Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Terjun Luweng Sampang, Grand Canyon Ala Gunung Kidul

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang - Gunung Kidul memang terkena dengan wisata budaya, kuliner hingga tempat wisatanya yang terkenal dengan pantai berpasir putih. Kondisi alam di daerah ini yang masih asri membuat wisatawan tertaik untuk mengunjungginya. Salah satu wisata air terjun yang terkenal di gunung kidul adalah Air Terjun Luweng Sampang.

Pantai di wilayah ini memang terkenal dengan bebatuan karang dan air terjun yang di ampit oleh bebatuan cadas berwarna putih. Jika mengamati dengan jeli, terlihat kontras antara warna air terjun yang hijau dengan batuan putih. Banyak pengunjung yang menyamakan air terjun luweng sampang gunung kidul dengan Antelope Canyon yang berada di Arizona.

Sejarah Arti Terjun Luweng Sampang sendiri di ambil dari bahasa jawa yang berarti Luweng artinya lubang dan sampang yang berarti lokasi wisata. Ketinggian air terjun ini kurang lebih 5 meter dengan air yang mengucur dengan deras setiap tahunya.

Waktu yang paling tempat untuk mengunjungi air terjun ini adalah saat musim kemarau. Saat musim kemarau air terjun memiliki warna hijau kebiruan dengan debit yang relatif kecil. Sedangkan jika wisatawan menngunjungi tempat ini pada saat musim hujan akan menemui air terjun yang berwarna coklat.

Air Terjun Luweng Sampang, Grand Canyon Ala Gunung Kidul
Luweng Sampang Waterfall (Picture Ig / gerllend)

Wisatawan juga dapat bermain air dengan mandi pada kolam renang yang memiliki kedalaman kurang dari 2 meter ini. Selain itu, aktivitas yang dapat anda lakukan adalah berburu foto yang cantik dengan latar belakang pemandangan air terjun dengan bebatuan karang yang berwarna putih.

Baca Juga: Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul, Grand Canyonya Jogja

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang

Bagi pengunjung yang akan mengunjungi wisata ini tidak perlu khawatir karena lokasinya yang mudah di temukan dan akses jalan yang sudah bagus. Pengunjung juga bisa menuju Pantai Baros yang masih satu arah, Lokasi Air Terjun Luweng Sampang berada di Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.


Rute Menuju Air Terjun Luweng Sampang

Bagi anda yang ingin mengunjungi wisata air terjun gunung kidul ini dapat dengan mudah di jangkau. Jika anda berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Ahmad Dahlan lalu menuju Jl Pangurukan kemudian lurus sampai Jl Kusumanegara.

Sesampainya di Jl Gedong Kuning arahkan kendaraan anda menuju Jl Wonosari lalu melewati Jl Nasional III ikuti jalan tersebut sampai ke pertigaan ke utara menuju Jl Raya Piyungan. Lanjutkan perjalanan menuju Jl Piyungan - Ngoro oro kemudian ikuti jalan tersebut sampai menemukan lokasi.

Jarak kota jogja sampai di Air Terjun kurang lebih sejauh 30 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 15 menit. Cepat lambatnya waktu tempuh tergantung kondisi lalu lintas.

Baca Juga: Curug Pulosari, Wisata Air Terjun Tersembunyi di Jogja

Harga Tiket Masuk Air Terjun Luweng Sampang

Untuk saat ini wisatawan yang akan memasuki kawasan wisata ini pengunjung tidak di kenakan biaya masuk alias gratis. Sedangkan, pengunjung yang menggunakan kendaraan motor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi.

Fasilitas Air Terjun Luweng Sampang

Wisata air terjun ini masih tergolong wisata baru yang terkenal sekitar tahun 2015 lalu. Karena lokasinya yang berada di desa fasilitas yang dapat anda temukan masih tergolong minim. Beberapa fasilitas yang sudah mulai di bangun di antaranya:
  • Tempat Parkir
  • Gazebo
  • Warung Kecil
  • Kamar Mandi

Jam Oprasional Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang buka selama 24 jam dan beroprasi setiap hari. dari hari senin sampai hari minggu. Waktu yang pas untuk mengunjungi wisata ini adalah saat hari kerja, karena anda dapat menikmati dengan leluasa.

Jalan Menuju Air Terjun Luweng Sampang

Pertama yang akan anda lalui adalah pedesaan Sampang yang mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani dan peternak. Akses menuju lokasi dapat di lalui menggunakan kendaraan bermotor maupun mobil.

Setibanya di tempat parkir, pengunjung akan di hadapkan dengan tembok penyangga tanah yang terbuat dari semen, pasir dan batu muka yang berwarna putih. Bangunan tersebut menjadi pondasi bukit kecil yang berada di parkiran untuk mengantisipasi jika terjadi longsor.

Pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu melalui jalur yang sudah di buat kusus bagi pengunjung. Wisatawan harus melewati bebatuan dan beberapa anak tangga yang sudah terbuat dari semen. Selain pemandanganya yang bagus, sepanjang pengunjung akan melewati pepohonan rindang yang memiliki view yang menawan.

Daya Tarik Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang, Grand Canyon Ala Gunung Kidul
Pemandangan bebatuan dengan air yang ekstetik (Picture Ig / yuniico_satya)
1. Keindahan Air Terjun
Pesona yang di tawarkan di air terjun sampang gunung kidul berbeda dengan yang lainya. Debit air yang di tentukan oleh setiap musim berbeda, Jika musim kemarau debit air terjun relatif kecil sedankan saat musim penghujan makan debit air relatif besar.

Begitu juga dengan warna air dan kejerniahanya, saat musim kemarau air relatif berwarna biru ke-hijauan sedangkan saat musim air berwarna kecoklatan. wisata air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 5 meter. Hal unik lainya adalah lokasi air terjun yang di ampit dengan dua tebing sekaligus yang menjadi daya tarik.

Pengunjung juga dapat bermain air maupun berenang di kolam yang cukup lebar, kolam ini menjadi tempat favorit pengunjung karena biasa di gunakan sebagai spot foto. Wisatawan juga dapat bersantai dengan meminum segelas coklat sambil menikmati keindahan alamnya, tentu akan menjadi liburan yang mengasikan.

2. Taman 
Tidak jauh dari air terjun, terdapat sebuah taman yang bisa pengunjung gunakan untuk berfoto serta gazebo yang bisa anda gunakan untuk bersantai sambil mengamati pemandangan sekitar.

Panorama yang di suguhkan dari taman adalah saat ketika mulai menyusuri anak tangga, dengan itu pengunjung dapat melihat bebatuan yang tersusun dengan rapih. Selain itu, keberadaan pepohonan yang hijau membuat udara menjadi lebih sejuk cocok buat anda yang ingin merasakan udara pedasaan yang segar.

Baca Juga : Pesona Air Terjun Randusari

Wisata Dekat Luweng Sampang
  • Tebing Breksi
  • Embung Nglanggeran
  • Wisata Alam Curug Gede
  • Gunung Api Purba Nglanggeran
  • Candi Ratu Boko
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentan wisata air terjun luweng sampang gunung kidul. Bagi anda yang bosan dengan wisata air bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul lainya.