Pantai Wediombo Gunung Kidul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Pantai Wediombo Gunung Kidul

Pantai Wediombo Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: Alamat: Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Pantai Wediombo – Kabupaten Gunung Kidul memang terkenal dengan destinasi wisata pantainya yant terkenal. daerah ini memiliki banyak wisata yang menarik terutama kebedaraan pantai berpasir putih yang cantik. Salah satu wisata pantai yang memiliki pemandangan yang memukau adalah Pantai Wediombo.

Akhir-akhir ini pantai wediombo menjadi salah satu wisata pantai di gunung kidul yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berlibur di jogja. Pantai ini juga terkenal dengan keberadaan lagunanya yang memiliki air jernih tentu menjadi penasaran para wisatawan. 

Laguna sendiri merupakan cekungan yang memiliki dimensi cukup besar dengan batuan karang yang berada di kanan-kirinya.

Pantai Wediombo, Tempat Surfing Terbaik di Jogja
Pemandangan Pantai Wediombo (Picture Ig / rudicayo)
Laguna Pantai Wediombo memiliki kedalaman kurang lebih 1 setengah meter atau setara dengan dada orang dewasa. Meskipun memiliki ombak yang cukup besar, laguna pantai wediombo sangat aman di gunakan untuk berenang karena lokasinya yang di himpit dengan bebatuan karang yang besar serta memiliki fungsi sebagai pemecah ombak.

Selain laguna, pasir putih yang menjadi ciri khas pantai gunung kidul mejadi nilai tambah dari pantai wediombo jogja.
Baca Juga: Pantai Jungwok: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Sejarah Pantai Wedi Ombo

Nama Wedi Ombo merupakan nama yang berasal dari bahasa jawa. Jika di artikan pantai ini memiliki Wedi yang berarti pasir dan Ombo yang berarti luas. Jadi, pantai wedi ombo merupakan pantai yang memiliki pasir yang luar.

Setibanya di pantai, pengunjung dapat melihat warna air biru di tambah dengan keberadaan karang serta pasir putih yang menjadikan pantai ini menjadi salah satu pantai terbaik di gunung kidul.

Lokasi Pantai Wediombo

Alamat Pantai Wediombo berada di Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Setibanya di tempat parkir, anda harus berjalan kaki sejauh 200 meter dan meneruni anak tangga sebelum sampai di lokasi pantai.

Rute Menuju Pantai Wediombo

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini dapat menggunakan rute ini jika sedang berada di pusat kota jogja. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Wonosari selanjutnya arahkan kendaraan anda menuju Pasar Argosari Wonosari ikuti jalan tersebut sampai di pertigaaan.

Setibanya di pertigaan, lanjutkan perjalanan menuju Jl Baron terus sampai bertemu dengan pertigaan lalu ambil arah menuju Pantai Indrayanti – Pantai Ngobaran. Selanjutnya, arahkan kendaraan anda menuju Pasar Jepitu kemudian ambil ke kanan untuk menuju lokasi wisata.

Jarak dari pusat kota jogja sampai di pantai sekitar 75 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam 30 menit dengan kondisi lalu lintas normal

Baca Juga: Pantai Nglambor: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Pantai Wediombo

Bagi wisatawan yang akan memasuki kawasan wisata pantai wediombo akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga yang cukup bersahabat di kantong dan sebanding dengan pemandangan yang akan anda dapatkan nantinya.

HARGA TIKET PANTAI WEDIOMBO
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 5.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Pantai Wediombo

Pantai ini juga memiliki beberapa fasilitas yang cukup lengkap dan bisa pengunjung gunakakan. Wisatawan yang datang di haruskan untuk menjaga serta merawat fasilitas yang tersedia. 

Selain itu, wisatawan yang berkunjung di haruskan menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Beberapa fasilitas tersebut di antaranya:
  • Tempar Parkir
  • Kamar Mandi
  • Mushola
  • Penginaoan
  • Warung Makan
  • Papan Informasi

Jam Buka

Wisatawan dapat mengunjungi wisata ini kapan saja, karena menyediakan tempat camping pantai wediombo buka setiap hari selama 24 Jam.

Penginapan Pantai Wediombo

Bagi wisatawan yang berasal dari luat daerah bisa menggunakan jasa penginapan yang sudah di sediakan oleh pengelola. Tarif penginapan di pantai wediombo beraneka ragam mulai dari Rp200.000 hingga Rp400.000 per malam. Meskipun harganya cukup mahal, namun fasilitas yang di sediakan sangat memadai.

Daya Tarik Pantai Wediombo

Tidak hanya terkenal dengan pasir putihnya yang cantik, pantai ini juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Teluk Pantai

Pantai Wediombo, Tempat Surfing Terbaik di Jogja
Bebatuan Karang di Pinggir Pantai (Picture Ig / silvialrst)

Pantai yang terletak di gunung kidul ini memiliki hal unik yaitu kebedaraan seperti teluk yang cukup lebar. Di sebelah kiri dan kanan terdapat bebatuan karang yang terlihat asri karena di tumbuhi beberapa pohon yang hijau. 


Menariknya lagi, pantai ini juga memiliki kolam renang alami yang terbentuk akibat abrasi air laut yang terjebak di dalam kubangan. Pengunjung juga dapat berenenang di kubangan ini dengan tetap berhati-hati.

Tempat Surfing

Siapa sangka bahwa di pantai ini pengunjung dapat melakukan wahana air seperti surfing. Bagi wisatawan yang mempunyai hobby surfing, pantai ini sangat di rekomendasikan untuk di kunjungi. Ombak yang kecil menjadi alasan utama bagi pegiat surfing. Pengunjung yang ingin mencoba wahana tersebut harus di pandu dengan orang yang sudah ahli.

Berbagai Macam Kuliner

Setibanya di lokasi, pengunjung dapat menemukan berbagai warung yang menjajakan aneka ragam makanan laut mulai dari ikan, udan, lobster, ikan kerapu, udang, cumi ikan nila dan berbagai makanan laut lainya. Rasa makanan yang di warung-warung tidak kalah enak dengan restorant seafood lainya.

Camping Ground

Memiliki pasir putih yang cantik di tambah lokasinya yang luas menjadikan pantai ini salah satu tujuan bagi wisatawan yang menyukai kegiatan camping. Pada musim liburan banyak sekali wisatawan yang memadati wisata ini hanya untuk bermalam untuk menikmati suasana pantai yang tentram. 

Bagi anda yang ingin camping di pantai ini pastikan membawa perbekalan yang cukup.

Wisata Dekat Pantai Wediombo

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok memiliki garis pantai yang sedikit melengkung. Meskipun tidak terlalu luas, pantai ini terkenal dengan tempatnya yang sangat bersih. Suasananya yang masih asri serta sepi membuat wisatawan terkisama dengan pantai ini.

Alamat Pantai Jungwok berada di Pendowo, Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor merupakan salah satu wisata pantai yang banyak diminati oleh wisatawan. Selain memiliki pemandangan yang indah, pantai ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Pihak pengelola wisata juga menyediakan aktivitas Snorkeling bagi wisatawan yang akan mencoba.

Alamat Pantai Nglambor berada di Purwodadi, Kec. Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Penutup
Berikut di atas merupakan ulasan dari yanacircle.com tentang wisata pantai wediombo gunung kidul. Bagi anda yang ingin merasakan suasana wisata lainya bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *