Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tempat Wisata di Amsterdam Belanda Terbaru 2021

Tempat Wisata di Amsterdam Belanda

Tempat wisata di Amsterdam Belanda sendiri memiliki banyak objek wisata yang terkenal mulai dari museum bersejarah hingga taman bunga tulip yang indah untuk di nikmati saat berlibur ke Belanda. Yang paling terkenal dari Amsterdam adalah wisata kanal-kanal yang mengalir hingga seluruh pelosok kota. Tidak salah jika belanda di juluki dengan the Venice of the North.

Sekilas tentang Amsterdam

Nama kota amsterdam berasal dari kata Amstelredamme, yang menjadi cikal bakal kota ini, yaitu bendungan sungai Amstel. Tempat ini dulunya di huni oleh sebagian nelayan kecil pada abad ke 12, Kota Amsterdam tumbuh pesat karea terdapat pelabuhan terpenting di dunia saat masa kejayaan Belanda.

Pada saat itu, kota amsterdam menjadi pusat keuangan dan berlian paling modern. Sekitar abad ke-19 dan ke-20 kota ini mulai banyak di huni oleh masyarakat sehingga memperluas diri dengan membangun hunian di tepi sungai atau canal. Canal-Canal yang berada di Amsterdam menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2010.

Baca Juga: Tempat Wisata di Polandia Terbaru

1. Van Gogh Museum

10 Tempat Wisata di Amsterdam Belanda Terbaru 2021
Van Gogh Museum, Amsterdam, Belanda (Picture Ig / notme_nomi)

Van Gogh Museum merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di sisi barat Museum Square atau Museumplein. Museum ini memiliki bangunan dengan 4 lantai yang di rancang oleh arsitekture terkenal yang bernama Gerit Rietveld pada tahun 1970 dan di buka pada 2 Juni 1973. 

Museum ini menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan saat berada di Belanda.

Wisatawan dapat menemukan berbagai lukisan dan gambar Van Gogh terbesar di dunia. Pada tahun 2015, tercatat lebih dari 1,9 juta wisatawan mengunjungi museum ini, dan menjadi museum paling banyak di kunjuni ke-2 di Belanda serta menjadi museum seni rupa paling banyak di kunjungi ke-31 di dunia.

Tempat wisata di Amsterdam ini memiliki banyak lukisanm sekitar 700 lukisan serta 700 surat yang di tulis oleh teman dan keluarga dapat anda liat saat berada di museum.

2. Keukenhof, Tulip Garden

10 Tempat Wisata di Amsterdam Belanda Terbaru 2021
Keukenhof, Tulip Garden, Amsterdam, Belanda (Picture Ig / suthern_traveler)

Berbicara negeri kincir angin tentu kurang lengkap jika tidak membahas tentang bunga. Ya, Belanda memang memiliki banyak taman bunga yang sangat indah. Tempat yang harus anda kunjungi selanjutnya adalah Amsterdam Tulip Museum. Museum Tulip ini menjadi menyuguhkan berbagai jenis bunga tulip yang tersusun dengan rapi.

Keunkenfof memliki arti Kebun Dapur adalah sebuah taman bunga yang berada di Lisse, Belanda dan merupakan taman bunga terbesar di dunia. Pengunjung dapat melihat 7 juta bunga yang di tanam setiap setahun sekali di taman tersebut.

3. Bloemenmarkt

10 Tempat Wisata di Amsterdam Belanda Terbaru 2021
Blomenmarkt, Amsterdam , Belanda (Picture Ig / david_boni)

Blomenmarkt atau yang biasa di sebut dengan Floating Flower Market merupakan pasar bunga terapung yang berada di Amsterdam, Belanda. Pasir ini menjadi salah satu pasar bunga terapung di dunia, dan sudah ada sejak tahun 1962. Pasar ini di tetapkan menjadi salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.

Pasar ini menjual aneka ragam barang tanam seperti pot, peralatan berkebun, tempat siram bunga dan tentunya berabagai jenis bunga mulai dari Bunga Tulip, Bunga Mawar dan Bunga Lavender.

