Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru & Terhits 2021

Tempat Wisata di Kulon Progo

Tempat Wisata di Kulon Progo - Kulon Progo memang banyak memiliki destinasi wisata yang bagus untuk di kunjungi saat berada di jogja, berbicara tentang wisata kali ini admin yanacircle.com akan membahas seputar tempat wisata yang berada di kulon progo.

Objek wisata di kulon progo memang sangat lengkap, wisatawan dapat memilih wisata mulai dari wisata pantai, wisata pegunungan, wisata air terjun sampai dengan wisata sejarah, semua sudah tersedia dalam rangkuman disini. berikut di bawah adalah tempat wisata kulon progo favorit pada  tahun 2021:

1.Wisata Alam Kalibiru 

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Pemandangan waduk sermo dari puncak kalibiru (Foto ig/wisatakalibiru)

Wisata Alam Kalibiru merupakan wisata yang menyuguhkan sensai pemandangan alam dari spot viewnya. Wisatawan dapat melihat beberapa daerah Kulon Progo, pemandangan mulai dari daerah perbukitan menoreh dan Waduk Sermo.Pemandangan tersebutlah yang banyak menarik wisatawan lokal bahkan ada beberapa artis Indonesia yang pernah berkunjung ke sana seperti Salsabilla Adrian,Anggun dan lain-lain.

Lokasi Kalibiru berada di Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Kalibiru memiliki ketinggian 450 mdpl. Harga tiket masuk kalibiru sebesar Rp15.000 per orang sedangkan jam buka kalibiru mulai dari pukul 08.00 sampai 18.00 


2.Wisata Sungai Mudal

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Beberapa Wisatawan sedang menikmati sungai mudal (Foto ig/wondefuljogja)

Sungai mudal merupakan salah satu wisata yang berada di Banyuganti, Jatimulyo, Samigaluh, Kulon Progo Dahulu masyarakat di sekitar sungai mudal membuat inisiatif untuk melestarikan alam sekitar sungai mudal. Saat itu masyarakat membuat wisata sungai mudal. Sungai Mudal sendiri adalah salah satu wisata alam yang menyuguhkan wisata aliran sungai yang masih alami dari perbukitan menoreh.

Jika kalian mengunjungi sungai mudal pada saat musim kemarau kalian akan melihat warna air sungai mudal yang berwarna biru, warna tersebut menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan. Jalan munuju sungai mudal mudah di jangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Lokasi Sungai Mudal berada di Dusun Banyugantu, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.



3.Wisata Pule Payung

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Pemandangan dari atas puncak Pule Payung (Foto ig/pulepayung)

Wisata Pule Payung Kulon Progo - Pule Payung merupakan salah satu wisata alam yang berada di Kulon Progo. Wisata ini memiliki latar belakang berupa pemandangan yang cukup memukau, selain itu wisatawan dapat melihat pemandangan waduk sermo dari ketinggian. Saat cuaca sedang cerah wisatawan juga dapat melihat gunung merbabu dan merapi.

Pule Payung sendiri adalah wisata yang cukup baru, dahulu tempat ini merupakan perbukitan biasa dan di sulap menjadi destinasi wisata oleh masyarakat sekitar pada maret 2017. Masyarakat mulai menggembangkan wisata pule payung dengan mengumpulkan dana swadaya bersama. Hal unik dari wisata ini terdapat cafe yang menjajakan aneka ragam makanan cafe tersebut bernama coffee angkasa pule payung

Lokasi Pule Payung berada di Dusun Soropati, Desa Hargotirto, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.


4.Gunung Kendil

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Puncak Gunung Kendil (Foto ig/gunungkendil_kp)
Gunung kendil merupakan salah satu wisata yang berada di perbukitan menoreh dan membentang dari barat kulon progo dan berada di sebelah timur kabupaten purworejo. Gunung Kendil merupakan destinasi wisata yang berada di Dusun Ngalmbur, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo.

Lokasinya tidak jauh dari Puncak Suroloyo, Wisatawan dapat mampir terlebih dahulu ke gunung kendil sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak suroloyo. Wisata Gunung Kendil memiliki pemandangan yang sangat indah dan wajib anda kunjungi saat berada di kulon progo. 

Lokasi Gunung Kendil berada di Nglambur, Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

5.Lempeng Kedung Kemin

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Batuan DIP dan warna air birutoska yang cukup menarik (Foto ig/arieh.sathya)
Wisata Lempeng Kedung Kemin merupakan salah satu wisata baru yang cukup viral saat ini, wisata ini memliki spot foto dengan latar belakang struktur batuan sedimen klastik batu masih yang menunjukan DIP (Dalam tiga dimensi).

