Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hutan Pinus Mangunan Jogja, Wisata Alam yang Mempesona

Hutan Pinus Mangunan Jogja

Hutan Pinus Mangunan Harga Tiket: Rp3.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Mangunan, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 66783.
Hutan Pinus Mangunan - Daerah Mangunan memang terkenal dengan tempat wisatanya yang memiliki latar belakang berupa pemandangan alam yang bagus. Salah satu wisata yang menjadi primadona tersebut yaitu Hutan Pinus Mangunan. Hutan ini berada di perbukitan yang membuat pengunjung dapat merasakan suasana yang masih asri, tenang dan damai. Hutan ini di penuhi dengan ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi di sepanjang hutan.

Hutan ini di kelola oleh RPH Mangunan atau yang di kenal dengan Resort Pengelolaan Hutan. Hutan pinus mangunan memiliki luas kurang lebih 500 hektare dan di tumbuhi berbagai pepohonan yang menjulang tinggi. Pengunjung biasa menyebut hutan ini dengan Hutan Pinus Imogiri, karena lokasinya yang tak jauh dengan Raja Makam Imogiri.

Sebelum menjadi terkenal seperti sekarang ini, hutan ini dulunya adalah kawasan yang tandus. Sejak saat itu pengelola hutan mempunyai inisiatif untuk melakukan penghijauan dengan menanami berbagai pohon salah satunya adalah pohon pinus. Seiring berjalanya waktu, pohon yang dulu di tanami kini mulai tumbuh menjulang tinggi, selain menjadi kawasan, hutan ini juga di jadikan sebagai destinasi wisata. Pihak pengelola mulai membangun beberapa fasilitas seperti tempat parkir, kamar mandi dan beberapa spot foto supaya menjadi daya tarik bagi wisatawan yang sedang berlibur ke jogja.
Hutan Pinus Mangunan Jogja, Wisata Alam yang Mempesona
Deskirpsi Hutan Pinus Mangunan (Picture Ig / pesonaimogiri)
Hutan yang berada di daerah imogiri ini menawarkan pesona indah serta menenangkan hati. Bagi anda yang ingin menikmati dinginya udara pegunungan, langsung saja datang pada saat pagi hari.

Lokasi Hutan Pinus Mangunan Jogja

Wisatawan yang ingin mengunjungi wisata ini tidak perlu khawatir, karena lokasnya berada di kawasan wisata mangunan. Wisatawan harus melewati jalan aspal yang menanjak dan beberapa tikungan.

Alamat Hutan Pinus Mangunan berada di Sukorame, Mangunan, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menemukan tempat wisatanya dengan mudah, bisa menggunakan goggle maps.

Rute Menuju Hutan Pinus Mangunan Jogja

Karena lokasinya yang berada di kawasan wisata mangunan, wisatawan dapat mudah untuk menuju ke lokasi. Bagi anda yang dari malioboro ke hutan pinus mangunan jogja bisa menggunakan rute ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Panembahan Senopati, sesampainya di perempatan langsung saja menuju Jl Brigjen Katamso, jalan terus sampai menemukan perempatan lalu ke timur menuju Jl Kolonel Sugiomo.

Setibanya di Jl Kolonel Sugiono, arahkan kendaraan anda ke selatan menuju Jl Sisingamaraja dan lanjutkan perjalanan menuju Jl Imogiri Barat. Dari Jl Imogiri arahkan kendaraan anda menuju pertigaan melewati Jl Makam Raja, Ikuti jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk arah menuju lokasi objek wisata.

Pengunjung yang berada di pusat kota jogja harus menempuh jarak 22 kilometer dan membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit untuk sampai di tempat wisata. Bagi anda yang sudah pernah mengunjungi, pasti akan sampai lebih cepat.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan Jogja

Bagi pengunjung yang akan menikmati sejuknya udara pegunungan langsung saja menuju lokasi, Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangungan sebesar Rp3.000 per orang, sedangkan untuk parkir kendaraan motor sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi. Selain itu terdapat spot foto yang bisa di gunakan untuk preweding dengan membayar Rp50.000 rupiah per sekali foto.

Fasilitas Hutan Pinus Mangunan

Pengelola wisata mulai membangun beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan, pengelola hanya mememberi saran supaya wisatawan tetap menjaga dan merawat fasilitas yang sudah tersedia, beberapa fasilitas yang bisa anda gunakan di antaranya:
  • Tempat Parkir
  • Kamar Mandi
  • Gardu Pandang
  • Spot Foto
  • Mushola
  • Warung Makan
  • Area Outbound

Daya Tarik Hutan Pinus Mangunan

1.Spot Foto Instagramble
Kurang lengkap rasanya jika belum mendapatkan hasil foto yang bagus saat berlibur ke jogja. Terutama bagi anda yang aktif di media sosial seperti instagram dan twiter. Wisata ini menjadi incaran bagi wisatawan untuk berburu foto yang bagus.

Terdapat beberapa spot foto yang bisa anda gunakan  seperti rumah pohon dan panggung dengan jajaran kursi yang terbuat dari kayu tersusun dengan rapi. Spot ini biasanya di gunakan untuk pertunjukan seperti acara pentas seni maupun accustic saat event-event tertentu.

2. Bersantai di Atas Hammock
Saat anda mulai lelah menyusuri hutan pinus, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam sekitar dengan memasang hammock di sela-sela pohon. Pengunjung hanya akan di kenakan tarif sebesar Rp10.000 untuk menikmati santainya berada di bawah pohon yang rimbun.

3. Taman Bunga
Di sebelah barat wisata hutan pinus terdapat sebuah taman bunga yang sengaja di rawat oleh pengelola wisata yang tak kalah bagus. Dengan berjalan menyusuri jalan setapak, pengunjung dapat melihat hamparan berbagai bunga yang cantik.

4. Camping Ground
Bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana malam di objek wisata dapat mendirikan tenda di tempat yang sudah di sediakan oleh pengelola. Saat malam hari anda dapat melihat pemandangan gemerlap kota jogja dengan jelas. Selain itu, anda juga dapat menyewa jeep untuk merasakan senasi offroad di sekitar lokasi wisata.

Wisata Dekat Hutan Pinus Mangunan

  • Seribu Rumah Hobbit
  • Songgo Batu Langit
  • Puncak Becici
  • Hutan Pinus Asri
  • Wisata Mangunan
  • Jurang Tembelan Kanigoro
  • Kebun Buah Mangunan
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel tentang wisata hutan pinus mangunan jogja dari yanacircle.com. Bagi anda yang ingin mencoba wisata baru bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di bantul yang memiliki pesona alam. Tetap menjaga prokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.Selamat belribur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.