Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wisata Watu Amben, Tempat Santai Terbaik di Jogja

Watu Amben

Wisata Alam Watu Amben - Watu amben merupakan salah satu wisata yang berada di daerah mangungan, tepatnya di daerah Bantul. Wisata ini berada di kawasan wisata mangunan. Nama tempat wisata ini di ambil dari bahasa jawa yaitu Watu sebagai batu dan amben sebagai tempat tidur.

Watu ini memiliki bentuk batu yang sangat unik seperti ranjang tidur. Batu ini berada di ujung jurang yang berada di ketinggian ratusan meter. Wisata Alam Watu Amben masih tergolong wisata baru dan belum banyak di ketahui oleh para wisatawan lokal maupun mancarnegara. Karena berada di ketinggian, wisata ini memiliki panorama keindahan yang sangat bagus.

Dahulu tempat ini merupakan salah satu tempat perisitirahatan Kerajaan Mataram Jogja, di tempat ini anggota kerajaan dapat melihat pemandangan yang berada di bawahnya. Sebelum di kenal banyak orang seperti sekarang ini, watu amben di gunakan oleh warga sekitar sebagai tempat untuk mencari rumput untuk pakan hewan ternak. Selain memiliki tempat yang bagus, Pengunjung juga dapat bersantai di Watu Amben Bantul untuk menghilangkan stress.

Wisata Watu Amben, Tempat Santai Terbaik di Jogja
Warung Watu Amben (Picture / jogjaiswonderfull)

Setibanya di puncak watu amben, pengunjung dapat menikmati panorama kota jogja yang indah. Saat cuaca sedang cerah, pengunjung juga dapat melihat gunung merapi dan merbabu yang nampak di sebelah utara. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan sunset saat sore hari di gazebo yang sudah di sediakan oleh pihak pengelola.

Waktu yang paling tepat untuk mengunjungi wisata ini adalah pada saat malam hari. Saat malam hari, wisatawan dapat melihat pemandangan gemerlapnya lampu kota jogja yang sangat cantik.

Baca Juga: Tempat wisata di Kulon Progo

Lokasi Watu Amben

Wisatawan dapat menemukan dengan mudah wisata ini karena lokasinya berada di jalan utama menuju bukit bintang gunung kidul. Lokasi Wisata Watu Amben berada di Jl Dlingo - Patuk, Area Kebun, Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Anda juga dapat menggunakan aplikasi goggle maps untuk memper mudah menemukan lokasinya.


Rute Menuju Wisata Watu Amben

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi watu amben yang sedang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Panembahan Senopati lalu ambul arah menuju Jl Kusumanegara lurus sampai menemukan perempatan dan ambil arah ke kiri menuju Jl Gedong Kuning,

Setibanya di Jl Gedong Kuning, arahkan kendaraan anda menuju Jl Wonosari lurus sampai menemukan tanjakan menuju Jl Dlingo - Patuk, ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan papan penunjuk arah menuju wisata alam watu amben.

Jarak tempat wisata dari pusat kota jogja sekitar 19 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam tergantung dengan kondisi lalu lintas. Biasnya saat musim liburan jalan menuju gunung kidul selalu macet.

Harga Tiket Masuk Watu Amben

Untuk saat ini wisatawan yang ingin mengunjungi wisata watu amben tidak di kenakan biaya masuk alias gratis. Dengan itu, pengunjung dapat datang kapan saja, waktu yang paling bagus adalah saat malam hari. Pengunjung yang datang hanya akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk kendaraan motor dan Rp5.000 untuk mobil. 

Wisatawan juga dapat menikmati keindahan kota jogja sambil menikmati makanan di cafe watu amben dengan berbagai harga menu watu amben yang beraneka ragam, mulai dari yang murah hingga yang sedang. Wisata alam watu amben beroprasi selama 24 jam.

Fasilitas Wisata Watu Amben

Pengunjung juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang sudah tersedia, fasilitas di tempat ini cukup lengkap. Pengunjung hanya di sarankan untuk menjaga serta membuang sampah bekas makanan pada tempatnya, beberapa fasilitas watu amben di antaranya:
  • Tempat Parkir
  • Kamar Mandi
  • Gazebo 
  • Cafe Watu Amben
  • Makanan
  • Spot Foto

Daya Tarik Watu Amben

1. Bongkahan Batu Raksasa 
Sesuai dengan namanya, wisata watu amben ini memiliki sebuah bongkahan batu yang berukuran raksasa dan memanjang sama halnya ranjang. Pengunjung dapat menggunakan batu ini untuk berofoto dengan latar berlakang pemandangan kota jogja yang indah. Bagi anda yang ingin berofoto, sebaiknya berhati-hati karena batu ini berada di tepi jurang yang cukup dalam.

2. Pemandangan yang Cantik
Karena lokasinya yang berada di perbukitan, panorama di batu ini sangat indah. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat melihat pemandangan gunung merapi dan merbabu yang nampak jelas.

3. Menyaksikan Senja
Wisata watu amben ini juga menjadi tempat yang sangat bagus buat anda yang ingin menyaksikan sunset. Keindahan sunset di wisata ini tidak kalah bagus dengan wisata bantul lainya. Bagi anda yang berada di jogja, tempat ini sangat di rekomendasikan untuk menikmat sore sambil berbincang-bincang.

4. Menikmati Suasana Malam
Selain memiliki tempat yang unik, pengunjung juga dapat menikmati malam dengan menyaksikan pemandangan kota jogja yang gemerlap. Selain itu, pengunjung juga dapat membeli makanan di warung watu amben yang menyediakan berbagai harga makanan di watu amben.

5. Duduk Santai
Pengunjung juga dapat bersantai di gazebo yang sudah di sediakan oleh pihak pengelola. Udara di tempat ini sangat bersih dan sejuk di tambah lagi dengan pemandangan hijau yang menyegarkan mata. Suasana malam hari di tempat ini sangat romantis sehingga dapat di nikmati bersama teman, sahabat maupun keluarga.

Wisata Dekat Watu Amben

  • Bukit Bintang
  • Hutan Pinus Pengger
  • Bukit Wisata Watu Empring
  • Geopark Gunung Kidul
  • Watu Goyang
  • Wisata Watu Kapal
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata alam watu amben. Bagi anda yang sedang berlibur di jogja bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di bantul lainya,