Menurut pakar geologi bebantuan dip adalah batuan yang memiliki kemiringan kurang lebih 0 hingga 40 derajat kemiringan. Lokasi ini sering di jadikan penelitian bagi mahasiswa yang mengambil jurusan geologi.

Lokasi Lempeng Kedung Kemin berada di Dusun Paingan, Desa Sendangsari, Kecamtan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.


6.Curug Siluwok

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Pemandangan di Curug Siluwok, Samigaluh (Foto ig/ormy_abiga)
Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten yang berada di sebalah barat kota jogja. Kabupaten ini terkenal dengan keaneragaman budaya, kuliner hingga wisata. Di Kabupaten ini banyak sekali destinasi wisata yang memiliki pemandangan bagus dan wajib anda kunjungi saat anda sedang berada di jogja.

Alamat Wisata Curug Siluwok sendiri berada di Desa Keweron, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Anda dapat bertanya masyarakat sekitar atau menggunakan goggle maps untuk mempermudah menemukan lokasi.


7.Tebing Gunung Gajah

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Banyak wisatawan yang mengerti bahwa Kalibiru dan Waduk Sermo saja yang memiliki pemandangan yang menarik, salah satu wisata kulon progo yang memiliki pemandangan dan spot foto menarik yaitu wisata Tebing Gunung Gajah.

Tebing Gunung Gajah adalah salah satu wisata yang berada di perbukitan menoreh tepatnya di Jln Sermo - Girimulyo, Katerban, Donorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Gunung Gajah ini memiliki ketinggian kurang lebih 900 meter selisih 100 meter dari puncak suroloyo.

Baca Juga: Wisata Tebing Gunung Gajah

8. Gunung Kukusan

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Pemandangan Gunung Merapi di Puncak Gunung Kukusan (Foto ig/ayodolan)
Salah satu wisata yang menyajikan pegunungan adalah Gunung Kukusan. Gunung Kukusan adalah gunung yang terletak di Desa Ngargoretno, Kecamatan Salaman, Magelang Jawa Tengah. Gunung ini di juluki sebagai Negeri di Atas awan karena memiliki ketinggian 800 mdpl, gunung ini berada di anatara 3 kabupaten sekaligus yaitu kabupaten kulon progo, magelang dan purworejo.

Gunung Kukusan berada di Dusun Wonokerto, Desa Ngragoretno, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini berada di perbatasan langsung dengan perkebunan Teh Nglinggo, Samigaluh. Banyak wisatawan yang mengira bahwa gunung kukusan merupakan bagian dari daerah kabupaten kulon progo.


9.Air Terjun Kembang Soka

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Wisata Air Terjun Kembang Soka dengan pemandangan airnya yang berwarna Biru Toska (Foto ig/exploreralamjogja)

Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu air terjun yang berada di pegunungan Menoreh, pemandian ini memiliki keindahan yang cukup eksotis dan tak kalah dengan beberapa wisata pemandian yang berada di jogja lainya. 

Menurut cerita masyarakat sekitar, asal usul Kembang Soka di ambil dari Pohon Soka. Menurut warga dahulu tempat ini banyak di tumbuhi Pohon Soka yang sangat subur sehingga masyarakat sekitar menamai dengan Air Terjun Kembang Soka. 

Lokasi Air Terjun Kembang Soka berada di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Baca Juga:Wisata Air Terjun Kembang Soka, Tempat Menikmati Segarnya air Pegunungan


10. Puncak Bukit Cendana

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Spot paling bagus di bukit cendana (Foto ig/sifa_d_rahman)

Puncak Bukit Cendana adalah sebuah wisata yang sengaja di kembangkan oleh pemerintah daerah kabupaten kulon progo pada tahun 2017. Wisata yang berada di pegunungan menoreh ini memiliki banyak pohon cendana oleh sebab itu di namakan dengan Bukit Cendana. Selain memiliki banyak pohon cendana, di puncak cendana pengunjung dapat melihat pemandangan yang indah mulai dari waduk sermo hingga kota wates.

Wisata bukit cendana kulon progo merupakan wisata yang masih baru dan masih banyak yang belum mengetahui puncak cendana di kalangan wisatawan lokal. Dari puncak bukit cendana pengunjung dapat menikmati pepohonan cendana yang masih alam dan segarnya udara khas pegunungan. 

