Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Baru Bantul, Pemandangan Kincir Angin Raksasa

Pantai Baru Bantul

Pantai Baru Harga Tiket: Rp4.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Punsosari, Srandakan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Pantai Baru - Bantul menyimpan banyak destinasi wisata pantai yang sangat indah. Terdapat salah satu tempat wisata yang memikat wisatawan untuk datang, nama wisata tersebut adalah Pantai Baru. 

Pantai Baru Bantul merupakan pantai yang paling muda di jogjakarta, wisata ini diresmikan pada tahun 2010 lalu. Dahulu pantai ini hanya dikunjungi oleh beberapa wisatawan dan para nelayan. Terdapat inisifatif dari nelayan untuk memanfaatkan pantai ini mennjadi sumber penghasilan.

Sepulang dari melaut mereka ingin mengawetkan ikan segar hasil tangkapanya di ruangan es. Namun, untuk menyediakan persedian es sangatlah sulit, karena tidak adanya akses listrik untuk menjadikan tempat tersebut dibangun pabrik es.

Karena hal tersebut, mereka mempunyai inisiatif untuk meminta bantuan kepada pemerintah sekitar untuk menyedikan tempat produksi es batu. Kebetulan pada saat itu, mentri sedang mengembangkan pemanfaatan teknologi angin. Akhirnya dibangun lah beberapa solar cell dan kincir angin disekitar pantai.

Pantai Baru Bantul, Pemandangan Kincir Angin Raksasa
Gambar Pantai Baru Yogyakarta (Picture Ig/ pantaibarubantul)

Bagi anda yang minim biaya juga bisa bersantai di tepi pantai dengan menggunakan tikar. Hawa di sekitar pantai cukup sejuk dan tidak panas, apalagi terdapat beberapa pohon cemara yang menghiasi di setiap tempat. Hal uniklainya yang akan anda jumpai adalah keberadaan Kincir Angin PLTH (Pembangkit Listrik Tenaga Hybrid) merupakan tenaga surya dan angin yang berada di pinggir jalan sebelum memasuki pantai.

Baca Juga: Tempat Wisata di Kulon Progo

Lokasi Pantai Baru Bantul

Wisatawan yang akan mengunjungi pantai ini tidak perlu khawatir, lokasinya yang berada di jalan provinsi membuat aksesnya sangat mudah. Hal yang menjadi kendala adalah jarak pantai dengan pusat kota jogja sedikit jauh.

Pantai ini mudah di jangkau dengan menggunakan kendaraan motor maupun kendaraan pribadi karena lokasinya yang berada di pinggir kota. Letak Pantai Baru berada di Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini berbatasan langusung dengan Pantai Kuwaru dan Pantai Pandansimo.

Rute Menuju Pantai Baru Bantul

Wisatawan dapat menggunakan rute pantai baru bantul ini jika berada di pusat kota jogja. Pertama arahkan kendaraan anda ke selatan melalui Jl Brigjen Katamso lalu lanjutkan perjalanan menuju Jl Parangtritis.

Setibanya di Jl Parangtritis arahkan kendaraan anda menuju pertigaan lalu ke barat melalui Jl Cepit Tembi, sesampainya di pertigaan ambil arah ke selatan lalu melewati Jl Bantul terus Jl Wahid Hasyim. Setibanya di Jl Wahid Hasyim lurus sampai menemukan perempatan, lalu ke barat melalui Jl Srandakan. Pantai ini berada tak jauh dari jalan srandakan.

Jarak dari Malioboro menuju Pantai Baru kurang lebih 32 kilometer dan membutuhkan watku perjalanan kurang lebih 1 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Harga Tiket Pantai Baru Bantul

Wisatawan yang akan menikmati pemandangan kincir angin raksasa dan keindahan pantai tidak perlu merogoh kocok terlalu dalam untuk bisa pergi ke belanda. Harga Tiket Masuk Pantai Baru sendiri sebesar Rp4.000 per orang.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan untuk mobil Rp5.000.
  • Parkir Minibus Rp10.000
  • Parkir Bus Rp15.000

Fasilitas Pantai Baru Bantul

Wisatawan yang berkunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang sudah dibangun oleh warga sekitar dan pemerintah terkait. Pihak pengelola pantai berharap supaya pengunjung yang datang menjaga serta merawat fasilitas dengan salah satunya tidak membuang sampah sembarangan. Beberapa fasilitas di antaranya:
  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Kamar Mandi
  • Warung Makan
  • Wahana ATV
  • Kolam renang
  • Tempat Ganti
Berkunjung ke pantai ini anda dapat menikmati berbagai wahana untuk anak, wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin mengajak teman, sahabat maupun keluarga.

