Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhits 2021

Tempat Wisata di Islandia

15 Tempat Wisata di Islandia - Berbicara Islandia tentu tidak asing dengan wisata Blue Lagoon Iceland yang terkenal dengan sumber air panas yang berwarna biru toska. Negara Islandia adalah sebuah negara republik yang terletak di sebelah utara Samudra Atlantik.

Islandia juga memiliki beberapa pulau kecil, negara ini terletak 300 kilometer sebelah timur Greenland. Negara ini memiliki banyak destinasi wisata yang tak boleh di lewatkan. Bagi yang belum pernah berkunjung ke negara ini segera agendakan, tiket pesawat ke iceland sendiri cukup mahal ya teman-teman, untuk itu segeralah menabung mulai sekarang. Berikut ini tempat wisata di islandia yang bisa anda jadwalkan:

1.Reykjvik

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Musim Salju di Kota Reykjvik (Picture ig/vicphotoria)

Kota Reykjvik merupakan salah satu kota terbesar sekaligus menjadi ibu kota Islandia. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik mulai dari Wild Nightlife, penduduk lokal biasanya menyebutnya dengan "Jammtih". Selain itu, terdapat sebuah cafe yang menyediakan bir lokal dan "Icelandic Schnapps" yang tentunya dapat membuat liburan anda di islandia semakin berkesan.

Hal yang menjadi tujuan utama wisatawan berkunjung ke Saunas in Reykvjik adalah dapat melihat pemandangan ikan paus di laut lepas. Waktu yang pas untuk menyaksikan ikan paus adalah pada saat musim panas. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat pemandangan burung-burung yang sedang berhinggap di pulau-pulau kecil.

2.Blue Lagoon, Grindavik

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Blue Lagoon Iceland (Picture ig/amandaevz78)

Selanjutnya wisata islandia yang sangat terkenal adalah Blue Lagoon. Wisata ini hanya berjarak kurang lebih 40 menit dari kota Reykjvik, wisatawan dapat menemukan pemandian alami yang memiliki air berwarna biru pucat di bawah bangunan yang astitetik. 

Blue Lagoon Pools and Spas menjadi wisata pertama kali oleh penduduk sekitar pada tahun 1976. Sumber air di blue lagoon berasal dari mata air panas yang berada di bawah tanah, suhu air ini mencapai 37 - 40 derajat celcius. Menurut peneliti sumber air panas ini memiliki manfaat bagi kesehatan kulit.

3.Cahaya Utara, Aurora Borealis.

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Aurora Borealis In Islandia (Picture Ig/alfonsomaseda1979)

Wisatawan yang berkunjung ke islandia akan menemukan pemandangan yang jarang terdapat di negara eropa lainya. Wisata tersebut adalah Aurora Borealis atau yang biasa di sebut dengan Cahaya Utara. Tempat ini menjadi wisata yang sangat terkenal di islandia maupun benua eropa. 

Aurora Borealis atau biasa di sebut Aurora Islandia sendiri terbentuk akibat partikel-partikel kecil yang terperangkap dalam medan magnet bumi dan bertabrakan langsung dengan molekul atmosfer yang akhirnya menjadi semburan energi. Biasanya Aurora munjul di lingkaran besar kutub utara.

Bagi anda yang ingin menyaksikan pemandangan aurora pastikan harus memantau cuaca. Cuaca yang bagus untuk meyaksikan auurora borealis adalah pada saat cerah dan biasanya terjadi pada bulan September hingga awal April.

4.Strokkur Geysir

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Strokkur Geysir in Iceland (Picture Ig/orthart)

Berjarak 50 menit dari kota Reykjvik, Strokkur Geysir adalah wisata air mancur yang paling populer di islandia dan seluruh dunia. Daerah ini memiliki sumber air panas yang cukup aktif, lokasinya berada di sebelah Sungai Hvita dan merupakan tempat pemberhentian di sepanjang Lingkaran Emas.