Puncak Bukit Cendana berada di Dusun Tegiti 2, Desa Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Baca Juga: Puncak Bukit Cendana Kulon Progo, Wisata Favorit di Jogja


11.Puncak Gunung Kuniran

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Tak mau kalah dengan  wisata alam Kalibiru dan pule payung, masyarakat sekitar kuniran mulai mengembangan wisatanya berupa Puncak Gunung Kuniran Kulom Progo. Wisata ini memiliki pemandangan yang tak kalah menarik dengan puncak suruloyo yang merupakan puncak tertinggi di kulon progo.

Saat berkunjung ke gunung kuniran kokap wisatawan dapat menikmati pemandangan hijau yang masih asri, selain itu jika pengunjung dating pada saat sore hari akan melihat sunset yang sangat cantik dan menawan. Tidak hanya itu saja pada saat malam hari akan terlihat gemerlapnya lampu kota wates yang tentu menambah keseruan saat berkunjung ke puncak kuniran.

Adapun lokasi Wisata Puncak Gunung Kuniran berada di Dusun Pandu, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta..

Baca Juga: Wisata Gunung Kuniran Kulon Progo, Spot yang Menawan 


12.Pantai Trisik

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Terdapat dua orang yang sedang mengabadikan sunset di pantai Trisik
(Foto ig/najmutsaqib)

Pantai Trisik menjadi salah satu wisata yang memiliki pemandangan alam yang cukup memanjakan mata serta dapat melepas penat akibar bekerja sehari-hari. Pantai Trisik memang memiliki keunikan tersenidiri karena di sekitar pantai ini terdapat persawahan yang cukup membuat suasana seperti di pedesaan.

Pantai Trisik beralamat di sebelah bara muara Sungai Progo dan menjadi wilayah perbatasan antara Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Bantul.Di sekitar pantai terdapat pepohonan cemara yang berfungsi untuk mencegah abrasi yang disebabkan oleh angin laut, hampir mirip dengan pantai congot yang terdapat hutan mangrove.

Lokasi Pantai Trisik berada di Banaran, Galur, Karangsewu, Kapanewon Galur, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Trisik Kulon Progo, Tempat Menikmati Pedesaan Pesisir


13.Pantai Bugel

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Panti Bugel Peni namanya, pantai yang berdekatan dengan pantai trisik menyuguhkan suasana yang cukup sepi dan tentram. Pantai ini sangat cocok buat anda yang ingin menghabiskan waktu luang setelah bekerja berhari-hari. Wisata pantai bugel kulon progo bisa menjadi opsi yang wajib anda kunjungi.

Sama halnya dengan pantai pada umumnya di pantai kulon progo, pantai bugel memiliki pasir yang berwarna hitam dan menggandung besi. Menurut cerita masyarakat dahulu pantai bugel digunakan untuk penambangan besi, itulah penyebabnya pasir di pantai bugel sedikit lebih kasar.

Pantai Bugel sendiri beralamat di Desa Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga: Pantai Bugel Kulon Progo, Tempat Terbaik Menikmati Ketenangan


14.Pantai Congot

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Pantai yang berada di selatan ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia yang memiliki ombah yang relatif besar. Salah satu objek wisata yang terkenal di sisi barat adalah pantai congot. Pantai Congot memiliki beberapa objek wisata yang harus anda coba ketika berkunjung ke jogja.

Lokasi Pantai Congot Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Baca Juga: Wisata Pantai Congot Kulon Progo, Spot Terbaik Menikmati Hutan Mangrove


15.Bukit Isis

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Spot Foto dengan latar pemandangan menoreh (Foto ig/pesonabukitmenoreh)

Di Kabupaten Kulon Progo terdapat salah satu wisata yang cukup bagus dengan latar belakang pemandangan pegunungan. Wisata Bukit Isis namanya, wisata ini memiliki pemandangan yang sangat eksotis dan nature. Nama Bukit Isis sendiri berasal dari kata "Isis" dalam bahasa jawa isis di artikan sebagai tempat yang sejuk, karena lokasinya yang memilliki udara sejuk.

Suasana yang wisatawan dapatkan ketika berkunjung di bukit isis kulon progo adalah udaranya yang sangat sejuk. Wisatawan juga dapat melihat hampatan kebun teh linggo dari kejauhan. Ciri khas wisata yang berada di kulon progo adalah memiliki banyak spot foto begitupun juga dengan bukit isis jogjakarta. Spot foto yang cukup terkenal di wisata ini adalah  ayunan langit.

Lokasi Bukit Isis berada di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. 