Jam Buka Pantai Baru
Objek wisata ini masih dikelola oleh masyarakat setempah, sehingga belum memiliki jam oprasional. Artinya wisatawan dapat berkunjung kapan saja di pantai ini.

Daya Tarik Pantai Baru Bantul

Pantai Baru Bantul, Pemandangan Kincir Angin Raksasa
Pohon Cemara (Picture Ig / radjasiddiq)
1. Kincir Angin Raksasa
Sebelum sampai di objek wisata anda dapat menyusuri Jalur Lintas Selatan (JLS) di pesisir kabupaten bantul. Sepenajang jalan tersebut anda dapat melihat berbagai objek wisata bantul mulai dari pantai trisik hingga pantai jogan. Saat memasuki kawasan pantai, anda akan disuguhkan dengan pemandangan patung berbentuk hiu dan harimau. Patung tersebut menjadi ikon, karena pantai tersebut dahulu digunakan sebagai tempat pertapaan bagi kerabat Kraton Yogyakarta.

Hal yang berberda dari pantai lainya adalah keberadaan kincir angin dengan ukuran yang cukup besar. Kincir angin tersebut menjadi sumber listrik bagi masyarakat setempat.


2. Pepohonan Cemara
Setibanya di pantai, pengunjung dapat menikmati rimbunya pohon cemara yang berada di sepanjang pesisir pantai. Wisatawan juga dapat bersantai bersama keluarga dengan menggelar tikar di bawah pohon.

Bagi pengunjung yang tidak membawa tikar, bisa menyewa di tempat penyewaan tikar dengan membayar Rp10.000 per tikar. Selain itu juga terdapat salah satu wahana ATV, pengunjung bisa menyewa Rp30.000 per 15 menit untuk berkeliling menyusuri pantai.

3. Kuliner Laut
Berkunjung ke pantai tak lengkap rasanya jika belum mencoba kuliner lautnya yang masih segar. Terdapat berbagai warung kuliner pantai baru jogja di sisi barat dan timur dengan harga yang bersahabat tentunya. ada juga warung kuliner seafood yang masih segar, lokasinya berada di dekat tempat pelelengan ikan (TPI).

4. Menikmati Sunset
Sama halnya dengan wisata pantai lainya, tempat ini juga memiliki spot untuk menikmati sunset yang sangat cantik. cantiknya senja dan deburan ombak sore hari serta sambil menikmati olahan seafood tentu akan menjadi kenikmatan tersendiri. Pengunjung juga bisa mengabadikan dengan berofoto ria, waktu yang tepat untuk menyaksikan sunset adalah sebelum magrib tiba.

5. Pelepasan Tukik
Selain memiliki pesona yang indah, pantai juga di gunakan sebagai tempat konservasi berbagai penyu. Para pengelola dan masyarakat sekitar berkeja sama untuk mengelola konservasi ini menjadi tempat penetasan penyu.

Saat bulan-bulan tertentu masyarakat mulai melepas anak penyu ke laut. Waktu ini yang sangat di nantikan oleh pengunjung untuk ikut serta melepas tukik ke bibir pantai.

Tips Berwisata di Pantai Baru Bantul

  • Membawa perlengkapan selama liburan seperti pakian ganti, makanan maupun minuman.
  • Membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan moment
  • Jika anda berasal dari luar kota sebaiknya membawa power bank untuk mengatisipasi batre kamera atau hp habis.
  • Jika bisa berenang dan di perbolehkan bisa membawa baju ganti.

Wisata Dekat Pantai Baru Bantul

  • Pantai Pandansimo
  • Pantai Kuwaru
  • Pantai Goa Cemara
  • Pantai Cemara Udang
  • Pantai Trisik
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang pantai baru bantul. Wisatawan juga bisa mengunjungi tempat wisata bantul lainya yang tak kalah bagus. Selamat berlibur jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak dan jaga tubuh.