Wisatawan yang berkunjung ke sumber air panas ini dapat melihat pemandangan yang unik, dimana Strokkur ini akan menembakan air 30 meter ke udara setiap menitnya.

5.Maelifell Volcano & Myrdaksjokull Glacier Park

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Maelifell Vulkankegel (Picture Ig/oliverschwenn)
Bagi anda yang yang bosan dengan suasana perkotaan di kota islandia bisa mencoba wisata Taman Gletser Myrdalsjokull. Gunung berapi Maelifell ini memiliki pemandangan yang sangat cantik di tambah dengan salju putih tipis-tips yang menghiasi di sekitaran gunung, gunung yang memiliki bentuk kerucut ini dapat anda kunjungi saat musim panas. 

Wisatawan yang berkunjung ke Maelifell Volcano juga dapat mampir ke Eyajafallajokull atau yang biasa di sebut dengan Island Mountain Glacier, lokasi ini berada di sebelah barat Myrdalsjokull.

6.Landmannalaugar

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Landmannalaugar, Islandia (Picture Ig/isleifurarnason)
Wisata yang satu ini hampir mirip dengan Maelifell Volcano. Nama wisata y adalah tersebut adalah Landmannalaugar, wisata ini berjarak 180 kilometer dari Kota Reykjavik.Pemandangan utama dari landmannalugar adalah berupa pegununggan Rhyolite Multi Heud, Gunung Berapi Hekla, yang memiliki bidang lava cukup luas.

Waktu yang pas untuk mengunjungi Landmannalaugar adalah pada saat bulan Juni hingga September, selain bulan itu wisata ini di tutup. Bagi anda yang ingin menikmati suasana malam bisa menyewa pondok (Landmannalaugar Hut). Pondok ini mampu menampung hingga 75 orang.

7.Gue Es Skaftafell, Vatnajokull Natio

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Gua Es Skaftafell Islandia (Picture Ig/glacieradventur)
Di sebalah selatan Islandia terdapat sebuah gabingan tanah gletser dan gue es megah yang bernama Taman Nasional Vatnajokull. Taman nasional ini memliki luas dengan empat bagian yang terdiri dari Gletser Vatnajokull dan lainya. 

Wisatawan dapat menemukan beberapa pengunjung yang berada di Gua Es Skaftafell dan Hofn yang di buka setiap tahunya, sementara itu untuk Skriduklautsur dan Jokulusargljufr di tutup sepanjang musim dingun. Waktu yang pas untuk mengunjungi Gua Es Skaftafell setelah hujan tiba saat musim dingin. Jika sedang beruntung pengunjung dapat melihat cahaya biru yang sangat ekostis.

8.Askja Caldera

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Askja Caldera in Iceland (Picture Ig/aventurapolaca)
Wisata islandia selanjutnya yaitu Taman Nasional Vatnajokull, di sebelah taman ini terdapat sebuah kaldera air panas alami yang bernama Askja Caldera.Bagi wisatawan yang memiliki hati lemah tidak di sarankan untuk mengunjungi wisata ini. 

Askja Caldera memiliki ukuuran 50 kilometer persegi, kaldera askja tercipta akibat letusan gunung yang berada di sekitarnya meletus dan meruntuhkan atap kamar magma gunung.

9. Air Terjun Dettifoss

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Air Terjun Dettifoss di Islandia (Picture Ig/tommy_brennan_05)
Air Terjun Dettifoss merupakan salah satu air terjun yang berada di islandia tepatnya di wilayah Myvatn, sebelah utara Islandia. Air terjun ini berada  si gungai Jokulsa a Fjollum. Air terjun deffifoss sangat terkenal dengan arusnya yang sangat kuat di eropa.

10.Gunung Kirkjufell, Grudarfjordur

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Gunung Kirkjufell Grudarfjourdur in Islandia (Picture Ig/reginicola_)

Berwisata ke islandia tidak lengkap jika tidak mengunjungi salah satu gunung yang memiliki pemandangan yang menakjubkan, nama gunung tersebut adalah Gunung Kirkjufell, Grudarfjourdur. Menurut beberapa wisatawan yang sudah pernah mengunjungi guning ini, bentuk dari gunung menyerupai planet lain dan terdapat puncak yang mirip dengan menara gereja.