Baca Juga: Pesona Bukit Isis Kulon Progo, Sensasi Di Perbukitan Menoreh


16.Puncak Gunung Monyeng

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Pemandangan di Puncak Gunung Moyeng, Kulon Progo (Foto ig/yanuar_surya)

Puncak Monyeng namanya, wisata ini terletak di perbukitan menoreh tepatnya berada di perbatasan Dusun Tileng Pendoworejo dan Dusun Sekaro Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Wisata ini masih satu kawasan dengan wisata-wisata yang berada di Girimulyo terutama wisata Grojogan Sewu, Curug Kembang Soka, Air Terjun Kedung Pedut, Taman Sungai Mudal, Goa Kiskendo dan masih banyak lagi. Jika anda pernah mencoba dari salah satu wisata yang di sebutkan di atas berarti anda pernah melalui jalan menuju Puncak Monyeng.

Wisata ini masih di perbukitan menoreh, ketinggian puncak moyeng sendiri kira-kira 400-700 mdpl dan lebih rendah dari puncak suroloyo dan puncak gunung gajah yang di mana letaknya masih di perbukitan menoreh.

Baca Juga: Puncak Gunung Moyeng, Wisata Tersembunyi di Kulon Progo


17. Canting Mas Puncak Di Powono

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Canting Mas Puncak Dipuwono berada di ketinggian 750 Mdpl. Dari puncak ini kalian dapat melihat perbukitan menoreh. Hamparan perbukitan yang hijau dapat memanjakan mata kalian membuat betah berlama-lama di wisata yang satu ini. Oleh karena itu Wisata Puncak Dipowono sangat cocok buat kalian melepas penat akibat berkerja seharian.

Secara Administratif wisata canting mas puncak dipowono ini terletak di Dusun Clapar 2, Desa Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulon Progo.


18.Puncak Widosari

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Puncak Widosari merupakan salah satu puncak yang berada di kulon progo. Menurut cerita masyarakat yang beredar, dahulu tempat ini di jadikan tempar pertapaan Pangeran Diponegoro. Wisata Puncak Widosari di resmikan pada tahun 2012 lalu.

Pengunjung yang ingin mencapai puncak harus melewati jalan setapak. Hal yang harus di perhatikan saat menuju puncak widosari harus berhati-hati karena jalan sedikit licin. Top Widosari memiliki ketinggian 1017 mdpl. 

Gunung Widosari sangat cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi di pegunungan yang tenang. elain itu, tempat ini menjadi tujuan fotografer. Menurut fotografer peak Widosari memiliki pemandangan hijau yang sangat cantik. Wisatawan dapat menyaksikan pemandangan wisata kulon progo lainya dari ketinggian

Puncak Widosari yang memiliki ketinggian 1.017 mdpl ini berada di  Dusun Tritis dan Tegalsari, Desa Ngargosari, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. 


19.Goa Sriti

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Pemandangan Dalam Goa Sriti (Ig/pangkakena)
Di Kulon Progo juga terdapat goa yang menjadi sejarah perlawanan terahadap bangsa belanda yaitu Goa Sriti. Goa Sriti merupakan tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saaat melawan Belanda dahulu kala. 

Semenjak itu Pangeran Diponegoro bersama rakyat indonesia kususnya jawa melakukan perlawanan terhadap Belanda dengan strategi perang geriliya. Strategi perang geriliya sendiri adalah strategi perang yang sering berpindah-pindah tempat

Goa Sriti berada di Kabupaten Kulon Progo tepatnya di Dusun Dukuh, Desa Purwoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta


20. Air Terjun Grojogan Sewu

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Pemandangan Air Terjun Grojogan Sewu dengan Hijaunya tetumbuhan (Ig/Grojogansewu_kp)
Air Terjun Grojogan sewu adalah wisata yang menyuguhkan keindaahan air terjun ditambah dengan sejuknya udara pegunungan menoreh, wisata ini di buka sejak 2014, sebelumnya wisata ini hanyalah tempat biasa yang sering digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari

Air Terjun ini populer saat mahasiswa Unviersitas Gajah Mada (UGM) sedang melakukan kegiatan KKN di sekitar wisata. Mereka memviralkan wisata ini dengan menggungahnya ke sosial media terutama facebook dan instagram.

Air Terjun Grojogan Sewu berada di dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabuapten Kulon Progo.


21. Waduk Mini Kleco

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Pemandangan Sunset di Waduk Mini Kleco (Foto/Sulitsyo_eriamb)
Waduk mini kleco dibuat pada tahun 2013 dan memiliki luas sekitar 20 hektar, Waduk Mini Kleco memimiliki volume 8.500 meter kubik. Jika di bandingkan dengan Waduk Sermo Kulon Progo, waduk mini kleco hanya seperempat nya saja.