Tempat wisata di amsterdam Blomenmarkt sendiri berada di sepanjang sunai kanal tepatnya di Muntplein (Mint Square) dan Koningsplein square, Amsterdam, Belanda.

4. Anne Frank House

10 Tempat Wisata di Amsterdam Belanda Terbaru 2021
Anne Frank House, Amsterdam, Holland (Picture Ig / map_traveler_)

Anne Frank House merupakan rumah bersejarah yang di persembahakan untuk salah satu penulis buku harian yang bernama Yuhudi Anne Frank. Anne Frank House ini berada di Pinsengrachth, dekat Weterkerk, Amsterdam, Belanda.

Sejarah dari Anne Frank House bermula saat Perang Dunia II, Pada saat itu anne frank sedang bersembunyi akibat di kejar oleh tentara Nazi. Anne bersembunyi bersama keluarga dan empat orang lainya di belakang rumah kanal atau yang di kenal dengan Scret Annex.

Rencana untuk menjaga serta melestarikan Bangunan itu terjadi pada tahun 1955, ketika beberapa penggembang berinisiatif untuk membongkar bangunan tersebut. Akhirnya Anne Frank House di buka untuk umum pada 3 Mei 1960 dan pada 2013 lalu wisata ini di kunjungi oleh 1,2 jt wisatawan dari berbagai negara.

5. Begijnhof, Amsterdam

10 Tempat Wisata di Amsterdam Belanda Terbaru 2021
Begijnhof, Amsterdam, Belanda (Picture Ig / agusrami.worldwide)

The Begijnhof merupakan salah satu bangunan tertua yang berada di Amsterdam, Belanda. Bangunan bersejarah ini menjadi tempat tinggal pribadi bagi para peniliti. Begijnhof memiliki pelataran dalam di belanda, bangunan ini di dirikan pada abad pertengah. Letak Begijnhof berada di Singel, Canal Amsterdam.

Begijnhof ini sudah ada sejak tahun 1346, sebuah pelataran yang baru pertama kali di sebutkan pada 1389, setelah status agama meningkat karena Ekaristi Amsterdam paga tahun 1345.

Baca Juga: Tempat Wisata di Hokkaido

6. Rijksmuseum, Amsterdam

10 Tempat Wisata di Amsterdam Belanda Terbaru 2021
Museum Rijkmuseum, Amsterdam, Belanda (Picture Ig / shefalisadhoo)

Pada saat penjajahan era kolonial, belanda membawa beberapa peninggal bersejarah  mulai dari patung, buku dan benda-benda sejarah Indonesia yang di bawa ke negara mereka. Beberapa benda sejarah tersebut masih di simpan sampai sekarang di Museum Rijkmuseum. Museum ini menjadi tujuan favorit wisatawan mancarnegara khsunya turis indonesia.

Museum Rijkmuseum ini berada di Museum Square, satu kawasan dengan Van Gogh Museum dan Museum Stedlijk Amsterdam.

Dalam museum ini terdapat kurang lebih 1 juta koleksi benda bersejarah miliki indonesia yang di ambil sejak tahun 1200 sampai tahun 2000. Pengunjung juga dapat melihat karya pelukis terkenal seperti Jacob van Ruisdael, Johannes Vermeer.

Sebernarnya tidak hanya benda sejarah indonesia saja, tetapi isi benda tersebut di dominasi oleh barang bersejarah indonesia seperti Keris Sultan Madura Cakra Adiningrat VII yang di berikan kepada Raja William I pada tahun 1835.

7. Canals Of Amsterdam

10 Tempat Wisata di Amsterdam Belanda Terbaru 2021
Canals Of Amsterdam, (Picture Ig / mujsvetpresobjektiv)

Amsterdam menjadi desitinasi favorit saat berlibur ke belanda. Daerah ini memiliki beberapa wisata yang sangat sayang  untuk di lewatkan. Belanda sendiri memiliki calan lebih dari seratus canal dengan canal utama Herengracht, Pinsengracht, Keizersgracht yang masuk dalam situs warisan dunia UNSECO pada tahun 2010.

