Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Ijo Jogja, Spot Indah Menikmati Sunset dari Ketinggian

Candi Ijo

Candi Ijo Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00-15.00 No. Telepon: - Alamat: Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55572.

Candi Ijo - Yogyakarta merupakan daerah yang terkenal dengan kota pelajarnya. Siapa sangka, provinsi ini juga terkenal dengan berbagai wisatanya mulai dari wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata alam. Berbicara jogja tentu tidak asing lagi dengan wisata candinya yang cukup banyal. Beberapa candi yang cukup terkenal seperti candi prambanan, candi ratu boko dan candi Candi. Salah satu wisata candi yang cukup terkenal dengan pemandangan sunsetnya adalah Candi Ijo.

Candi Ijo merupakan objek wisata yang terletak diperbukitan, lokasinya berada di sebelah timur kota jogja dan memiliki ketinggian kurang lebih 375 meter dari atas permukaan laut. Objek wisata ini merupakan wisata candi di jogja yang banyak memikat wisatawan lokal maupun luar daerah.

Hal unik dari objek wisata ini adalah lokasinya berada diperbukitan, dan bisa melihat pemandangan kota jogja dari ketinggian. Tidak hanya itu saja, wisatawan juga dapat melihat runaway bandara Adisucipto dengan jelas.

Candi Ijo Jogja, Spot Indah Menikmati Sunset dari Ketinggian
Pemandangan sekitar objek wisata (Source : Instagram)

Selain memliki bentuk candi yang unik, tempat ini juga sering dijadikan sebagai spot berburu matahari tenggelam atau sunset. Tidak sedikit wisatawan yang berasal dari luar daerah untuk mendapatkan kombinasi spot foto sunset dengan candi ijo yang tentunya akan menjadi perpaduan yang sangat ekostis.

Baca Juga: Tebing Breksi Jogja, Wisata Bernuansa Ukiran Batu Kapur

Lokasi Candi Ijo

Lokasi Objek wisata ini terletak di perbukitan yang berada disebelah timur kota jogja dan berbatasan langsung dengan kota klaten. Sehingga bagi wisatawan yang berada dipusat kota jogja harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Tapi perjalanan jauh akan terbayarkan dengan pemandanganya yang sangat eksotis.

Alamat Candi Ijo terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Candi Ijo

Bagi anda yang sedang berada dipusat kota bisa menggunakan rute ini untuk menuju objek wisata. Hal yang perlu perhatikan adalah lokasi candinya yang berada diperbukitan membuat anda harus menempuh perjalnan dengan trek yang cukup menanjak, oleh sebab itu pastikan kendaraan anda dengan kondisi normal.

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jalan Jogja - Solo kemudian ambil pertigaan Candi Prambanan lalu belok ke kanan untuk memasuki Jl Prambanan - Piyungan hingga menemukan papan penunjuk arah menuju Candi Ijo Jogja.

Jarak yang akan anda tempuh sejauh 20 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 50 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Stonehenge Jogja, Wisata Bernuansa Inggris di Jogja

Harga Tiket Masuk Candi Ijo

Wisatawan yang akan menikmati keindahan candi hindu tidak perlu pergi jauh-jauh ke bali. Harga tiket masuk wisata ini cukup terjangkau bagi semua kalangan. Untuk menikmati keindahan candi wisatawan akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Candi Ijo

Wisatawan dapat menggunakan berabgai fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Karena lokasinya yang tak jauh dari tebing breksi terdapat beberapa fasilitas yang digunakan bersama, beberapa fasilitas di antaranya:
  • Spot Foto
  • Tempat parkir
  • Gazebo
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Papan Informasi
Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali

Sejarah Candi Ijo

Candi ijo merupakan salah satu bangunan dengan corak Hindu, berajarak 4 kilometer dari Candi Ratu Boko. Candi ini di bangun antara abad 10 dan 11 masehi pada zaman kerajaan Medang periode mataram. Objek wisata ini juga memiliki 17 candi yang berdiri dengan kokoh dan terdapat 11 teras berundak.

Untuk teras paling atas merupakan komplek yang dianggap paling suci dengan di tandai tiga candi perwara. Tiga Candi perwara merupakan Brahma, Siwa dan Whisnu.

Daya Tarik Candi Ijo

Lokasinya yang berada diperbukitan membuat wisatawan dapat melihat pemandangan hijau dari sekitar candi. Apalagi lokasinya yang berdekatan dengan Bandara Adisucipto. wisatawan juga dapat melihat dengan jelas pesawat militer mendaeat ke landasan bandara.

Tidak cukup itu saja, wisatawan juga dapat berkeliling melihat Candi Prambanan di sebelah barat menggunakan Jeep Wisata. Bagi wisatawan yang ingin berkeliling menggunakan jeep akan dikenakan biaya Rp350.000 - Rp600.000 per jeep. Setiap jip dapat menampung kurang lebih 4-6 orang. Anda akan dibawa berjalan mengelilingi sejumlah candi.

Setelah slesai berkeliling, anda dapat menghabiskan sisa waktu anda untuk menikmati pemandangan sunset. Dari ketinggian, anda dapat melihat sinar matahari berwarna orange yang sangat cantik dengan perpaduan bebatuan candi.

Belum lagi jika terdapat pesawat terbang yang sedang melintas, membuat pemandangan sunset semain cantik. Untuk itu, tunggu apalagi segera agendakan untuk mengunjungi salah satu wisata terkenal di jogja ini.

Wisata Dekat Candi Ijo

  • Tebing Breksi
  • Candi Sambisari
  • Candi Prambanan
  • Candi Ratu Boko
  • Candi Barong
  • Stonehenge Jogja
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata candi ijo jogja. Bagi anda yang ingin menikmati wisata lainya bisa memilih salah satu tempat wisata di sleman lainya. Tetap menjaga prokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.