Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seribu Batu Songgo Langit, Indahnya Pesona Malam Hari

Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit - Bantul memang memiliki banyak destinasi wisata yang bagus-bagus. Wisatawan yang sering berlibur ke jogja tentu tidak asing dengan wisata dlingo mangunan yang terkenal dengan pemandangan hutan pinusnya. Tapi, apakah anda tahu bahwa di sekitar hutan pinus mangunan terdapat salah satu wisata yang memiliki pesona yang cantik, wisata tersebut adalah Seribu Batu Songgo Langit.

Wisata ini masih satu kawasan dengan wisata Rumah Hobbit yang berada di daerah mangunan. Rumah hobbit tersebut menyerupai salah satu wisata yang berada di New Zealand. 

Seribu Batu Songgo Langit, Indahnya Pesona Malam Hari
Seribu Batu Songgo Langgit, Mangunan, Bantul (Picture Ig/rainy._)

Nama wisata ini memiliki makna tersendiri, Songgo yang berari menyangga dan Langit yang berarti penyangga langit. Penamaan nama tempat tersebut karena lokasi wisatanya yang berada di perbukitan seakan -akan merupakan tiang yang berasal dari langit. Seribu songgo langit berjarak 1 kilometer dari rumah hobbit mangunan. 

Sepanjang perjalanan anda akan melewati ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi. Saat berwisata di tempat ini alangkah anda membawa perbekalan mulai dari air minum dan makanan kecil.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Jogja Bernuansa Bali

Sejarah Singkat Seribu Batu Songgo Langit

Wisata ini dulunua merupakan hutan pinus biasa, wisata ini di buka pada tahun 2016 lalu. Dahulu tempat ini hanya memiliki beberapa fasilitas seperti gazebo dan jembatan yang terbuat dari kayu, sehingga belum banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi ini. Banyak yang mengira tempat ini hanya hutan pinus biasa yang sama dengan lainya. 

Kemudian pihak pengelola mempunyai inisiatif untuk mengembangkan wisata ini menjadi tempat wisata yang berbeda dari yang lainya. Sebab itu di bangunlah beberapa spot foto yang unuk sekaligus rumah hobbit seperti di negeri dongeng. Dengan di bangunya beberapa spot foto di harapkan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang sedang berlibur di jogja.

Alamat Seribu Batu Songgo Langit

Lokasi Seribu Batu Songgo Langit berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. wisata ini masih satu kawasan dengan Hutan Pinus Mangunan dan Kebun Buah Mangunan. Hal yang unik dari wisata ini adalah pengunjung dapat menikmati dua wisata sekaligus dengan rumah hobbit mangunan.

Rute Menuju Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Pengunjung yang akan merasakan sejuknya udara dingin di songgo langit bisa menggunakan rute ke seribu batu songgo langit ini jika anda berada di malioboro. Arahkan kendaraan anda menuju Jalan Imogiri Timur sampai menemukan pasar imogiri, Selanjutnya arahkan kendaraan ada menuju kawasan wisata mangunan. ikuti jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk arah menuju wisata songgo langit.

Harga Tiket Masuk Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Wisatawan yang akan merasakan sensasi berada di langit jogja tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Harga Tiket masuk wisata Seribu Batu Songgo Langit hanya Rp3.000 per orang, sedangkan untuk parkir kendaraan motor akan di kenakan biaya sebesar Rp2.000 per motor dan Rp10.000 untuk mobil. Sedangkan untuk jam buka wisata seribu batu songgo langit buka mulai pukul 06.00 - 23.00.

Fasilitas Seribu Batu Songgo Langit

Berjalan kurang lebih 200 meter, pengunjung juga dapat mencoba berbagai wahana yang dapat memicu adrenalin. Wahana ini hanya di khusukan untuk anak-anak saja, beberapa wahana seperti Flyung Fox dengan tarif Rp20.000 ribu rupiah. Banyak anak-anak yang antusias untuk mencoba wahana ini, bahkan beberapa dari mereka rela mengantri agar bisa mencoba.

Pengunjung yang datang akan menikmati beberapa fasilitas yang ada. fasilitas tersebut di bangun oleh pengelola, masyarakat setempat hingga pemerintah terkait, adapaun fasiltias tersebut di antaranya:
  • Parkir
  • Kamar Mandi
  • Mushola
  • Papan Informasi
  • Spot Foto
  • Gazebo
  • Warung Makan

Daya Tarik Wisata Seribu Batu Songgo Langit

Saat berada di puncak, Pengunjung dapat melihat pemandangan yang memanjakan mata. Pengunjung akan melewati jalan setapak yang cantik dengan hiasan lampu warna-warni. Pemandangan yang akan di dapatkan dari puncak berupa hamparan sawah dan hutan yang sangat hijau. 

Dari atas puncak songgo langit terdapat spot foto yang bisa pengunjung gunakan untuk mendapatkan foto terbaik untuk di upload di jejaring media sosial. Selain itu pengunjung dapat melihat pemandangan Sawah Sukorame yang sangat cantik dengan hiasan yang terbuat dari bahan alami 

Seribu Batu Songgo Langit, Indahnya Pesona Malam Hari
Salah satu Spot Foto Jembatan Kayu (Picture Ig / agnermhr_
Waktu yang tepat untuk menikmati wisata songgo batu langit malam hari ini adalah saat pagi hari dan sore hari menjelang matahari tenggelam. Saat pagi hari terutama saat hari libur banyak wisatawan yang sangat antusias untuk mendapatkan foto matahari terbut (Sunrise). Hal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan perjalanan menuju puncak, sebaiknya anda membawa perbekalan seperti minum dan makanan ringan. Bagi anda yang membawa anak kecil usahakan untuk menggendongnya.

Keindahan puncak songgo langit tidak usah di ragukan, pengunjung bebas melakukan apapun di puncak asalkan tetap mematui peraturan yang ada dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar wisata dan tidak merusak fasilitas yang sudah di sediakan.

Sepanjang perjalnan pengunjung akan melihat pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Pihak pengelola juga menyediakan gazebo dan taman kecil untuk wisatawan yang sudah lelah mengelilingi hutan ini.

Pengunjung juga bisa mencoba berbagai macam kuliner sambil menikmati pemandangan hutan pinus yang luas. Dari perbukitan ini pengunjung juga dapat melihat sawah sukorame yang terkenal dengan keunikanya. 

Terdapat juga ayunan berjumlah 3 buah serta taman kecil dengan dekorasi kincir angin yang unik. Berada di tempat ini, anda harus menyiapkan waktu luang yang lama. Selain mencari spot foto, anda juga dapat merasakan kesejukan udara perbukitan.

Wisata Terdekat

  • Kebun Buah Mangunan
  • Hutan Pinus Mangunan
  • Jurang Tembelan Kanigoro
  • Tebing Watu Mabur
  • Rumah Hobbit Mangunan

Penutup

Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata batu songgo langit mangunan. Bagi anda yang ingin melihat pemandangan bisa mengunjungi salah satu tempat wisata kulon progo yang terkenal seperti puncak suroloyo atau kalibiru.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.