Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kebun Buah Mangunan Jogja, Sensasi Negeri Di Atas Awan

Kebun Buah Mangunan Jogja

Taman Kebun Buah Mangunan Jogja - Bagi anda yang jenuh dengan suasana perkotaan yang membosankan, terdapat salah wisata yang berada di bantul yaitu Taman Buah Kebun Buah Mangunan. Wisata ini berada di kawasan wisata mangunan yang sangat terkenal. Wisatawan dapat menikmati berbagai wisata alam yang menarik, kebun ini berada di ketinggian 200 mdpl.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan hijau yang sangat indah, selain itu pengunjung dapat melihat perbukitan dlingo yang bagus. Terdapat hal unik yaitu pengunjung dapat melihat sungai Oya yang memiliki warna kehijuan.

Sepanjang mata memandang, anda dapat melihat hamparan perbukitan hijau. Tempat ini memiliki spot foto yang cukup terkenal. Waktu yang pas untuk mengunjungi taman buah mangunan saat menjelang sore, pengunjung dapat melihat sunset dan negeri di atas awan. Kabut putih mondominasi daerah dataran rendah sehingga seolah-olah anda berada di negeri di atas awan.

Kebun Buah Mangunan, Sensasi Negeri Di Atas Awan
Sunrise di kebun buah mangunan (Foto ig/faishalrahimi)
Karena memiliki pemandangan sunrisenya yang cantik, banyak wisatawan yang mengunjungi wisata taman buah mangunan pada saat pagi hari. Hal ini di lakukan pengunjung supaya dapat melihat pemandangan sunrise yang cantik pada saat pagi hari.

Taman buah mangunan sendiri merupakan wisata yang di bangun oleh pemerintah kabupaten bantul pada tahun 2003 silam. Dahulu wilayah ini hanyalah perkebunan buah biasa yang menjadi suplier berbagai buah seperti mangga, rambutan, jambu air, jambu biji dan berbagai buah lainya.

Baca Juga: Wisata Pintu Langit Dahromo Mangunan 

Lokasi Kebun Buah Mangunan

Lokasi kebun buah mangunan tidak jauh dari pusat kota jogja, pengunjung dapat menggunakan mobil maupun motor untuk menuju kebun buah mangunan. Perjalanan dari pusat kota jogja membutuhkan waktu sekitar 1 jam tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Lokasi Kebun Buah Mangunan berada di Jl Imogiri - Dlinggo, Sukorame, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Wisata ini masih satu kawasan dengan wisata mangunan lainya.

Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

Rute menuju kebun buah mangunan sangat mudah di jangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun motor. Jalan yang akan anda lalui sedikit menanjak, karena lokasi kebun buah mangunan jogja berada di kawasan pegunungan seribu bantul.

Pengunjung yang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini untuk menuju kebun buah mangunan. rutenya yaitu ambil arah ke selatan sampai kilometer 7. Kemudian ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan. Sesampainya di pertigaan ambil arah ke kanan menuju Jalan Pleret. Kemudian lurus ke timur sampai menemukan Jl Segoroyoso, setelah itu jalan mulai menanjak dan sedikit berkelok sampai menemukan kawasan wisata kebun buah mangunan bantul.

Baca Juga: Lokasi Jurang Tembelan Kanigoro

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Wisatawan yang ingin menikmati sensasi negeri di atas awan tidak perlu khawatir perihal harga tiket. Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan sebesar Rp5.000 per orang. Harga tersebut sudah sangat murah dan sebanding dengan pemandangan yang akan di dapatkan nantinya.

Sedangkan pengunjung yang datang menggunakan kendaraan motor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan mobil.

Fasilitas Kebun Buah Mangunan

Saat ini kebun buah mangunan dlingo menjadi primadona wisata yang banyak di kunjungi oleh kalangan muda maupun tua. Pengelola sudah mulai menggembangkan wisata ini dengan serius dan terbukti beberapa fasilitas mulai berkembang pesat, fasilitas wisata kebun buah mangunan di antaranya:

  • Tempat Parkir
  • Kamar Mandi
  • Camping Ground
  • Outbond
  • Homestay
  • Kebun Buah
  • Taman
  • Gardu Pandang
  • Spot Foto

Jam Buka Kebun Buah Mangunan

Wisata Kebun Buah Mangunan Imogiri buka mulai dari pukul 04.30 pagi hingga 18.00 serta beroprasi mulai hari Senin - Minggu. Waktu yang pas untuk mengunjungi wisata mangunan pada saat pukul 5 pagi, karena pengunjung dapat meliat sunrise dan awan yang cantik dari atas garu pandang mangunan.


Daya Tarik Kebun Buah Mangunan.

Kebun Buah Mangunan Bantul berada di ketinggian 200 mdpl, wisatawan biasanya menyebutnya dengan negeri di atas awan yang berada di jogja. Dengan pemandangan gumpalan awan yang terbentuk dengan indah, bisa di katakan wisata ini hampir sama dengan wisata kalibiru kulon progo yang juga terkenal.

Kebun buah mangunan jogja di bangun pada tahun 2003 di atas lahan seluas 23 hektare. Karena memiliki lahan yang cukup luas kebun ini memiliki banyak sekali pohon mulai dari pohon mangga, rambutan, jeruk, nangka, jambu biji, jambu air, kelengkeng hingga durian dapat anda temui disini.

Para pengunjung yang datang biasanya lebih memilih waktu pagi hari, selain memiliki udara yang sejuk pengunjung juga akan mendapatkan pemandangan yang sangat bagus. Jika cuaca sedang bagus pengunjung dapat melihat gumpalan awan dan pemandangan Kali Oya yang sangat cantik.

Wisata Dekat Kebun Buah Mangunan

  • Gardu Pandang Dahromo
  • Puncak Bicici
  • Jurang Tembelan Kanigoro
  • Gardu Pandang Pinus Asri
  • Rumah Hobbit Mangunan
  • Tebing Watu Mabur Mangunan

Penutup

Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang kebun buah mangunan dlingo yang cukup terkenal di jogja. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi tempat wisata kulon progo yang terkenal yang beradi di sebelah barat bantul.