Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puncak Becici Jogja, Wisata yang cocok bagi Penikmat Senja

Puncak Becici

Puncak Pinus Becici - Kabupaten Bantul terkenal dengan wisatan alamnya yang cukup terkenal seperti Pantai Parangtrits, Kebun Buah Mangunan dan Pintu Langit Dahromo. Salah satu wisata alam yang bisa anda kunjungi saat berkunjung ke jogja adalah Puncak Becici. Puncak ini berada di atas lahan seluas 4,4 hektare.

Puncak Pinus Beicici memiliki arti dari gabungan kata "ambeg" yang memliki arti berdiam diri dan kata suci. Kata tersebut memiliki cerita tersendiri bagi masyarakat sekitar. Cerita tersebut menceritakan tentang putra pendiri Desa Munthuk yang konon beliau bertapa di bukit sebelah barat hutan pinus hingga akhir hayatnya.

Menurut wisatawan yang berkunjung ke hutan pinus mangunan, mereka merasakan sensasi alam yang menenangkan dengan keindahaan alamnya dari garu pandang. Puncak ini terkenal dengan pemandangan alamnya seperti kalibiru. Wisatawan dapat melihat pemandangan hamparan pepohonan hijau dengan latar belakang kota jogja.

Puncak Pinus Becici Jogja, Wisata Bagi Penikmat Senja
Spot foto puncak becici (Foto ig / puncakbecici)

Pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan saat berada di wisata mangunan. wisata ini juga sangat cocok bagi anda yang menyukai senja. Pemandangan sunset sangat cantik jika cuaca sedang cerah, anda dapat melihat garis pantai selatan dan bayangan pepohonan pinus yang sangat cantik.

Baca Juga: Kebun Buah Mangunan Jogja, Sensasi Negeri Di Atas Awan

Lokasi Puncak Pinus Becici

Wisatawan harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh, tapi tidak perlu khawatir akeses jalan menuju puncak becici imogiri sudah sangat bagus dengan jalan yang sudah beraspal dan layak untuk di lewati. Sebelum mencapai lokasi wisata, pengunjung harus berjalanan terlebih dahulu menyusui jalan setapak untuk sampai ke hutan pinus.

Lokasi Puncak Becici berada di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi untuk menuju lokasi

Rute Menuju Puncak Pinus Becici

Rute menuju puncak pinus becici sangat mudah untuk di jangkau jika anda berada di pusat kota jogja. Wisatawan yang berada di pusat kota jogja bisa langsung menuju Jl Pangurukan kemudian ambil arah ke selatan sampai Jl Brigjen Katamso lurus sampai menemukan Jl Kolonel Sugiono.

Sesampainya di Jl Kolonel Sugiono jika menemukan pertigaan ambil arah menuju Jl Sisingamaraja, lurus sampai menemukan Jl Imogiri Barat sampai pertigaan, ambil arah ke timur ke Jl Dewa Ruci.

Setelah sampai Jl Dewa Ruci ambil arah menuju Jl Koloran, sampai di pertigaan ambil arah ke timur sampai menemukan Jl Imogiri Timur. Lanjutkan perjalanan menuju Jl Jejeran - Pleret ke selatan sampai menemukan Jl Segoroyoso lurus sampai Jl Pleret - Pathuk.

Lanjutkan perjalanan sampai menemukan perempatan lalu ambil arah selatan menuju Jl Dlingo - Pathuk, ikuti jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk lokasi menuju lokasi wisata

Total waktu perjalanan menuju puncak becici dari malioboro sekitar 50 menit dan menempuh jarak sekitar 23 kilometer dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Harga Tiket Masuk Puncak Becici

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam di wisata becici tidak perlu khawatir tentang harga tiket. Harga Tiket Masuk Puncak Becici sebesar Rp3.000 per orang, sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan motor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp.10.000 untuk mobil.
  • Parkir Bus Rp20.000
  • Camping Rp5.000 per orang
  • Gardu Pandang Rp2.000 per orang.

Fasilitas Puncak Becici

Wisatawan dapat menikmati beberapa fasilitas yang sudah tersedia, fasilitasnya pun sudah sangat mendukung. Fasilitasnya antara lain:
  • Tempar Parkir
  • Spot Foto
  • Mushola
  • Gazebo
  • Kamar Mandi
  • Camping Ground
  • Kamar Mandi

Daya Tarik Puncak Becici

1.Sunset

Wisata ini sangat cocok buat anda penikmat senja, para wisatawan biasanya menikmati senja dari gardu pandang. dari gardu tersebut wisatawan dapat melihat dengan indah pemandangan alam sekitar dengan sunset yang cantik. Hal yang sangat di nantikan ketika cuaca cerah pengunjung dapat melihat golden sunset yang menyinar pepohonan pinus yang tentunya membuat suasana lebih bagus. pemandangan seperti itu sangat di sayangkan untuk di lewatkan.

2.Gardu Pandang

Hal yang akan anda temui saat berkunjung ke puncak becici jogja adalah terdapat spot berupa gardu pandang yang di bangun oleh masyarakat setempat dan pihak pengelola. dari atas gardu pandang ini pengunjung dapat menikmati udara sejuk di tambah dengan pemandangan alamnya yang sangat menenangkan hati. Hal yang di perlu di perhatikan saat berada di gardu pandang adalah anda harus selalu berhati-hati karena tempatnya yang cukup tinggi dan tidak terdapat pengaman khusus.

3.Camping

Wisatawan yang ingin menikmati malam di hutan pinus juga dapat bermalam dengan mendirikan tenda di tempat camping ground yang sudah di sediakan. Wisatawan dapat mendirikan tenda dengan membayar retribusi sebesar Rp5.000 per orang.

4.Photo Hunting

Wisata ini juga menyediakan banyak spot foto yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Untuk mendapatkan hasil foto terbaik datanglah pada saat sore hari, kenapa sore hari? karena pemandangan sunset di puncak ini sangat cantik dengan sinar matahari keemasan.

Wisata Dekat Puncak Becici

  • Kebun Buah Mangunan
  • Hutan Pinus Mangunan
  • Goa Cerme
  • Air Terjun Lepo

Penutup

Berikut di atas adalah artikel dari yanacircle.com tentang puncak becici jogja. Bagi anda yang ingin menikmati wisata alam jogja bisa berkunjung ke tempat wisata kulon progo yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang cantik.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.