Untuk mengunjungi lokasi waduk mini kleco, kalian bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan pribadi. Dari Pusat kota Jogja kalian bisa menuju arah barat menuju jalan Godean lalu ambil jalan menuju Nanggulan, Janti. Hingga sampai di Balai Desa Girimulyo.

Lokasi Waduk Mini Kleco berada di Ngesong, Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.


21. Air Terjun Setawing

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Air Terjun Setawing atau yang biasa di sebut dengan curug setawing yang berada di Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.Air terjun Setawting hanyalah salah satu dari wisata curug yang berada di kabupaten kulon progo, yang membuat berbeda dari yang lain, curug ini berada di perbukitan menoreh, selain itu memiliki tinggi air terjun kurang lebih 30 meter.

Lokasi air terjun setawaing sangat mudah anda temukan karena masih satu jalan dengan wisata air terjun Grojogan Sewu, sebelum sampai ke wisata Grojogan Sewu kalian akan menjumpai papan penunjuk menuju air Terjun Setawing.

Lokasi Air Terjun Setawing berada di Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.


22. Embung Banjaroyo Kalibawang

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Embung Banjaroya atau biasa di sebut waduk mini kalibawang merupakan salah satu wisata kulon progo yang memiliki luas kurang lebih 65 x 80 meter dan mampu menampung air hingga 10 ribu meter kubik. Air dari embung ini dapat mengairi kurang lebuh 30 hektar kebun durian yang berada di wilayah Kalibawang.

Lokasi Embung Banjoroyo berada di Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.


23.Ayunan Langit Watu Jaran 

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Wisata Ayunan Langit Kulon Progo adalah wisata yang menyajikan pemandangan hamparan hijau kota kulon progo dari perbukitan menoreh. Wisata yang satu ini cukup ektrem, pasalnya kalian akan menempati ayunan dan bermain dari atas ketinggian.

Melihat ketinggian ayunan pasti akan membuat para wisatawan merinding. Tapi disisi lain tentu membuat kalian tertantang untuk mencobanya. Ayunan yang di bangun di pinggir jurang ini memiliki view yang cukup bagus. Bagi kalian yang tertantang dengan wisata ini wajib mencobanya.

Ayunan Langit Watu Jaran terletak di Dusun Sabrangkidul, Desa Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.


24.Goa Kebon Krembangan

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Pemandangan Goa Kebon Saat Musim kemarau (Ig/masmooe_)
Air Terjun Goa Kebon mempunyai pesona yang cukup unik, karena terdapat air terjun sekaligus. Wisata alam ini menjadi buruan para wisatawan khusunya saat musim libur tiba. Apalagi jika kalian mengunjungi saat musim kemarau, air yang di goa kebon menjadi warna biru tosca, cukup keren kan.

Sejarah Goa Kebon ternyata memiliki mitos yang cukup mengerikan. Saat kami berkunjung ke wisata tersebut dan belum terlalu ramai seperti sekarang ini. Beberapa warga sekitar menceritakan bahwa dahulu goa kebon adalah jalur menuju gunung merapi.

Lokasi Air Terjun Goa Kebon berada di Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo


25.Bendungan Kamijoro

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Selain memiliki desaign yang menarik bendungan ini sangat cocoj untuk berlibur, disini juga telah disediakan tempat untuk olahraga, fasilitas bermain untuk anak-anak dan juga terdapat jembatan kamijoro yang meilintas sungai progo. Bila anda berkunjung ke sini kalian wajib mencoba melewati besarnya aliran sungai progo yang membuat hati jadi berdebar bila sedang banjir.

Alamat Bendungan Kamijoro berada di aliran Sungai Kali Progo yang cukup deras, tepatnya di desa Kamijoro, Kecamatan Pajangaan, Kabupaten Bandul. jarak dari pusat kota jogja menuju bendungan kamijoro sektar 26 km.

Sebagai wahana wisata yang terbilang sangat baru, Harga tiket masuk bendungan Kamijoro tergolong sangat murah karena para pengunjung hanya dikenakan biaya parkir saja. untuk roda 2 kalian akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp.2000 rupiah sedangkan untuk kendaraan pribadi/roda empat Rp.5000 Rupiah.


26.Gunung Lanang

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Salah satu wisata yang ada di kulon progo adalah Puncak Gunung Lanang. Kulon Progo  sendiri memiliki beberapa gunung misalnya Gunung Lanang yang berada di dekat pantai glagah. banyak warga dan wisatawan yang menyebutnya dengan Asatana Lingga.

