Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Candi Sambisari Jogja, Peninggalan Sejarah yang Sempat Terkubur

Candi Sambisari

Candi Sambisari Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 08.00-17.00  No. Telepon: - Alamat: Purwomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55771.

Candi Sambisari - Berbicara tentang jogja tentu kurang lengkap rasanya jika tidak membahas tentang wisata sejarahnya yang cukup kental. Mungkin beberapa wisatawan hanya tau tentang candi prambanan atau candi ijo. Berada di sebelah utara kota jogja terdapat sebuah candi yang memiliki daya tarik tersendiri. Nama objek wisata sejarah tersebut adalah Candi Sambisari.

Candi Sambsari merupakan salah satu candi yang cukup unik, karena lokasinya sedikit rendah dari tanah biasnya yaitu sekitar 5 - 6 meter di bawah permukaan tanah. Dengan demikian, wisatawan yang akan menikmati keindahan bangunan sejarah tersebut harus berjalan kaku menuruni beberapa anak tangga yang tersusun rapi menuju kompleks candi.

Candi Sambisari ditemukan oleh seorang petani yang beranama Bapak Karyowinangun pada tahun 1966. Saat itu beliau sedang mengelolah sawah yang berada sekitar, saat mencangkul tiba-tiba cangkulnya mengenai sebuah batu yang berukuran raksasa. Setelah di gali lebih jauh ternyata batu tersebut merupakan bekas reruntuhan batu candi.

Candi Sambisari Jogja, Peninggalan Sejarah yang Sempat Terkubur
Candi Sambisari Yogyakarta (Source : Instagram)

Selanjutnya di lakukan penggalian dan penilitan di lokasi sekitar batu tersebut ditemukan. Setelah dipastikan merupakan batu candi yang terpendak, maka langsung di adakan penggalian dan evakuasi. Setelah proses evakuasi selesai, selanjutnya dilakukan pra-pemugaran dengan mengelompokan batu yang sejenis.Selanjutnya dilakukan pemugaraan, hasilnya terlihat seperti saat ini.

Baca Juga: Merapi Park Jogja, Wisata Replika Landmark di Dunia

Sejarah Candi Sambisari

Candi Sambisari di temukan oleh seorang petani yang bernama Karyowinangun pada tahun 1966. Penemuan candi tersebut sekaligus menjadi awal mula penamaan desa sambisari. Candi tersebut terletak dibawah permukaan tanah sedalam 6,5 meter. Menurut penelitian situs sejarah tersebut terpendam akibat letusan gunung merapi yang cukup besar (Kemungkinan letusan tahun 1006).

Bangunan tersebut memiliki ukuran 50 x 48 meter, kompleks candi memiliki tuga candi perwara (pendamping). Di bagian luar terdapat sebuah relung yang berisi patung Durga Mahisasuramardini (Sebelah Utara), Patung Ganesa (Sebelah Timur), Patung Agastya (Sebelah Selatan). Tidak hanya itu, didalam kawasan candi juga terdapat lingga dan yoni yang memiliki ukuran cukup besar.

Bangunan tersebut di perkirakan di bangun pada abad ke 8. Sedangkan beberapa batu isian yang terdapat di candi yaitu beruba batu padas. Maka dari itu pada masa pendirinaya hampir sama dengan candi Prambanan, Plaosan, dan Sojiwan sekitar abad ke- 9 sampai abad ke-10 M.

Baca Juga: Candi Ijo Jogja, Spot Indah Menikmati Sunset dari Ketinggian

Lokasi Candi Sambisari

Lokasi wisata sejarah ini terletak disebuah desa yang cukup pelosok. Akan tetapi akses menuju wisatanya dapat dilalui menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi. Wisata ini juga dekat dengan wisata candi disekitarnya.

Alamat Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Candi Sambisari

Bagi wisatawan yang sedang berada dikota jogja bisa menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Jogja - Solo. Setelah menemukan pintu masuk Angkatan Akademi Udara belok ke kiri lalu ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan lokasi wisatanya.

Jarak yang akan anda lalui dari pusat kota jogja menuju lokasi sekitar 12 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 30 dengan kondisi lalu-lintas normal. Untuk akses menuju lokasi wisatanya dapat dilalui menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Candi Sambisari

Untuk melihat kawawasan wisata sejarah anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke bali. Sebab untuk memasuki Candi Sambisari Kalasan harga tiketnya sangat terjangkau.wisatawan akan dikenakan biaya masuk Rp5.000 per orang. 

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil. Tempat parkir diwisata ini juga cukup luas dan dapat menampung beberapa mobil travel.

Fasilitas Candi Sambisari

Beberapa fasilitaas dapat anda nikmati diobjek wisata ini. Pengelola wisata berharap supaya pengunjung menjaga kelestarian candi dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak bangunan, beberapa fasilitas yang dapat anda gunakan diantaranya.
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Papan inofrmasi
  • Gazebo
  • Tempat informasi

Daya Tarik Candi Sambisari

1. Keunikan Candi
Jika letak candi pada umumnya terletak diatas permukaan tanah, candi sambisari jogja letakya berada 6,5 meter dibawah tanah. Menurut penilitan, penyebab utama dari lokasi candi yang berada dibawah permukaan tanah adalah letusan gunung merapi yang cukup besar pada tahun 1006 masehi.

Bangunan ini ditemukan oleh seorang petani yang sedang mencangkul pada tahun 1966. Saat dilakukan penggalian terdapat beberapa benda yang cukup penting seperti perhiasaan, tembikar, prasasti dan cermin logam. Kemudian pata tahun 1986 dilakukan pemugaran oleh Dinas Purbakala Yogyakarta.

Kawasan ini berada di antara 2 pagar, halaman luar di kelilingi oleh pagar berupa bebatuan rendah, sedangkan halaman dalamnya dikelilingi oleh batu pagar setinggi 2 meter dan memiliki tebal 50 cm. Selain itu, kawasan ini juga memiliki pintu masuk yang berupa gapura. 

Selain itu terdapat 8 buah lingga yang tersebear, uniknya sebesar batu lingga tersebut sesuai dengan arah mata angin. Menurut segi arsitektur dan usianya, candi ini dibangun pada abad ke 8 masehi.

2. Kuliner
Berwisata kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba kuliner yang berada disekitar wisata. Di sebelah uatara candi terdapat warung soto batok yang cukup terkenal dikawasan tersebut. Pembernian nama soto batok sendiri tak lepas dari wadahnya yang terbuat dari batok kelapa.

Harga satu porsi soto batok cukup bersahabat, yaitu sebesar Rp5.000 per porsi. Harga tersebut sudah termasuk dengan nasi beserta daginingnya. Tidak hanya itu saja, berbagai aneka lauk pauk juga dapat anda coba seperti usus, tempe, mendoan, telur puyuh dan masih banyak lagi.

Harga minumanya cukup murah sekitar Rp2.000 saja. Lokasi warungnya juga sangat kental dengan adat jawa yaitu beruba saung lesehan dengan meja yang terbuat dari bambu. Dengan begitu tentu akan membuat liburan anda semakin berkesan.

Wisata Dekat Candi Sambisari

  • Agrowisata Bhumi Merapi
  • Museum Gunung Merapi
  • Candi Prambanan
  • Tebing Breksi
  • Candi Ijo
  • Merapi Park Jogja
Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata candi sambisari sleman. Bagi anda yang ingin merasakan suasana yang berbeda, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata disleman lainya. Tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencucui tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.