Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jembatan Soka Pundong, Spot Foto Instagramble di Bantul

Jembatan Soka Pundong Bantul

Jembatan Soka Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: 0877-0577-9377 Alamat: Seloharjo, Pundong, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Jembatan Soka - Bantul merupakan kabupaten yang berada di jogjakarta. Daerah ini memiliki beberapa wisata yang cukup terkenal seperti pantai parangtritis, hutan pinus mangunan dan songgo batu langit. Selain wisata alamnya yang unik, terdapat tempat wisata yang sengaja dibangun sebagai penghubung antar desa. Namanya wisata tersebut adalah Jembatan Soka Pundong Bantul.

Jembatan ini sebenarnya merupakan jembatan biasa yang menghubungkan antara Desa Srihardono dan Desa Selorejo. Hal yang membuat tempat ini menarik adalah bentuk aritektur jembatan dan pemandangan almnya yang berada disekitar jembatan.

Jembatan Soka Pundong, Spot Foto Instagramble di Bantul
Jembatan Soka Pundong Bantul (Source : Instagram)

Namun, meski berstatus sebagai jembatan penghubung, tempat ini menjadi objek wisata baru yang memiliki pemandangan yang sangat indah.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo

Lokasi Jembatan Soka Bantul

Wisatawan yang tertarik untuk melihat secara langsung dapat menuju ke lokasi objek wisata. Anda bisa menggunakan kendaraan kendaran pribadi seperti mobil atau menggunakan kendaraan motor untuk menuju ke lokasi. Lokasinyapun pun berada di dekat Pantai Parangtritis.

Alamat Jembatan Soka berada di Soko, Seloharjo, Kecamtan Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Rute Menuju Jembatan Soka

1. Dari Wates, Kulon Progo
Jika anda sedang berada di wates (Ikip pgri) arahkan kendaraan anda menuju Jl Nasional yang berada di kedungsari. Setelah itu ikuti Jl Nasional III menuju Jl Argorejo dan Jl Sedayu - Gesikan lalu ke Jl Ganjuran Bambang Lipuro.

Ikuti saja Jl Ganjuran sampai tiba di Jl Parangtritis di Patalan, kemudian belok kiri menuju Jl Parangtritis. Ikuti saja Jl Mangun Negoro dan Jl Raya Pundong hingga tiba di Gunung Puyuh.

2. Dari Jogja Kota
Bagi anda yang sedang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini untuk menuju ke objek wisata. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Bantul lalu melewati Jl Cepit - Tembi sampai tiba di Sawahan. Sawahan belok ke kiri menuju Jl Cepit -Tembi, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan Jl Parangtritis kemudian melewati Jl Mangun Negoro yang berada di Ketandan.

Setibanya di Ketandan, ikuti saja Jl Mangun Negoro dan Jl Raya Pundong hinga sampai ke tujuan di Gunung Puyuh. Waktu yang dibutuhkan sekitar 50 menit dengan menempuh jarak sejauh 23,6 kilometer.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali

Harga Tiket Masuk Jembatan Soka

Berbicara tentang harga tiket, pengunjung yang ingin berfoto ditempat ini tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Wisata jembatan ini terbuka untuk umum, sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil sebaiknya dititipkan pada penduduk sekitar supaya tidak menganggu lalu lintas.

Di sekitar jembatan terdapat beberapa warung yang menjajakan berbagai macam makanan ringan. Setelah menikmati pemandangan jembatan soka bantul, anda juga bisa mengunjungi tempat wisata dibantul lainya.

Fasilitas Jembatan Soka

Jembatan yang berfungsi sebagai penghubung antar desa ini sebetulnya bukan tempat wisata pada umumnya. Sehingga fasilitasnya pun tidak tersediak, akan tetapi anda juga dapat menikmati makanan di warung penduduk. 

Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor atau kendaraan pribadi bisa menitipkan pada rumah penduduk, sebelum menitipkan alangkah baiknya untuk izin terlebih dahulu.

Jam Buka Jembatan Soka
Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan jembatan soka jogja dan pemandangan alam disekitar bisa mengunjungi wisata ini kapan saja. Biasanya waktu yang pas mengunjungi objek wisata ini pada saat pagi dan sore hari.

Daya Tarik Jembatan Soka

Jembatan Soka Pundong sendiri merupakan jembatan dengan tipe gantung. Posisinya berada di atas ungai opak yang memiliki lebar dan arus yang cukup deras, terutama saat musim hujan.

Jika mengamati dengan seksama, desain jembatan ini hampir mirip dengan Jembatan Suramadu. Perbedaanya terletak pada alas jembatan yang terbuat dari susunan kayu. Meski memiliki tali sebagai penggantung, dibawah jembatan terdapat beton yang berfungsi sebagai tiang penyangga beban utama.

Lebar jembatan ini sekitar 1 meter dan hanya cukup dilalui oleh satu motor saja. Jika anda sedang berpapasan dengan pengendara motor lainya, anda harus bergantian.

Selain menjati spot yang bagus, wisata ini juga menjadi tempat yang bagus untuk melihat pemandangan matahari tenggelam atau sunset. Pemandangan disekitarnya cukup bagus, anda dapat melihat pegunung hijau sekaligus menikmati udara yang cukup segar.

Perbedaan Jembatan Soka Lama dan Baru

Jembatan gantung ini merupakan pengganti jembatan sebelumnya yang terbuat dari beton. Dilihat dari bentuknya, jembatan beton justru lebih kuat dan ramping. namun hanya cukup dilalui oleh kendaraan roda dua saja.

Jembatan beton pernah putus pada tengah-tengahnya, akibat banjir lahar dingin erupsi gunung merapi pada tahun 2010 lalu, sehingga digantikan dengan jembatan gantung baru. Namun, berdasarkan informasi yang beredan, jembatan ini merupakan pengganti jembatan beton yang juga hilang disert banjir Sungai Opak pada tahun 2017 lalu. 

Sebelum banjir pada tahun 2017, pada tahun 2014 pemerintah setempat pernah membangun jembatan yang lebih besar dibandingkan dengan yang sebelumnya, lebarnya sekiat 9 meter dan dapat dilalui oleh kendaraan besar sekalipun.

Semenjak difungsikan menjadi tempat penyebrangan, jembatan lama sudah tidak difungsikan lagi dan berubah menjadi tempat wisata.

Wisata Dekat Jembatan Soka Pundong
  • Pantai Parangtritis
  • Gumuk Pasir Parangkusumo
  • Pantai Baru
  • Pantai Goa Cemara
Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata jembatan soka pundong bantul. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di bantul lainya yang tak kalah bagus. Tetap patuhi prokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selamat berlibur!