Dahulu Puncak Gunung Lanang dijadikan tempat untuk bertama Kyai Lanang dan Nyi Rantam Sari. Tempat yang masih ada dari hingga sekarang masih digunakan oleh masyarakat untuk bersemedi. Konon Kyai Lanang bersemdi di dekat puncak Gunung sedangkan Nyi Rantam Sari berada dibawah puncak tersebut.

Alamat Gunung Lanang berada di Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimolyo, Kabupaten Kulon Progo.


27. Pemandian Clereng

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Pemandian clereng merupakan pemandian yang masih aktif sampai sekarang ini, dahulu tempat ini hanya rimbunan hutan dan terdapat sumber mata airnya. Tidak jauh dari mata air Pemandian 

Seiring berkembangnya zaman, tenpat yang dulu terdapat mata airnya sekarang dibuka untuk umum dengan membuat beberapa kolam pemandian.Di clereng kalian dapat menemui 2 kolam buatan dan 1 kolam alami. 2 kolam buatan masing-memiliki kedalaman 1 meter dan 1- 2 meter.

Harga Tiket masuk pemandian clereng sebesar Rp5.000 per orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan roda 2 sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan bermobil. Pemandian Clereng merupakan salah satu pemandian alami yang berada di Dusun Sendangsari, Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta.


28.Air Terjun Sidoharjo

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Menikmati Sejuknya air terjun Sidoharjo Samigaluh( Ig/cahyo_homies)

Masyarakat lokal biasanya menyebutnya Air Terjun Perawan. Kata perawan sendiri digunakan karena wisata ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Namun penduduk sekitar memiliki gagasan sendiri, pasalnya dahulu  wisata air terjun sidoharjo ditemukan oleh seorang gadis.

Wisata Air Terjun Sidoharjo ini terletak di Dukuh Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh. Air terjun ini berada di perbukitan Gunung Menoreh yang membentang dari bagian selatan Kulon Progo hingga bagian selatan Kabupaten Magelang.

Baca Juga: Lokasi Air Terjun Perawan Sidoharjo Samigaluh

29. Waduk Sermo

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Waduk Sermo merupakan salah satu waduk yang berada di Kulon Progo. Waduk sermo memiliki luas 157 hektar. Waduk sermo di bangun membendungan beberapa kali seperti Kali Ngrancah yang berada di Desa Hargowilis, Kapanewon Kokap

Wisatawan tidak perlu khawatir mengenai harga tiket masuk, Harga Tiket Masuk Waduk Sermo hanya Rp5.000 per orang. Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan motor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp.2000 per motor dan Rp5.000 untuk mobil.

30. Kebun Teh Nglinggo

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Hamparan Hijau Kebun Teh Nglinggo (Foto ig/rossadindaa)

Kebuh teh nglinggo adalah wisata yang menyajikan hamparan kebun teh yang sangat luas dan beberapa pemandangan hijau dengan latar belakang perbukitan menoreh.Dahulu lokasi ini merupakan perkebunan biasa yang di kelola masyarakat, akan tetapi seiring dengan berjalanya waktu kebun teh ini di sulap menjadi destinasi wisata yang bagus.

Wisata Kebun Teh Nglinggo berada di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan bermobil untuk menuju ke wisata kebun teh kulon progo.


31.Goa Kiskendo

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Goa Kiskendo merupakan salah satu destinasi wisata goa yang berada di Kabupaten Kulon Progo. Goa kiskendo sendiri berada di Desa Girimulyo, Sokomoyo, Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. 

Menurut masyarakat sekitar Goa Kiskendo mempunyai mitos sebuah kerajaan yang bernama Goa Kiskendo yang di pimpin oleh raja yang bernama Prabu Mahesura. Prabu Mahesura sendiri mempunyai saudara yang bernama Lembusura yang masih satu perguruan di Jatusura. 


32.Pantai Glagah

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Pemandangan pantai glagah indah dari ketinggian (Foto ig/jogjascnery)

Pantai Glagah merupakan salah satu pantai wisata favorit  di Kulon Progo. menurut beberapa wisatawan yang berkunjung, pantai glagah adalah pantai yang memiliki pemandangan sunset terbaik di kulon progo.Pantai glagah sendiri memiliki karakterisitik pasir yang berwarna hitam.

Seiring berjalanya waktu, tetrapod yang berada di pantai glagah menjadi tempat favorit untuk mengabadikan foto. Selain Tetrapod dan dermaga di pantai glagah, terdapat juga laguna yang jarang di temui di pantai kulon progo. 

