Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puncak Widosari Kulon Progo, Wisata Bongkahan Batu Raksasa

Puncak Widosari Kulon Progo

Puncak Widosari Samigaluh - Puncak Widosari merupakan salah satu wisata yang berada di kulon progo. Menurut cerita masyarakat yang beredar, dahulu tempat ini di jadikan tempar pertapaan Pangeran Diponegoro. Wisata ini di resmikan pada tahun 2012 lalu. Pengunjung yang ingin mencapai puncak harus melewati jalan setapak. Hal yang harus di perhatikan saat menuju puncak widosari harus berhati-hati karena jalan sedikit licin. Top Widosari memiliki ketinggian 1017 mdpl. 

Objek wisata ini memiliki ciri khas yaitu terdapat sebuah bongkahan batu raksasa yang sangat megah. Spot batu tersebut menjadi daya tarik tersendiri karena lokasinya yang berada di perbukitan menoreh. Pengunjung yang sampai di puncak dapat melihat Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan pemandangan perbukitan menoreh yang hijau.

Puncak Widosari Kulon Progo, Wisata Bongkahan Batu Raksasa

Gunung Widosari sangat cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi di pegunungan yang tenang. elain itu, tempat ini menjadi tujuan fotografer. Menurut fotografer peak Widosari memiliki pemandangan hijau yang sangat cantik. Wisatawan dapat menyaksikan pemandangan wisata kulon progo lainya dari ketinggian.

Memasuki bulan ramadhan terdapat merti dusun yang di selengarakan oleh masyarakat sekitar. Saat malam hari pengunjung dapat menyaksikan pemandangan gemerlap lampu kota jogja yang sangat cantik.

Baca Juga: Kebun Teh Nglinggo Samigaluh

Lokasi Puncak Widosari

Puncak Widosari yang memiliki ketinggian 1.017 mdpl ini berada di  Dusun Tritis dan Tegalsari, Desa Ngargosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Wisata Wisata ini berjarak kurang lebih 41 km dari pusat kota jogja dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

Rute Menuju Puncak Widosari

Jalan menuju obek wisata dapat di jangkau dengan mudah. Wisatawan yang berada di pusat kota jogja dapat menuju ke Jl KH.Ahmad Dahlan, setelau itu ambil jalan menuju Jl Wates. Setelah itu ambil arah menuju Jl Godean, setibanya di Jl Ringroad Barat ambil arah menuju Jl Gedongan-Tempel.

Sesampainya di persimpangan Jalan Raya Banjararum lalu ambil arah menuju Jl Samigaluh, setibanya di Jalan Tegalsari terdapat papan penujuk arah menuju objek wisata. Jarak wisata ini dari pusat kota jogja sekitar 40 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam 20 menit dengan kondisi lalu lintas normal.

Harga Tiket Masuk Puncak Widosari

Wisatawan yang ingin menikmati udara pegunungan tak perlu khawatir, Harga tiket masuk puncak widosari sebesar Rp3.000 per orang. Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 per motor dan Rp5.000 untuk mobil. Puncak Widosari buka mulai pukul 08.00 - 18.000 dan beroprasi setiap Senin sampai Minggu.

Fasilitas Puncak Widosari 

Wisatawan yang mengunjungi wisata ini juga dapat menggunakan fasilitas yang tersedia dan cukup lengkap. Fasilitas Puncak Widosari antara lain Mushola, Area Parkir, Kamar mandi, toilet, warung makan, gazebo, gardu pandang dan beberapa tempat yang di gunakan untuk mengabadikan foto.

Daya Tarik Puncak Widosari

1. Pemandangan yang Memukau
Setibanya di lokasi wisata, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang cantik, pengunjung dapat menikmati udara segar dan alami khas pegunungan. Wisata ini juga memiliki keunikan yaitu bentuk bukitnya yang menyerupai bentuk wajah manusia.

Wisatawan dapat mencoba beberapa spot foto yang sangat keren dari bukit yang berada di ujung. Jika cuaca sedang bagus, wisatawan dapat menyaksikan dengan jelas Gunung Merapi, Gunung Merbabu hingga Gunung Sindoro saat pagi hari. Pemandangan yang beda terjadi saat wisatawan berkunjung pada saat siang hari.wisatawan dapat melihat pemandangan perbukitan menoreh dan garis pantai laut selatan.

Bagi anda yang meyukai pemandangan sunset, wisata ini sangat di rekomendasikan jika anda berkunjung ke jogja. Pada saat sore hari anda dapat melihat pemandangan sunset yang sangat cantik, karena lokasinya yang berada di perbukitan membuat suasana lebih tenang. Wisata ini sangat cocok bagi anda yang jenuh dengan udara kota karena polusinya.

2. Objek Wisata

Tidak jauh dari wisata puncak widosari terdapat objek wisata yang tak kalah bagus, wisata tersebut yaitu Kebun Teh Nglinggo dan Kebun Teh Tritis. Jaraknya pun tidak terlalu jauh hanya sekitar 3 kilometer saja.

Jika anda belum puas dengan pemandangan puncak, anda juga bisa mengunjungi wisata puncak suroloyo jogja yang hanya berjarak 4 kilometer dari objek wisata.

Selain dekat dengan tempat wisata, objek wisata ini juga memiliki daya tarik yaitu berupa pemandangan punggung yang menyerupai bentuk wajah manusia. Suasan alamnya yang masih alami membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Wisata Dekat Puncak Widosari

  • Puncak Suroloyo
  • Kebun Teh Nglinggo
  • Sungai Mudal
  • Puncak Dipowono
  • Bukit Isis
  • Kalibiru
Penutup
Berikut di atas adalah artikel dari yanacircle.com tentang puncak widosari samigaluh kulon progo. Bagi anda yang ingin lokasi lainya bisa mencoba salah satu tempat wisata di kulon progo lainya.Tunggu apalagi segera persiapkan perbekalan anda dan langsung menuju lokasi.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.