Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Pandansari Bantul, Spot Foto Menara Mercusuar

Pantai Pandansari Bantul

Pantai Pandansari Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon:0815-8067-666 - Alamat: Wonoreto, Gadingsari, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Pantai Pandansari - Kabupaten memang menyimpan banyak destinasi wisata yang wajib di kunjungi saat berlibur di jogja. Berbicara bantul memang tidak asing dengan salah satu tempat wisatanya yang menarik seperti Kebun Buah Mangunan, Puncak Becici dan Pantai Parangtritis dan Pantai Gunung Kidul. Terdapat salah satu wisata pantai di bantul yang memiliki pesona yang indah, nama wisata tersebut yaitu Pantai Pandansari.

Pantai Pandansari merupakan salah satu pantai yang memiliki pasir hitam di sepanjang bibir laut. Sama halnya dengan pantai yang berada di bantul, Pantai Pandansari Jogja memiliki pohon cemara yang rindang di sepanjang pantai. Suasana yang sejuk dan dingin membuat wisatawan betah berlama-lama di pantai.

Selain memiliki tempat yang bagus, pantai ini juga memiliki hal unik yaitu keberadaan Mercusuar yang menjulang tinggi. Mercusuar ini di bangun pada tahun 1996 dan berfungsi sebagai rambu atau sinyal bagi kapal yang berlayar pada malam hari.

Dari puncak mercusuar, pengunjung akan di suguhkan dengan pemandangan yang cantik. Pengunjung dapat melihat beberapa pantai yang berada di Kulon Progo dan Bantul yang nampak dengan jelas. Pengunjung yang akan menikmati pemandangan dari puncak mercusuar harus berjalan kaki meyusuri tangga terlebih dahulu.

Pantai Pandansari Bantul, Spot Foto Menara Mercusuar
Mercusuar Pantai Pandansari (Picture Ig / TripNusantara)

Berada di dekat pantai, terdapat sebuah agrowisata kebun buah naga. Kebun buah ini menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki buah yang merah dan segar. Biasanya pengunjung mampir terlebih dahulu ke kebun buah naga sebelum melanjutkan perjalanan ke pantai.

Baca Juga: Pantai Pandansimo, Pesona Pohon Cemara

Lokasi Pantai Pandansari

Wisatawan dapat dengan mudah menemukan lokasi wisata ini, Lokasi Pantai Pandansari berada di Wonoreto, Gadingsari, Kecamtan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota jogja menuju lokasi wisata sekitar 22 kilometer dan membutuhkan waktu perjalnan kurang lebih 50 menit dengan lalu lintas normal.


Rute Menuju Pantai Pandansari

Bagi anda yang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini untuk menuju lokasi wisata. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Bantul atau Jl Samas lalu menuju Jl Lintas Selatan yang berada di Karang Suwung. Selanjutnya, arahkan kendaraan anda menuju Jl KH Wahid Hasyim sampai di Jl Suryowijayan.

Setibanya di Jl Suryowijayan arahkan kendaraan anda menuju Jl Sugeng Jeroni kemudian ambil arah ke kanan menuju Jl Bantul lalu menuju Jl Jendral Sudirman. Selanjutnya arahkan kendaraan anda menuju Jl Lintas Selatan kemudian ambil arah ke kiri menuju Jl Pantai Goa Cemara dan belok ke kiri, sampailah di tujuan.

Setelah melakuan perjalanan sejauh 12 kilometer, anda akan tiba di gardu depan untuk melakukan retribusi terlebih dahulu. Terdapat hal unik yaitu sekali retribusi anda sudah bisa memasuki berbagai pantai termasuk pantai samas.

Baca Juga: Pantai Baru, Pemandangan Kincir Angin Raksasa

Harga Tiket Masuk Pantai Pandansari

Wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini tidak perlu khawatir mengenai harga tiket, karena wisata ini tergolong wisata yang bersahat. Harga Tiket Masuk Pantai Pandansari sebesar Rp3.000 per orang. Sedangkan pengunjung yang membawa kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk parkir mobil.

Fasilitas Pantai Pandansari

Wisata ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, pihak pengelola pantai selalu memperhatikan kondisi fasilitas umum. Pengunjung yang datang harus menjaga fasilitas dan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, beberapa fasilitas di antaranya:
  • Tempat Parkir
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Tempat Sampah
  • Tempat santai

Daya Tarik Pantai Pandansari

Berkunjung ke pantai supaya otak bisa fresh akibat bekerja seharian memang sangat di rekomendasikan. Apalagi wisata tersebut memiliki pemandangan hijau yang menyejukan, di pantai ini anda bisa mencoba berdiri di atas mercusuar dengan tinggi 50 meter untuk menikmati pemandangan yang keren.
Pantai Pandansari Bantul, Spot Foto Menara Mercusuar
Mercusuar Pantai Pandansari (Picture Ig / Damaqoriy)
1. Mercusuar Pantai Pandansari
Jika anda mengamati dengan jelas, terdapat sebuah mercusuar yang berdiri tegak di pinggir pantai. Mercusuar ini memiliki warna putih yang bisa anda gunakan untuk menikmati pemandangan laut biru yang indah. Mercusuar di bangun pada tahun 1996 dan di resmikan pada tahun 1997.

Bagi pengunjung yang ingin mencoba menaiki mercusuar akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang. Selain itu, pengunjung yang akan mencoba menaiki mercusuar ini akan di batasi kurang dari 10 orang. Hal tersebut bertujuan untk tetap menjaga keaman supaya tidak berdesakan terutama saat berfoto di puncak mercusuar.

2. Agro Wisata Buah Naga
Hal unik yang akan pengunjung dapatkan sebelum sampai di pantai adalah keberadaan kebun buah naga. Setibanya di kebun buah, pengunjung dapat memetik secara langsung buah naga dari pohonya. Selain itu, buah naga yang masih segar dari kebun menjadi hal unik tersendiri bagi pengunjung yang menyukai buah naga.

3. Spot Foto Instgramable.
Berkunjung ke pantai kurang lengkap rasanya jika belum mendapatkan foto yang baus. Apalag pantai ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Sebelum anda meninggalkan pantai ini alangkah baikya untuk mengabadikan moment terlebih dahulu.

Beberapa spot foto yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan hasil foto terbaik adalah di atas menara mercusuar. Setibanya di puncak menara, anda dapat melihat landscape lautan biru yang cantik di tambah dengan keberadaan pohon cemara rimbun yang membuat mata kembali segar.

Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat menikmati pantai dengan bersantai di bawah pohon cemara yang rimbun. Untuk menambah keseruan saat berlibur anda juga bisa membeli maknan di warung-warung sekitar pantai. Hal unik selanjutnya adalah pemandangan matahari tenggelamnya yang sangat menawan.

Wisata Dekat Pantai Pandansari
  • Gumuk Pasir Parangkusumo
  • Pantai Depok
  • Pantai Parangtritis
  • Pantai Goa Cemara
  • Pantai Baron
Penutup
Berikut di atas ulasan tentang wisata pantai pandansari bantul dari yanacircle.com. Selain memiliki cirikhas berupa keberadaan mercusuar pantai memiliki kebun buah naga yang dapat anda kunjungi. Bagi anda yang ingin mencoba tempat lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di bantul yang tak kalah bagus. Tetap menjaga prokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.