Laguna sendiri adalah sebuah tempat yang menampung air secara alami. Biasanya laguna pantai glagah tersusun dengan bebatuan yang terjadi secara alami

Pantai Glagah berlokasi di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.


33.Wisata Kedung Pedut

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Pemandangan kedung pedut (Foto ig/jogjaku)

Air Terjun Kedung Pedut merupakan salah satu wisata yang paling favorit di Kulon Progo. Untuk menuju lokasi air terjun wisatawan harus berjalan terlebih dahulu melewati jalur perbukitan.

Banyaknya pengunjung yang terpesona dengan keindahan warna air kedung pedut. Salah satunya adalah penampakan warna biru kehijuan dengan warna jernih air, di lokasi tersebut juga terdapat sebuah kolam mandi alami atau yang biasa di sebut dengan Kedung yang cukup besar menambah daya tarik wisatawan local maupun asing.

Lokasi Kedung Pedut berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.


34.Kedung Banteng

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Wisata Kedung Banteng merupakan wisata yang tergolong masih baru. Lokasi Kedung Banteng Kulon Progo berada di Dusun Pringtali, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Perjalanan dari pusat kota jogja menuju kedung banteng membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 70 menit dan jarak tempuh sejauh 41 kilometer.

Wisatawan yang berkunjung saat ini tidak perlu khawatir karena harga tiket masuk kedung banteng masih gratis. Pengunjung yang datang hanya akan di kenakan biaya parkir untuk sepeda motor sebesar Rp2.000 per motor dan Rp5.000 untuk parkir mobil.

Lokasi Kedung Banteng Kulon Progo berada di Dusun Pringtali, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.


35.Hutan Mangrove

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Jembatan api-api hutan mangrove (Foto ig/wonderfuljogja)

Kawasan hutan manrgove masih satu lokasi dengan pantai congot, lokasi hutang mangrove ini sedikit memanjang mulai dari muara sebelah barat Sungai Bogownto ke arah bata, sementara Pantai Congot sendiri berada di sebelah timur Sungai Bogowonto Sesampainya lokasi jembatan api-api pengunjung dapat dapat menikmati pemandangan yang sangat eksotis

Wisata Alam Hutan Mangrove berada di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasinya sendiri dekat dengan perbatasan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.


36.Puncak Suroloyo

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Sunrise di Puncak Suroloyo (Foto ig/jogjaku)

Puncak suroloyo merupakan salah satu bukit tertinggi di pegunungan Monerah yang terletak di daerah Kabupaten Kulon Progo. Lokasi Puncak Suroloyo berada di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh. Puncak Suroloyo Memiliki ketinggian 1.000 Mdpl dari permukaan air laut.

Hal lain yang membuat tempat ini menjadi sangat istimewa adalah jika cuaca sedang bersahabat, kalian bisa melihat pemandangan gunung Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro. Dari tempat ini kalian juga dapat melihat kemegahan Candi Borobudur yang berada di Kabupaten Magelang.


37. Embung Bogor

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Embung Bogor memang bendungan ini tidak sebesar bendungan Grojogan Watu Purbo yang berada di Sleman. Akan tetapi bendungan ini memiliki ciri khas yang cukup unik yaitu terdaoat bebatuan dip yang berada di sekitar bendungan.

Lokasi Embung Bogor berada di Desa Sendangsari, Kecamtan Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta


38.Pronosutan View

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Pemandangan hijau pronosutan view (Foto ig/bang.sidik)

Pronosutan View merupakan salah satu tempat wisata baru yang lagi ngetrend di kulon progo. Hamparan sawah terbentang dan memberikan pemandangan yang menakjubkan. Wisata ini mulai terkenal saat pandemi covid-19 seperti saat ini.

Pronosutan view berada di Pronosutan, Kembang, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.


39. Wildlife Rescue Centre 

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Salah satu satwa peliharan di Wildlife Rescue Centre (Foto ig/wrcjogja)

Wildlife Rescue Centre (WRC) merupakan salah satu wisata penangkaran hewan yang di bawah konservasi alam yogyakarta, NGO local ini di pimpin oleh GKR Pembayun. Pengunjung dapat menyaksikan banyak satwa liar hasil sitaan dan perdangaan ilegal.

Lokasi Wildlife Rescue Centre berada di Jl. Pengasih - Nanggulan, Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.


