Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hutan Pinus Pengger, Berburu Spot Foto Instagramable

Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger - Kawasan wisata bantul memang terkenal dengan tempat wisatanya yang memiliki pemandangan bagus. Daerah mangunan sendiri menjadi tempat tujuan wisata favorit ketika sedang berlibur ke jogja, salah satu wisata yang sangat terkenal yaitu Hutan Pinus Pengger.

Dulunya hutan ini merupakan hutan pinus biasa yang hanya di jadikan tempat pelestarian pohon pinus. Beberapa masyarakat mempunyai inisiatif untuk menjadikan hutan ini menjadi wisata, dan kini menjadi salah satu wisata favorit di daerah mangunan. Wisatawan dapat mengunjungi hutan pinus ini kapan saja, saat siang hari wisatawan akan di suguhkan dengan pemandangan ratusan pohon pinus yang tertata dengan rapi. Sedangkan saat malam hari, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan gemerlap lampu kota jogjga yang sangat cantik.

Wisata ini menjadi salah satu efek posotif atas keberhasilan wisata hutan pinus asri yang masih satu kawasan di daerah mangunan, dlingo, bantul. Keterampilan masyarakat mengelola Hutan Pinus Pengger menjadi salah satu destinasi wisata berbuah manis, perbedaan dan kreasi menjadi hal yang harus di perhatikan saat mengembangkan wisata yang memiliki latar belakang sama. 

Hutan Pinus Pengger, Berburu Spot Foto Instagramable
Keindahan Hutan Pinus Pengger (Picture Ig / steven.wilson)

Perbedaan dari wisata ini terletak pada desaign spot fotonya, jika anda menggamati bentuk spot foto di wisata pengger di dominasi oleh ranting pohon bekas yang sudah kering. Dengan keunikan tersebut, banyak wisatawan yang sangat tertarik untuk mencoba spot foto tersebut.

Baca : Wisata Kebun Buah Mangunan

Lokasi Hutan Pinus Pengger

Wisata ini berada di sebelah tenggara kota jogja, wisatawan harus menempuh jarak yang lumayan jauh dengan melewati jalan yang berliku dan menanjak. Meskipun melewati jalan yang cukup menantang, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan sawah dan perbukitan dlingo yang cukup cantik.

Lokasi Hutan Pinus Pengger berada di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Hutan Pinus Pengger

Wisatawan yang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini untuk menuju ke tempat wisata. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Jogja - Wonosari, lalu menuju ke arah Patuk, Gunung Kidul. Sesampainya di Koramil Patuk arahkan kendaraan anda menuju Jl Patuk - Dlingo, setelah memasuki wilayah dlingo anda akan di hadapatkan dengan pemandangan kota jogja di sepanjang jalan menuju hutan pinus.

Jarak dari pusat kota jogja ke hutan pinus pengger sekitar 23 kilometer dan membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit, waktu tempuh bisa berubah tergantung dengan kondisi lalu lintas. Bagi anda yang tidak ingin berusah payah untuk menghafalkan rute, bisa menggunakan aplikasi goggle maps.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger 

Bagi pengunjung yang ingin menikmati rindangnya pepohonan pinus yang menjulang tinggi, langsung saja menuju lokasi. Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger sebesar Rp3.000 per orang. Sedangkan untuk parkir motor sebesar Rp2.000, Rp5.000 untuk mobil dan Rp20.000 untuk bus.

Dengan harga tiket masuk yang cukup murah, pengunjung dapat menikmati hutan pinus sepuasnya. Pengunjung yang akan berfoto di spot studio alam (Tangan Raksasa) akan di kenakan biaya sebesar Rp2.000 saja. 

Sedangkan jam buka hutan pinus pengger mulai dari pukul 06.00 pagi hingga 11 malam, dan beroprasi setiap hari senin - minggu.

Fasilitas Hutan Pinus Pengger

Fasilitas yang berada di hutan pinus cukup lengkap, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang sudah tersedia. Pengelola hanya menuntut wisatawan yang berkunjung untuk tetap menjaga serta merawat fasilitas yang sudah tersedia, bebera fasilitas tersebut yaitu:
  • Gardu Pandang
  • Penyewaan Hammock
  • Spot foto dengan kreasi seni
  • Tempat Parkir
  • Kamar Mandi
  • Mushola
  • Pusat Kuliner

Daya Tarik Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger, Berburu Spot Foto Instagramable
Pemandangan Saat Malam Hari (Picture Ig / zulzuhri27)
Lokasinya yang berada di perbukitan membuat wisatawan harus sedikit berjalan kaki terlebih dahulu untuk mencapai puncak. Sepanjang perjalanan pengunjung akan di suguhkan dengan berbagai pemandangan alam seperti pohon pinus yang menjulang tinggi. Karena berada di perbukitan, membuat udara di sekitar hutan pinus terasa sejuk dan dingin.

Wisata ini juga memiliki fasilitas yang unik, di mana beberapa fasilitas terbuat dari anyaman bambu dan ranting bekas pohon. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti menikmati pemandangan alam jogja dari gardu pandang. Terdapat juga gardu pandang yang bisa anda coba.

1. Spot Foto Unik
Pengelola wisata hutan pinus mulai membangun beberapa tempat foto yang menarik. Berbagai tempat menarik yang bisa di coba seperti rumah pohon, jembatan kayu sampai spot foto yang terbuat dari bekas ranting kayu berupa tangan raksasa.

Selain itu, terdapat juga spot foto sarang burung yang terdapat lubang besar untuk mengamati kota jogja. Spot foto ini menjadi daya tarik karena memiliki konsep kreatif dan unik.

2. Menikmati Pemandangan Kota Jogja
Terdapat salah satu spot foto yang cukup terkenal di wisata ini yaitu spot foto berbentuk tangan dengan bahan dasar rotan dan ranting pohon. Keberadaan tempat ini buat banyak wisatawan yang antusias bahkan sampai mengantri untuk mendapatkan foto yang instagramble.

3. Keindahan Sunset
Tempat ini juga menawarkan pemandangan matahari tenggelam yang sangat cantik. Bagi pengunjung pecinta senja sangat di rekomendasikan untuk mencoba wisata yang satu ini. Pegunjung dapat menghabiskan waktu dengan menikmati panorama senja yang memukau 

Waktu yang paling bagus untuk mencoba spot foto berbentuk tangan adalah saat malam hari. Saat malam hari pemandangan sangat cantik dengan gemerlap lampu kota jogja.

4. Camping Ground
Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana malam di hutan pinus mangunan bisa mendirikan tenda di tempat yang sudah di sedikan oleh pihak pengelola. Hal yang menjadi daya tarik wisatawan memilih hutan pinus untuk mendirikan tenda adalah pemandangan landscape malam kota jogja yang sangat cantik.

Selain mendirikan tenda, pengunjung juga dapat bersantai dengan menyewa hammock yang beraneka ragam. Bersantai di atas hammock dan berbaur dengan alam membuat berwisata terasa lebih nikmati dan menyegarkan.

Wisata Dekat Hutan Pinus Pengger

  • Hutan Pinus Mangunan Dlingo
  • Hutan Pinus Asri
  • Puncak Pinus Becici
  • Bukit Lintang Sewu
  • Wisata Outbond Gunung Mungker
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel tentang wisata hutan pinus pengger sendangsari dari yanacircle.com. Bagi anda yang ingin mencoba wisata lainya, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di bantul yang tak kalah seru.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.