Wisatawan yang ingin menikmati pemandangan di canal dapat menyewa sampan untuk berkeliling sesuka hati. Bagi anda yang tidak ingin terlalu ribet, bisa menggunakan jasa pemandu yang akan menceritakan sejarah Canal Amsterdam. Saat berkeliling canal, anda kan menjumpai perahu boat yang sedang melintas.

8. Koninklijk Paleis Amsterdam

10 Tempat Wisata di Amsterdam Belanda Terbaru 2021
Koninklijk Paleis Amsterdam, Belanda (Picture Ig / hosung_snap)

Koninklijk Paleis merupakan salah satu rumah tinggal kerajan belanda pada kerajaan dulu. Lokasinya berada di sebelah barat Dam Square yang terletak di pusat kota. 

Istana ini dulunya merupakan tempat tinggal keluarga kerajaan belanda, untuk saat ini tempat ini sudah tidak di gunakan untuk tempat tinggal tetapi masih di gunakan untuk acara Royal House Belanda dan acara resmi penerimaan kunjungan tamu negara.

Struktur bangunan khas abad pertengahan ini di ubah menjadi istana saat Perang Napolenic ketika Abang Napoleon Louis di angkat menjadi raja oleh Lajos I dari Kerajaan Belanda. Ciri khas bangunan yang di arsitekturi oleh Jacob van Campen adalah hampir mirip dengan gedung-gedung yang berada di Roma, Italian.

Baca Juga: Tempat Wisata di Islandia Terbaru

9. Scheepvaart Museum

10 Tempat Wisata di Amsterdam Belanda Terbaru 2021
Scheepvaart Museum, Belanda (Picture Ig / hetscheepvaartmuseum)

Scheepvaart Museum atau National Maritime Museum adalah museum yang menyimpan banyak artefak yang terkenal di Belanda. Dahulu tempat ini digunakan untuk gudang angkatan laut dan di bangun pada tahun 1656, museum ini memiliki 18 kamar pameran dan artefak.

Museum ini banyak berisi tentang penggambaran sejarah laut pada saat pertempuran laut  yang di tarik dan senjata pada abad ke 17. Ukiran yang terdapat pada museum membuat pengunjung lebih tau bagimana cara pelaut untuk melewati waktu saat berada di Laut. 

Terdapat sebuah kapan yang berada di sebelah kanan gedung, kapal tersebut merupakan kapal abad ke-18 yang berlayar dari Belanda dan Hindia Timur.

10. Vondelpark

10 Tempat Wisata di Amsterdam Belanda Terbaru 2021
Vondelpark, Amsterdam, Belanda (Picture Ig / proximodestinoemconstrucao)

Taman Vondelpark merupakan salah satu taman kuno yang berada di sebelah selatan Kota Amsterdam. Taman ini merupakan salah satu taman yang terbaik untuk di kunjungi saat berlibur ke Belanda. 

Saat berada di taman pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas mulai dari bersantai hingga melihat pertunjukan seni yang sangat menarik. Taman Vondelpark memiliki luas sekitar 47 hektare dan memiliki lingkungan yang bersih dan asri.

Fasilitas Taman Vondelpark sudah cukup lengkap di antaranya toilet, restoran hingga taman bermaik untuk anak-anak semuanya tersedia di taman ini. Taman ini menjadi salah satu jantung kota Amsterdam yang sering di gunakan tuk berjalan-jalan dan bersantai oleh warga belanda dan turis luar negeri. Taman ini berada di antara Leidsepelin dan Museumplein.

Pengunjung taman vondeloarj huga dapat melihat banyak patunng tokoh penting seperti patung perunggu Joost van den Vondel yang sangat mengensankan. Patung lainya yang termasuk The Fish oleh Pablo Piccaso.

Wisatwan dapat mengunjungi vondelpark kapan saja, taman ini di buka untuk umum selama 24 jam dan gratis.

Penutup

Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang tempat wisata di amsterdam belanda. Bagi anda yang ingin merasakan sensasi musim di jepang, bisa menggunjungi tempat wisata di sapporo, hokkaido yang terkenal dengan wisata saljunya yang cantik.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.