Air Terjun Luweng Sampang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: Alamat: Sampang, Gedangsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55863.

Air Terjun Luweng Sampang – Gunung Kidul memang terkena dengan wisata budaya, kuliner hingga tempat wisatanya yang terkenal dengan pantai berpasir putih. Kondisi alam di daerah ini yang masih asri membuat wisatawan tertaik untuk mengunjungginya. Salah satu wisata air terjun yang terkenal di gunung kidul adalah Air Terjun Luweng Sampang.

Pantai di wilayah ini memang terkenal dengan bebatuan karang dan air terjun yang di ampit oleh bebatuan cadas berwarna putih. Jika mengamati dengan jeli, terlihat kontras antara warna air terjun yang hijau dengan batuan putih. 

Banyak pengunjung yang menyamakan air terjun luweng sampang gunung kidul dengan Antelope Canyon yang berada di Arizona.

Air Terjun Luweng Sampang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Luweng Sampang Waterfall (Picture Ig / gerllend)

Wisatawan juga dapat bermain air dengan mandi pada kolam renang yang memiliki kedalaman kurang dari 2 meter ini. Selain itu, aktivitas yang dapat anda lakukan adalah berburu foto yang cantik dengan latar belakang pemandangan air terjun dengan bebatuan karang yang berwarna putih.

Sejarah Luweng Sampang

Sejarah Arti Terjun Luweng Sampang sendiri di ambil dari bahasa jawa yang berarti Luweng artinya lubang dan sampang yang berarti lokasi wisata. Ketinggian air terjun ini kurang lebih 5 meter dengan air yang mengucur dengan deras setiap tahunya.

Waktu yang paling tempat untuk mengunjungi air terjun ini adalah saat musim kemarau. Saat musim kemarau air terjun memiliki warna hijau kebiruan dengan debit yang relatif kecil. Sedangkan jika wisatawan menngunjungi tempat ini pada saat musim hujan akan menemui air terjun yang berwarna coklat.

Baca Juga: Air Terjun Sri Gethuk: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Air Terjun Luweng Sampang

Alamat Air Terjun Luweng Sampang berada di Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Wisata ini masih satu arah dengan Pantai Baros.

Rute Menuju Air Terjun Luweng Sampang

Bagi anda yang ingin mengunjungi wisata air terjun gunung kidul ini dapat dengan mudah di jangkau. Jika anda berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Ahmad Dahlan lalu menuju Jl Pangurukan kemudian lurus sampai Jl Kusumanegara.

Sesampainya di Jl Gedong Kuning arahkan kendaraan anda menuju Jl Wonosari lalu melewati Jl Nasional III ikuti jalan tersebut sampai ke pertigaan ke utara menuju Jl Raya Piyungan. Lanjutkan perjalanan menuju Jl Piyungan – Ngoro oro kemudian ikuti jalan tersebut sampai menemukan lokasi.

Setibanya di tempat parkir, pengunjung akan di hadapkan dengan tembok penyangga tanah yang terbuat dari semen, pasir dan batu muka yang berwarna putih. Bangunan tersebut menjadi pondasi bukit kecil yang berada di parkiran untuk mengantisipasi jika terjadi longsor.

Baca Juga: Air Terjun Randusari: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Tiket Masuk Air Terjun Luweng Sampang

Untuk saat ini wisatawan yang akan memasuki kawasan wisata ini pengunjung tidak di kenakan biaya masuk alias gratis. Namun wisatawan akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

HARGA TIKET AIR TERJUN LUWENG SAMPANG
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 10.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000

Fasilitas Air Terjun Luweng Sampang

Wisata air terjun ini masih tergolong wisata baru yang terkenal sekitar tahun 2015 lalu. Karena lokasinya yang berada di desa fasilitas yang dapat anda temukan masih tergolong minim. Beberapa fasilitas yang sudah mulai di bangun di antaranya:
  • Tempat Parkir
  • Gazebo
  • Warung Kecil
  • Kamar Mandi

Jam Oprasional

Air Terjun Luweng Sampang buka selama 24 jam dan beroprasi setiap hari. dari hari senin sampai hari minggu. Waktu yang pas untuk mengunjungi wisata ini adalah saat hari kerja, karena anda dapat menikmati dengan leluasa.

Daya Tarik Air Terjun Luweng Sampang

Keindahan Air Terjun

Air Terjun Luweng Sampang: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Pemandangan Air Terjun (Image Source: Instagram)

Pesona yang di tawarkan di air terjun sampang gunung kidul berbeda dengan yang lainya. Debit air yang di tentukan oleh setiap musim berbeda, Jika musim kemarau debit air terjun relatif kecil sedankan saat musim penghujan makan debit air relatif besar.


Begitu juga dengan warna air dan kejerniahanya, saat musim kemarau air relatif berwarna biru ke-hijauan sedangkan saat musim air berwarna kecoklatan. wisata air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 5 meter. Hal unik lainya adalah lokasi air terjun yang di ampit dengan dua tebing sekaligus yang menjadi daya tarik.

Pengunjung juga dapat bermain air maupun berenang di kolam yang cukup lebar, kolam ini menjadi tempat favorit pengunjung karena biasa di gunakan sebagai spot foto. Wisatawan juga dapat bersantai dengan meminum segelas coklat sambil menikmati keindahan alamnya, tentu akan menjadi liburan yang mengasikan.

Taman 

Tidak jauh dari air terjun, terdapat sebuah taman yang bisa pengunjung gunakan untuk berfoto serta gazebo yang bisa anda gunakan untuk bersantai sambil mengamati pemandangan sekitar.

Panorama yang di suguhkan dari taman adalah saat ketika mulai menyusuri anak tangga, dengan itu pengunjung dapat melihat bebatuan yang tersusun dengan rapih. Selain itu, keberadaan pepohonan yang hijau membuat udara menjadi lebih sejuk cocok buat anda yang ingin merasakan udara pedasaan yang segar.

Wisata Dekat Luweng Sampang

Curug Gedhe

Curug Gedhe merupakan salah satu wisata air terjun yang berada di dekat Gunung Api Purba Nglanggeran. Aliran air terjun ini berasal dari Air Terjun Gambyong, dimana air terjun ini berada di tengah lembah dan berada di perbatasan.

Alamat Curug Gedhe berada di Dusun Gambyong, Ngoro-oro, Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Gunung Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan salah satu gunung api purba yang sudah terbentuk sekitar 60 – 70 juta tahun lalu. Gunung ini didominasi dengan aglomerat dan breksi gunung api.

Alamat Gunung Api Purba berada di Desa Nglanggeran, Kec. Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentan wisata air terjun luweng sampang gunung kidul. Bagi anda yang bosan dengan wisata air bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul lainya.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *