Wisata Dekat Goa Gajah Mangunan

  • Watu Mabur Mangunan
  • Ekowisata Jati Sari
  • Kebun Buah Mangunan
  • Pohon Pinus Mangunan
  • Jurang Tembelan Kanigoro

Penutup

Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata goa gajah mangunan. Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan hijau bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di kulon progo yang terkenal dengan wisata perbukitan menorehnya.