Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebun Buah Mangunan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Kebun Buah Mangunan Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 05.00-18.00 No. Telepon: - Alamat: Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55783.
Puncak Kebun Buah Mangunan - Bagi anda yang jenuh dengan suasana perkotaan yang membosankan, terdapat salah wisata yang berada di bantul yaitu, Taman Kebun Buah Mangunan. Wisata ini berada di kawasan wisata mangunan yang sangat terkenal.

Sepanjang mata memandang, anda dapat melihat hamparan perbukitan hijau. Tempat ini memiliki spot foto yang cukup terkenal. Waktu yang pas untuk mengunjungi taman buah mangunan saat menjelang sore, pengunjung dapat melihat sunset dan negeri di atas awan. 

Kebun Buah Mangunan, Sensasi Negeri Di Atas Awan
Sunrise di kebun buah mangunan (Foto ig/faishalrahimi)

Wisata alam bantul ini sendiri merupakan wisata yang di bangun oleh pemerintah Kabupaten Bantul pada tahun 2003 silam. Dahulu tempat ini hanyalah perkebunan buah biasa yang menjadi suplier berbagai buah seperti mangga, rambutan, jambu air, jambu biji dan berbagai buah lainya.

Baca Juga: 60 Tempat Wisata di Bantul Terbaru & Terhits 2021

Lokasi Kebun Buah Mangunan

Alamat Kebun Buah Mangunan berada di Jl Imogiri - Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Wisata ini masih satu kawasan dengan wisata mangunan lainya.

Rute Kebun Buah Mangunan

Jalan menuju kebun buah mangunan sangat mudah di jangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun motor. Jalan yang akan anda lalui sedikit menanjak, karena lokasi objek wisata ini berada di kawasan pegunungan seribu bantul.

Pengunjung yang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini untuk menuju ke lokasi. rutenya yaitu ambil arah ke selatan sampai kilometer 7. Kemudian ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan. Sesampainya di pertigaan ambil arah ke kanan menuju Jalan Pleret. 

Kemudian lurus ke timur sampai menemukan Jl Segoroyoso, setelah itu jalan mulai menanjak dan sedikit berkelok sampai menemukan kawasan wisata mangunan.

Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan

Wisatawan yang ingin menikmati sensasi negeri di atas awan tidak perlu khawatir perihal harga tiket. Harga Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan sebesar Rp5.000 per orang. Harga tersebut sudah sangat murah dan sebanding dengan pemandangan yang akan di dapatkan nantinya.

TIKET MASUK KEBUN BUAH MANGUNAN
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

NB: Kebun Buah Mangunan buka setiap hari Senin - Minggi pada jam 05.00-18.00 WIB.

Fasilitas Kebun Buah Mangunan

Saat ini objek wisata ini menjadi primadona wisata yang banyak di kunjungi oleh kalangan muda maupun tua. Pengelola sudah mulai menggembangkan wisata ini dengan serius dan terbukti beberapa fasilitas mulai berkembang pesat, fasilitas wisata di antaranya:

  • Tempat Parkir
  • Kamar Mandi
  • Camping Ground
  • Outbond
  • Homestay
  • Kebun Buah
  • Taman
  • Gardu Pandang
  • Spot Foto

Penginapan Dekat Kebun Buah Mangunan

Nah bagi kamu yang ingin bermalam di dekat destinasi wisata alam bantul terbaru ini, kamu juga bisa menginap dipenginapan disekitar wisata:
  • Rahayu Homestay Mangunan
  • Homestay Joyo Mangunan
  • Omah Kayu Homestay
  • Penginapan Rudi

Daya Tarik Kebun Buah Mangunan.

Sejarah Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Kebun Buah Mangunan Imogiri (Image Source: Instagram)
Objek wisata ini berada di ketinggian 200 mdpl, wisatawan biasanya menyebutnya dengan negeri di atas awan yang berada di jogja. Dengan pemandangan gumpalan awan yang terbentuk dengan indah, bisa di katakan wisata ini hampir sama dengan wisata kalibiru kulon progo yang juga terkenal.

Kebun buah mangunan jogja di bangun pada tahun 2003 di atas lahan seluas 23 hektare. Karena memiliki lahan yang cukup luas kebun ini memiliki banyak sekali pohon mulai dari pohon mangga, rambutan, jeruk, nangka, jambu biji, jambu air, kelengkeng hingga durian dapat anda temui disini.

Pemandangan Alam

Kebun Buah Mangunan: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Kebun Buah Mangunan Yogyakarta (Image Source: Instagram)
Para pengunjung yang datang biasanya lebih memilih waktu pagi hari, selain memiliki udara yang sejuk pengunjung juga akan mendapatkan pemandangan yang sangat bagus. Jika cuaca sedang bagus pengunjung dapat melihat gumpalan awan dan pemandangan Kali Oya yang sangat cantik.

Tidak hanya itu saja, wisata ini juga menyediakan gedung pertemuan dengan kapasitas 100 orang dan 300 orang. Dengan harga sewa yang cukup murah, membuat gedung ini sering digunakan untuk pertemuan para pecinta alam dan acara pernikahan maupun perkantoran.

Untuk mengelilingi kebun ini tdak hanya membutuhka waktu 1 hingga 2 jam saja. Teruntuk anda yang ingin melihat pemandangan sunset maupun sunrise harus menunggu waktu yang cukup lama. 

Sehingga anda bisa menyewa tempat penginapan yang dikhusukan untuk wisatawan. Harga sewanya pun cukup bersahabat.

Camping Area

Bagi anda yang sedang ingin berhemat, anda juga bisa mendirikan tenda ditempat yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Camping ground ini dipereuntukan untuk siapa saja, bahkan anak-anak sekolah sekalipun.

Wisatawan yang akan camping akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000 per orang. Menikmati pemandangan alam dikebun ini sangat direkomendasikan, karena anda dapat merasakan kehidupan yang tenang seolah-olah berada ditengah hutan.

Wisata Dekat Kebun Buah Mangunan

Jurang Tembelan Kanigoro

Jurang Tembelan Kanigoro merupakan salah satu wisata alam yang menyuguhkan pemandangan Pegunungan Sewu dan Aliran Sungai Oyo. Tempat ini juga memiliki banyak sekali spot foto yang Instagramable dan sangat cocok bagi kamu yang gemar foto.

Alamat Jurang Tembelan Kanigoro berada di Mangunan, Dlingo, Bangul, Yogyakarta.

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung merupakan wisata alam bantul yang menyuguhkan berbagai pemandangan alam yang memukau. Saat pagi hari, wisatawan dapat melihat lautan awan seolah-olah sedang berada di Negerti di Atas Awan.

Alamat Bukit Panguk Kediwung berada di Kediwung, Mangunan, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang kebun buah mangunan dlingo bantul yang cukup terkenal di jogja. Selain itu, anda juga bisa mengunjungi tempat wisata kulon progo yang terkenal yang beradi di sebelah barat bantul. 

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.