Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Blue Lagoon Jogja, Wisata Pemandian Alami di Jogja

Blue Lagoon Jogja

Bluee Lagoon Jogja Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00-17.00 No. Telepon: - Alamat: Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55584.

Blue Lagoon Jogja - Berlibur ke jogja kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi wisata alamnya yang memiliki pesona memukai. Daerah yang dijuluki dengan kota pelajar ini memiliki banyak destinasi wisata yang harus anda kunjungi saat berlibur ke jogja. Salah satu wisata yang berada dibawah kaki gunung merapi yang sangat terkenal yaitu Blue Lagon Jogja.

Blue Lagon merupakan kolam renang alami yang memiliki warna biru kehijuan yang berbentuk cekungan layanknya pemandian para raja. Wisata yang mulai terkenal pada tahun 2014 ini disebut oleh warga dengan nama Tirta Budi. Sumber mata air dari pemandan ini berasal dari dalam tanah.

Disekitar pemandian juga terdapat sumber mata air alami yang bernama Sendang Wadon (Putri), Belik Kluwih dan Sendang Lanang (Putra). Ketiga sendang tersebut berada di daerah aliran Sungai Tepus.

Blue Lagoon Jogja, Wisata Pemandian Alami di Jogja
Blue Lagoon Yogyakarta (Source : Instagram)

Berdasarkan namanya, Sendang Wadon (putri) merupakan pemandian yang dikhusukan untuk wanita. Sedangkan Sendang Lanang dan Sendang Belik diperuntunkan untuk laki-laki, uniknya lagi sendang ini memiliki pancuran yang bersumber dari dinding tepi kali. 

Baca Juga: Stonehenge Jogja, Wisata Bernuansa Inggris di Jogja

Lokasi Blue Lagoon Jogja

Wisatawan dapat menemukan dengan mudah wisata pemandian alami ini. Akses menuju lokasinya sudah sangat mendukung dan dapat dilalui menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi.

Lokasi Blue Lagoon Jogja berada di Area Sawah, Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Wisata ini berjarak kurang lebih 20 kilometer dari malioboro dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 40 menit dengan lalu lintas normal.

Rute Menuju Blue Lagoon Jogja

Bagi wisatawan yang sedang berada di pusat kota jogja dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda muju Jl Mayor Suryotomo kemudian belok kekiri menuju Jl Mataram. Ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan Jl Mas Suharto Jambu, kemudian belok kiri menuju Jl Tukangan.

Dari Jl Tukangan lurus sampai menemukan Jl Yos Sodarso, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan perempatan lalu ke kanan menuju Jl Faridsn Muridan Noto. Dari jalan tersebut belok ke kiri menuju Jl Suroto dan melewati Gramedia Sudirman.

Selanjutnya ikuti saja sampai tiba di Jl Cik Dik Tiro, lurus kemudian menuju Bundaran UGM lalu ambil jalan menuju Jl Terban, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan Jl Persatuan dan menuju Jl Kaliurang. Dari Jl Kaliurang arahkan kendaraan anda menuju Jl Besi Jangkang kemudian menuju Jl Raya Kemasa, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan pertigaan lalu belok kiri dan belok kanan. Objek wisata Blue Lagoon Sleman.

Baca Juga: Tebing Breksi Jogja, Wisata Bernuansa Ukiran Batu Kapur

Harga Tiket Masuk Blue Lagoon Jogja

Wisatawan yang akan menikmati pemandian alami yang segar dan cantik tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pengunjung yang akan merasakan sensasi mandi dipemandian alami ini akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp5.000 per orang.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan baya parkir sebesar Rp2000 dan Rp3.000 untuk kendaraaan pribadi atau mobil.

Fasilitas Blue Lagoon Jogja

Selain memiliki keindahan alam yang menyegarkan, Blue Lagoon Jogja ini juga memiliki beberapa fasilitas yang dapat wisatawan gunakan. Pengelola wisata sudah membangun beberapa tempat yang dapat anda gunakan, beberapa fasilitas tersebut diantaranya:
  • Tempar parkir
  • Kamar mandi
  • Tempat ganti
  • Gazebo
  • Mushola
  • Warung makan
  • Tempat penitipan barang

Daya Tarik Blue Lagoon Jogja

Pemandian Tirta Budi ini sebenarnya merupakan pemandian yang berasal dari sungai alami biasa. Namun karena air sungai yang berwarna hijau kebiruan layaknya Blue Lagoon Islandia membuat para wisatawan penasaran untuk mengunjunginya. Beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan diobjek wisata.

1. Bermain Air
Meski tidak seperti wisata aslinya yang berada di islandia, pemandian ini tak kalah bagus. Airnya yang segar dan memiliki warna yang unik membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Mereka bisa bersantai dan bermain air disekitar objek wisata.

Namun hal yang perlu di ingat, untuk melihat air yang berwarna hijau-kebiruan, wisatawan harus datang pada saat musim kemarau. Pasalnya saat musim hujan, warna air dipemandian ini akan berwarna coklat karena bercampur dengan air sungai tepus.

2. Wahana Air
Saat anda mengunjungi wisata ini pada saat musim hujan, anda tidak perlu khawatir. Pasalnya anda dapat mencoba beberapa tempat yang bisa anda gunakan sebagai spot bermain. Salah satu spot yang dapat anda gunakan adalah berseluncur di bawah air terjun mini.

Tidak hanya berseluncur, anda juga bisa merasakan sensasi pijat alami dibawah mata air yang terdapat di pancuran. Biasanya wisatawan memanfaatkan tempat tersebut sebagai pijat alami. Pancuranya sendiri memiliki panjang sekitar 2 meter dan lokasinya yang berdekatan dengan Sendang Lanang.

3. Bersantai
Tidak hanya bermain saja, wisatawan juga dapat menikmati beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola wisata yaitu gazebo. Di gazebo ini anda dapat bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar.

Bersantai digazebo kurang lengkap rasanya bila belum merasakan kuliner daerah yang berada disekiar wisata. Beragam kuliner ndeso seperti jajanan pasar dapat anda coba diwarung sekitar objek wisata. Tentu dengan bersantai dan menikmati kuliner akan membuat liburan anda semakin berkesan.

Wisata Dekat Blue Lagoon Jogja

  • Tebing Breksi
  • The Lost World Castle
  • Candi Ratu Boko
  • Candi Ijo
Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pemandian blue lagoon jogja. Bagi anda yang ingin merasakan sensasi wisata lainya, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman. Tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selamat Berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.