Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Samas Jogja, Pesona Laguna yang Mempesona

Pantai Samas Jogja

Pantai Samas - Daerah bantul memang menyimpan banyak tempat wisata yang bagus mulai dari pemandangan alam, budaya, kuliner hingga sunset. Pantai Samas merupakan salah satu wisata yang cukup terkenal di telinga masyarakt jogja. 

Pantai ini memliki panorama yang cantik di tambah dengan keberadaan danau air tawar yang membentuk telaga, danau ini biasanya di gunakan oleh nelayan untuk budidaya ikan dan udang galah.

Sejarah Pantai Samas juga terkenal dengan penagkaran penyu-penyu mulai dari penyu blimbing, penyu sisik hingga penyu hijau. Garis pantai ini memiliki medan yang cukup curam sehingga para wisatawan harus berhati-hati jika ingin berenang karena berbahaya, apalagi kebedaraan ombak boleran.

Saat berada di pantai, pengunjung juga dapat menyaksikan acara adat yang di adakan pada hari-hari tertentu. Biasanya masyarakat sekitar melakukan Upacara Kitab Tumuring Maheso Suro dan Labuhan Sedekah yang biasanya di adakan setiap malam tahun baru islam atau satu suro. 

Pantai Samas Jogja, Pesona Laguna yang Mempesona
Pemandangan Sunset (Picture Ig / DanisSuwaWijaya)

Upacara adat ini di lakukan oleh masyarakat sekitar Sanden untuk mengenang jasa pahlawan Maheso Suro. Legenda ini berawal dari kemiskinan yang melanda masyarakat Sanden, masyarakat lalu memohon kepada sang pencipta agar keluar dari jurang kemisikinan.

Baca Juga: Pantai Glagah Kulon Progo

Lokasi Pantai Samas Jogja

Wisatawan luar daerah dapat menemukan dengan mudah alamat pantai ini. Pantai Samas Berada di sebelah barat PantaiParangtritis, tepatnya berada di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Samas Jogja

Perjalanan menuju Pantai Samas dapat dengan mudah di lalui menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Dari pusat kota Jogja, arahkan kendaraan anda menuju Jl Brigjen Katamso, lurus melewati Jl Parangtritis. 

Lanjutkan perjalanan menuju pertigaan jalan ke barat menuju Jl Cepit - Tembi. Sesampainya di Cepit - Tembu arahkan kendaraan anda menuju Jl Bantul lalu menuju Jl Samas. Ikuti saja Jl Samas sampai menemukan papan penunjuk arah menuju Pantai Samas Jogja.

Perjalanan dari pusat kota Jogja sampai ke lokasi sejauh 27 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam dengan menggunakan kendaraan motor. Waktu tempuh bisa lebih cepat tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Pantai ini memiliki jalan yang bagus, sehingga dapat di lalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Sepanjang perjalanan anda akan di suguhkan dengan pemandangan hamparan hijau sawah dan pohon kelapa yang berada di pinggir jalan.

Jam Buka Pantai Samas Jogja

Seperti halnya dengan wisata pantai lainya yang berada di jogja bagian selatan, Pantai Samas buka mulai dari jam 07.00 pagi, dan tutup pada jam 06.00 sore. Waktu yang paling bagus adalah saat sore hari, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan sunset yang sangat cantik.

Harga Tiket Masuk Pantai Samas Jogja

Pengunjung yang akan menikmati keindahan pantai samas akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp4.000 per orang. Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan motor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil. Biaya yang sangat untuk menikmati liburan di pantai jogja.

Pengunjung yang akan menikmati keindahan Sun Flower Garden dan Jembatan Bambu, wisatawan akan di kenakan biaya terpisah. Biaya tersebut sebesar Rp5.000 per orang untuk sekali masuk.

Fasilitas Pantai Samas Jogja

Pantai di bantul ini memilik fasilitas yang cukup lengkap, wisatawan dapat menggunakan berbagai fasilitas yang sudah tersedia. Pengelola berharap, pengunjung turut menjaga serta merawat, fasilitas tersebut di antaranya:
  • Tempar Parkir
  • Mushola
  • Kamar Mandi
  • Warung Makan
  • Wahana Bermain
  • Spot foto
  • Penginapan
  • Terminal
  • Gardu Sar

Daya Tarik Pantai Samas Jogja

Pantai Samas Jogja, Pesona Laguna yang Mempesona
Subflower Garden Pantai Samas (Picture Ig / refistjendi)
1.Koservasi Penyu
Pantai ini juga di jadikan tempat konsevansi berbagai jenis penyu. Biasanya pada musim penyu, penyu datang ke pinggir pantai untuk menetaskan telur dengan cara menggali pasir di tepi pantai. Beberapa penyu tersebut di antaranya penyu sisik, penyu bimbing dan penyu hijau.

Program konservasi ini merupakan program dari masyarakat sekitar dan pemerintah terkait untuk melestarikan dan menjaga keberadaan penyu supaya tetap meningkat keberadaanya. Selain itu, terdapat pengelola konservasi, mereka juga mengembangbiakan penyu dengan metode semi alami. Pada saat musim tertentu, kelompok konservasi melepaskan anak penyu ke laut.

2. Laguna Pengklik Samas
Laguna pantai samas atau yang biasa di sebut dengan pengklik terbangun di muara sungai Kali Opak. Laguna ini berbatasan langsung dengan laut oleh delta sungai Opak. Menurut penelitis geolog, delta ini memiliki tekstuk kerasan dan tahan abrasi, karena terbuat dari material letusan gunung merapi yang terbawa oleh sungai kali opak.

Laguna ini berada di sebelah timur pantai. pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas mulai dari perahu, gardu pandang, wisata kuliner, wahana bermain anak hingga tempat memancing. Baru-baru ini pihak pengelola membangun jembatan bambu sepanjang 200 meter sebagai penghubung delta dan daratan.

3. Jembatan Bambu Pantai Samas
Selain memiliki keindahan pantai yang memukau, pantai ini juga memiliki spot foto yang tak kalah bagus untuk di jadikan latar belakang. Terdapat jembatan bambu yang memanjang, jembatan ini berada di Pesona Pengklik.

Dengan panjang kurang lebih 210 meter dan lebar 1 meter, pembangunan jembatan ini membutuhkan kurang lebih 4 ribu pohon bambu dan menghabiskan dana 60 juta rupiah.

4. Subflower Garden
Selain memiliki panorama pantai yang bagus, pengunjung juga dapat menikmati Sunflower Garden. Kebun bunga ini bangun atas inisiatif masyarakat sekitar untuk memikat pengunjung.

Walau berukuran kecil, kebun bunga ini memiliki pemandangan yang tak kalah bagus dengan wisata kebun matahari di magelang. Pengunjung yang akan berfoto di taman bunga matahari akan di kenakan biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang.

Wisata Dekat Pantai Samas
Beberapa wisata yang bisa anda kunjungi di sekitar pantai, di antaranya:
  • Perengan Park
  • Pantai Goa Cemara
  • Gumuk Pasir Parangkusumo
  • Pantai Parangtritis
  • Taman Bunga Matahari
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang pantai samas yang berada di jogja. Bagi anda yang ingin mencoba suasana baru, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di bantul lainya yang tak kalah cantik.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.