Lokasi gunung ini berada di semenanjung Snaefellsnes Islandia dan memiliki pesona air terjun Kirkjufellsfoss. Jika anda berwisata ke islandia pastikan untuk mengunjungi wisata yang satu ini.

11. Hallgrímskirkja 

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Hallgrímskirkja in Reykjavik, Iceland (Picture Ig/rz.explorer)
Hallgrímskirkja adalah sebuah gereja yang berada di Reykjavik, Islandia. Gereja ini memiliki ketinggian 74,5 meter. Gereja Hallgrímskirkja menjadi salah satu greja terbesar di islandia.

Gereja ini memiliki keindahan struktur bangunanya yang sangat cantik, tak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke gereja terbesar di islandia ini setiap harinya.

12. Air Terjun Gullfoss

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Gulffoss Waterfall in Islandia (Picture Ig/walk_aholicis)
Air Terjun Gullfoss merupakan salah satu air terjun di negara Islandia. Air terjun gullfoss memiliki arti yaitu terjun Emas. Aliran yang terdapat di air terjun ini berasal dari gletser yang mencair saat musim panas. Air Terjun Gullfoss merupakan salah satu air terjun yang memiliki volume terbesar di Benua Eropa.

Air Terjun ini berada di barat Reykjvik dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih satu setengah jam untuk sampai di lokasi. Air terjun ini memliki dua kaskade, kaskade yang satu memiliki panjang 21 meter dan 11 meter.

13. Gunung Esja

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Esja, Iceland (Pictur Ig/allthingiceland)

Gunung Esja Kjlaranes berada di sebelah timur Reykjavik dan dapat di tempuh dengan waktu 30 menit. Gunung Esja memiliki ketinggian 914 mdpl dan sangat terkenal di kalangan para pendaki lokal maupun mancarnegara. 

Gunung ini memiliki trek pendakian yang mudah sehingga dapat di lakukan oleh siapapun yang berminat. Sesampainya di puncak gunung esja wisatawan dapat melihat pemandangan kota Reykjavik dan garis pantai yang berada di depanya.

14.Akureyri

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Akureyri, Islandia (Picture Ig/danielstarrason)
Di bagian sebalah utara Islandia terdapat sebuah kota kecil yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Kota ini terletak di antara pegunungan fjord, sekitar 40 kilometer arah selatan Lingkaran Arktik. Kota Akureyi memiliki populasi sekitar 18.000 orang.

Waktu yang pas untuk mengunjungi kota akureyi adalah saat musim kemarau, saat kemarau suhu mencapai 25 derajat celcius. Saat musim dingin kota ini juga di penuhi salju lebat yang membuat kota ini menjadi kota terisolasi, hal yang akan wisatawan temui di kota ini berupa kehidupan budaya dan hiburan.

15. Danau Myvatn dan Cagar Alam

15 Tempat Wisata di Islandia Tebaru & Terhtis 2021
Krafla Lava Fields, Myvatn, Iceland (Picture Ig/trolleyinfuga)

Danau Myvatn berada di timur kota Akureyri dan membutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan menggunakan mobil. Danay Myvatn adalah sebuah danau yang terjadi akibat letusan lava raksasa pada 2.5000 tahun silam.

Cekungan yang terdapat di Danau Myavtn merupakan cekungan yang terbentuk akibat Pseudocrater kawah semu yang terbentuk secara alamiah. Kawah semu terbentuk akibat ledakan uap yang berasal dari lahar panas yang mengalir.

Penutup

Berikut di atas merupakan artiel dari yanacircle.com tentang tempat wisata favorit di Islandia yang bisa anda coba ketika berkunjung ke Islandia. Bagi anda yang sedang berkunjung ke jogja jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata di kulon progo yang terbaru.