40.Progo Rafting

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Rafing di Kali Elo, Magelang (Foto ig/aprlinda)

Wisata Progo Rafting merupakan salah satu provider jasa wisata arung jeram yang berada di sungai magelang dan sungai elo magelang. Wisata ini berdiri pada tahun 1997 dan berpusat di Hotep Puri Asri, Kota Magelang.

Lokasi Progo Rafting berada di Jl. Raya Borobudur, Pabelan Satu, Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.


41.Bendungan Ancol

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Wisata bendungan merupakan bendungan yang di bangun pada era belanda. Bendungan ancol atau Bendungan Van Der Wijck sudah ada sejak tahun 1944 masehi. Bendungan Ancol berada di Dusun Pantog Wetan, Desa Banjoroya, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pengunjung biasanya menggunakan tempat ini untuk camping, pengunjung bisa mendirikan tenda di sekitar bendungan.


42.Kedung Bendo

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Kedung Bendo Girimulyo (Foto ig/fadlisck_)

Kedung Bendo merupakan salah satu wisata air terjun di kulon progo. Kedung ini memiliki pemandangan air terjunya yang cukup cantik. wisata ini sangat cocok bagi anda yang bosan dengan suasana perkotaan.

Selain itu kedung ini memliki air yang cukup jernih, lokasinya yang berada di dekat pepohohonan membuat suasana yang di dapatkan sangat alami.

Lokasi Kedung Bendo berada di Prangkokan, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.


43.Puncak Kuda Sembrani

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Puncak Kuda Sembrani (Foto ig/yuni.w)

Puncak Kuda Sembrani merupakan wisata pemandangan di kulon progo. Wisata ini menawarkan pemandangan hamparan persawahan hijau yang cantik. wisata ini memang belum terkenal seperti kalibiru.

Lokasi Puncak Kuda Sembrani berada di DesaBanjarsari, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

44. Bukit Jangkang

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Pemandangan di Bukit Jangkang (Foto ig/jogjaview)

Bukit Jangkan merupakan destinasi wisata pemandang yang berada di Kulon Progo. Bukit jangkang memiliki pemandangan utama yaitu waduk sermo. Pengunjung dapat mengabadikan moment dengan berfoto di bukit jangkang kulon progo.

Wisata Bukit Jangkang sangat cocok bagi anda yang gemar mengabadikan foto senja, pemandangan senja di bukit ini tidak kalah bagus dengan spot-spot lainya yang berada di jogja.

Lokasi Bukit Jangkang berada di Sermo Lor, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

45. Hutan Pinus Kalilo

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Hutan Pinus Kalilo merupakan destinasi wisata yang menyajikan pemandangan berupa pohonan pinus yang menjulang tinggi. Hampir sama dengan hutan pinus dlinggo, wisata ini memiliki banyak spot foto yang tentunya tak kalah cantik dengan wisata kulon progo lainya.

Lokasi Hutan Pinus Kalilo berada di Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Secara langsung lokasi ini berada di perbatasan antara kabupaten kulon progo dan purworejo.


46.Bendung Kayangan

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Pemandangan Bendung Kayangan (Foto ig/Leoniemariachi)
Tempat wisata di kulon progo selanjutnya adalah bendung kayangan. Bendung kayangan merupakan wisata sungai di kulon progo yang memiliki pemandangan air jernihnya yang sangat cantik. Tempat ini biasa di gunakan untuk berenang bagi sebagian anak-anak.

Lokasi Bendung Kayangan berada di Kepek, Bendowoharjo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

47.Kebun Bunga Krisan Gerbosari

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021
Foto Ig/diananung_putri)
Kebun Bunga Krisan Gerbosari merupakan wisata kebung bunga di kulon progo. Saat berkunjung di kebun bunga, wisatawan dapat melihat aneka ragam bunga yang cukup lengkap, pengunjung yang berminat juga dapat membelinya secara langsung.

Lokasi Kebun Bung Krisan Gerbosari berada di Dusun Karang, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.
 

48.Air Terjun Kedung Inggas

48 Tempat Wisata di Kulon Progo Terbaru Tahun 2021

Air Terjun Kedung Inggas merupakan salah satu wisata baru yang berada di kulon progo. air terjun ini memiliki bentuk yang cukup mini, tempat ini sering menjadi tujuan para pesepeda yang gemar mengexplor wisata di kulon progo.

Lokasi Air Terjun Kedung Inggas berada di Kwarakan, Sidorejo, Kecamatan Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.


Penutup

Nah, Bagimana tertaik untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di kulon progo. buat anda yang masih binggung bisa melihat wisata jogja bernuansa bali yang terdapat di jogja, sekian terima kasih dari yanacircle.com.