Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Sanglen, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul

Pantai Sanglen Gunung Kidul

Pantai Sanglen - Gunung Kidul memang menjadi daerah yang harus anda kunjungi ketika berlibur ke jogja. Pantai Sanglen merupakan salah satu wisata pantai di gunung kidul yang memiliki pemandangan yang memukai. Hal unik lainya, pantai ini masih asri dan belum banyak di ketahui oleh wisatawan.

Pantai Sanglen memiliki pasir putih yang indah dengan kombinasi air laut yang berwarna biru ke-hijuan. Selain memiliki pasir putih, pantai iji juga memiliki pemandangan pohon cemara yang membentang di bibir pantai dan dapat anda gunakan untuk bersantai sambil menikmati deburan ombak.

Hal yang harus anda perhatikan sebelum mengunjungi wisata ini adalah akses menuju pantai masih sulit di jangkau. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi harus memparkiran kendaraan di Pantai Watu Kodok yang lokasinya tidak jauh. Setibanya di parkiran, perjalanan di lanjutkan dengan jalan kaki melewati persawahan.

Pantai Sanglen, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul
Pantai Sanglen Gunung Kidul (Picture Ig / fifidwi)

Pantai ini juga cocok bagi anda yang gemar menikmati alam dengan camping bersama teman, sahabat bahkan keluarga. Karena tempatnya yang masih sepi dan suasana masi alami tentu membuat camping semakin berkesan. Selain itu, pantai ini memiliki kebersihan yang cukup bagus, terbukti sepanjang pantai tidak di temukan sampah bekas.

Baca Juga:  Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo

Lokasi Pantai Sanglen

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi wisata ini harus bersabar karena akses menuju pantai masih sulit di jangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun motor. Anda harus parkir di Pantai Watu Kodok terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk sampai di lokasi.

Lokasi Pantai Sanglen berada di Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta 55881. Untuk mempermudah, sebaiknya anda mengggunakan goggle maps dengan tujuan parkiran pantai Watu Kodok. 

Jarak tempuh dari kota jogja menuju lokasi sekitar 60 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam 50 menit tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Rute Menuju Pantai Sanglen

Untuk menuju pantai sanglen wisatawan yang dari pusat kota jogjga bisa menggunakan rute sebagai berikut. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Raya Panggang Wonosari lalu menuju Jl Watu Kodok yang berada di Ngalos. Setibanya di Ngalos arahkan kendaraan anda menuju Jl Panembahan Senopati dan menuju Jl Secondiningrat.

Sesampainya di Jl Secodiningrat arahkan kendaraan anda menuju Jl Brigjend Katamso lalu menuju ke Jl Kolonel Sugiono ambil arah ke kanan menuju Jl Sisingamaraja kemudian ambil arah menuju Jl Imogiri Batat dengan melewat indomaret karangkajen.

Sebelum sampai di polres ambil arah ke kanan menuju Jl Baron lalu ke Jl Karangkajen kemudian ambil arah menuju Pertigaan Mulo ambil arah ke kiri lagi menuju Jl Bintaos - Tepus kemudian ke kanan hingga menemukan pantai.

Pantai Sanglen, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul
Hal unik keberadaan rumput laut ( Picture Ig / jogjascenery)

Harga Tiket Masuk Pantai Sanglen

Selain memiliki pasir putih yang cantik, pengunjung juga dapat menikmati keindahan pantai dengan camping. Harga Tiket Masuk Pantai Sanglen Rp10.000 per orang. harga tersebut juga sudah satu tiket dengan Pantai Watu Kodok. Pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp10.000 dan Rp5.000 untuk motor.

Jam Buka Pantai Sanglen

Untuk saat ini, Pantai Sanglen buka 24 jam dan beroprasi setiap hari. Selama musim liburan biasanya tempat ini menjadi primadona untuk camping.

Fasilitas Pantai Sanglen

Memiliki pemandangan yang indah, sayangnya belum terdapat fasilitas yang cukup. Karena akses menuju lokasi yang cukup sulit, pantai belum memiliki fasilitas seperti Kamar mandi, warung makan yang masih minim hingga akses menuju lokasi yang masih sulit.

Tapi bagi anda yang ingin menikmati kesunyian dan keasiran alami, pantai ini sangat di rekomendasikan untuk kalian sambangi.

Daya Tarik Pantai Sanglen

1. Pantai yang masih Sepi
Pantai yang berada di Gunung Kidul ini dulunya adalah pantai biasa yang banyak semak-semak liar di setiap sudutnya. Bahkan lokasinya jarang di ketahui oleh penduduk lokal karena tertutup oleh semak belukar.

Akhir-akhir ini pantai ini menjadi perbincangan banyak masyarakat indonesia khusunya masyarakat jogja karena memiliki pemandangan yang hampir mirip dengan bali. Pemandangan ini terjadi akibat tempat ini masing jarang di jamah oleh manusia.

Sebagian wisatawan tentu lebih memilih pantai Wohkudu, Drini dan Watukodok karena memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Tidak heran jika suatu saat pantai Sanglen menjadi destinasi favorit wisata gunung kidul. Lokasinya yang berada di antara perbukitan dan garis pantai yang panjang dengan pasir putih yang cantik.

Baca Juga: Pantai Samas, Pesona Laguna Pangklik

2. Camping Ground
Keindahan pasir putih serta hamparan laut biru yang sangat cantik membuat wisatawan betah berlama-lama di pantai ini. tidak heran jika mereka lebih memilih mendirikan tenda di camping ground yang sudah tersedia di bibir pantai.

Dengan medan yang datar dan lokasnya yang cukup bersih di tambah lagi keberadaan pepohonan yang cukup rimbun membuat aktivitas camping menjadi lebih seru. Biasanya pengunjung yang akan mendirikan tenda harus bertanya terlebih dahulu kepada petugas, apakah tempat ini sudah di booking atau belum. Jika perlu tanyakan kepada petugas tempat mana yang masih bisa untuk mendirikan tenda.

Bagi anda yang ingin bermalam di pantai gunung kidul ini harus mempersiapkan dengan matang perbekalan yang harus di bawah seperti maknan, minuman dan perlengkapan lainya. Hal tersebut karena di sekitar pantai tidak ada warung yang menjual makanan.
Pantai Sanglen, Surga Tersembunyi di Gunung Kidul
Pantai Sanglen Camp ( Picture Ig / zogireza)
3. Tumbuhan Pantai
Tempat ini tidak berbeda jauh dengan wisata pantai gunung kidul pada umumnya. pantai yang di ampit dua perbukitan sekaligus ini memliki hal unik yaitu terdapat phpn cemara laut atau yang biasa di sebut dengan cemara udang. Sejak dulu pepohonan ini memang sudah ada dan di gunakan sebagai tempat untuk berteduh.

Hal uniklainya adalah terdapat biota laut seperti rumut laut, rambut gimbal dan menggulung gulung ikal. Memang, jumlah rumut laut tidak banyak seperti biasanya karena air sedang pasang.

Wisata Dekat Pantai Sanglen

  • Pantai Wohkudu
  • Pantai Drini
  • Pantai Sedahan
  • Pantai Ngrumput
  • Pantai Jungwok
  • Pantai Kukup
  • Pantai Seruni
Penutup
Berikut di atas artikel dari yanacircle.com tentang pantai sanglen di gunung kidul. Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata di gunung kidul ini harus mempersiapkan dengan mateng baik perbekalan maupun kondisi kendaraan, tetap patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker.

Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.