Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merapi Park Jogja, Wisata Replika Landmark di Dunia

Merapi Park Jogja

Merapi Park Harga Tiket: Rp20.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00  No. Telepon:0877-0079-9000  Alamat: Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55882.

Merapi Park Jogja - Berlibur ke jogja kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi wisata didekat gunung merapi. Merapi Park bisa juga disebut dengan The World Landmark karena objek wisata ini merupakan menyuguhkan beberapa landmark dunia seperti Menara Eiffel, Menara Pisa, hingga patung Liberty.

Di objek wisata ini, pengunjung juga dapat menikmati beberapa landmark di kota london seperti Telpon umum London, Menara Bigben, Kotak Pos London dan masih banyak lainya.

Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati taman bunga yang berwarna-warni yang tersusun dengan rapi. Keberadaan taman yang indah ditambah dengan udara pegunungan yang sejuk akan menambah suasana liburan semakin mengesankan. Wisatawan juga dapat berfoto disekitar taman bunga yang indah.

Merapi Park Jogja, Wisata Replika Landmark di Dunia
The World Landmark (Source : Instagram)

Tempat ini sangat cocok bagi anda yang gemar berburu foto, karena objek wisata ini memiliki banyak minatur yang dapat anda gunakan sebagai bacground foto. Anda tidak perlu pergi jauh ke eropa untuk menikmati suasana kotanya. Beberapa wahana di Merapi Park Kaliurang yaitu Brandenburg Gate Berlin, anda dapat menemukan sebuah gerbang yang berukuran cukup besar yang merupakan bangunan bersejarah di Berlin, Jerman.

Wahana selanjutnya yang dapat anda coba adalah Menara Pisa. Bangunan ini merupakan landmark yang cukup bersejarah di Italia. Bangunan masih utuh sampai saat ini walaupun sudah dibangun dengan membutukan waktu 2 abad. Menara Pisa memiliki ketinggian 55,86 meter dan Menara Westminster Palace London Inggirs dengan ketinggan sekitar 96 meter. 

Tidak cukup itu saja, wisatawan juga dapat merasakan sensai seperti di Menara Eiffel. Menara ini dibangun pada tahun 1887 - 1889 dengan tinggi sekitar 324 meter. Selain itu juga terdapat patung Liberty yang berada di New York, Amerika Serikat. Kincir angin di belanda beserta bunga tulip juga dapat anda nikmati di Merapi Park Jogja.

Baca Juga: Agro Wisata Bhumi Merapi, Spot Wisata ala Santorini di Jogja

Lokasi Merapi Park

Objek wisata ini dapat anda jangkau menggunakan kendaraan bermotor atau menggunakan kendaraan pribadi. Akses menuju objek wisatanya pun sudah memiliki jalan yang cukup bagus. Sepanjang perjalanan menuju lokasi anda akan melewati beberapa hutan yang sangat sejuk.

Alamat Merapi Park berada di Jl Kaliurang Km 22, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Merapi Park

Bagi wisatawan yang akan menuju ke objek wisata, dapat menggunakan rute berikut ini. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Abu Bakar Ali kemudian menuju Jl Cik Ditiro lalu melewati Bundaran UGM ke arah barat hingga menemukan perempatan. Dari perempatan menuju ke utara melewati Jl Persatuan sampai di Jl Ringroad Utara.

Dari Jl Ringroad Utara arahkan kendaraan anda menuju Jl Kaliurang lalu menuju pertigaan ke barat kemudian menuju perempatan melewati Jl Boyong lurus sampai di pertigaan ambil arah ke timur menuju Jl Museum Gunung Merapi, ikuti saja jalan tersebut hinga tiba di Merapi Park Jogja.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja menuju ke lokasi wisata sekitar 23 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam dengan kondisi lalu-lintas normal.

Harga Tiket Masuk Merapi Park

Wisatawan yang akan memasuki objek wisata ini akan di kenakan tiket masuk sebesar Rp20.000 per orang untuk memasuki wisata the world landmark. Sedangkan harga tiket masuk untuk area kids waterpark sebesar Rp10.000 per orang.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Merapi Park

Pihak pengelola wisata juga sudah membangun fasilitas dengan baik. Fasilitas yang dibangun sudah sangat bermanfaat bagi wisatawan, sehingga pengunjung cukup betah berlama-lama ditempat ini, beberapa fasilitas diantaranya:
  • Gazebo
  • Taman bunga
  • Wahana
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Spot foto
  • Warung makan
Selain itu terdapat 3 area utama yang dapat anda nikmati, area tersebut di antaranya
  • Cowboy Town
  • Kids Watermark
  • Landmark Dunia

Daya Tarik Merapi Park

Kids Waterpark

Siapa sangka, objek wisata ini juga menyediakan wahana untuk anak-anak. Ya, nama wahana tersebut adalah Kids Waterpark. Wahana ini merupakan tempat yang diperuntukan untuk anak-anak, disini anda dapat mengajak buah hati kesayangan anda untuk bermain diwahana waterboom mini. terdapat beberapa tempat yang dapat digunakan seperti plosodan dan gazebo. Untuk menikmati wahana air ini, pengunjung akan dikenakan biaya Rp10.000 per orang.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali

The World Landmark

1. Menara Pisa (Leaning Tower of Pisa)
Bagi wisatawan yang akan merasakan sensasi berlibur ke italia tidak perlu pergi jauh-jauh ke eropa. Anda dapat menemukan miniatur menara pisa di objek wisata ini. Menara Pisa merupakan landmark yang berada di negara italia dan dibangun pada tahun 1173 - 1372 masehi serta mimiliki ketinggian 55,86 meter di rancang oleh arsitektur terkenal italia yang beranama Bonanno Pisano.

2. Menara Jam London (Big Ben)
Menara Jam atau yang biasa disebut dengan Big Ben merupakan salah satu landmark yang berada di Westminster Palace, London, Inggris. Menara ini memiliki ketinggian 96 meter dan menjadi ikon kota london. Menara Big Ben dibangun pada tahun 1843 - 1859. Menara Big Ben di arsitekturi oleh August Pugin.

3. Patung Liberty
Patung Liberty merupakan salah satu landmark yang berada di muara sungai Hudson, New York, Amerika Sertikat. Patung ini merupakan persembahan dari Prancis untuk Amerika Sertikat. Bangunan yang seolah-olah membawa obor api dibangun pada tahun 1886 oleh arsitek terkenal prancis yang bernama Frederis Auguste Barholdi. Patung ini memiliki ketinggian kurang lebih 93 meter.

Merapi Park Jogja, Wisata Replika Landmark di Dunia
Spot Foto Merapi Park Jogja (Sourece : Instagram)
4. Menara Eiffel
Menara Eiffer merupakan salah satu landmark yang berada di Kota Paris, Prancis. Menara ini dibangun pada tahun 1887-1889 oleh dua arsitektur terkenal yaitu Stephan Sauvestre dan Gustave Eiffel. Menara Eiffel memiliki ketinggian 324 meter dan terletak di tepi sungai seine.

Miniatur menara Eiffer merupakan salah spot foto yang cukup diminati di The World Landmark Merapi Park Jogja.

5. Kincir Angin Belanda
Berbicara negara belanda tentu tidak asing dengan keberadaan kincir angin dan bunga tulipnya yang sangat terkenal. Untuk merasakan hal tersebut anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke negara tersebut.

di The World Landmark Merapi Park Jogja anda dapat melihat secara langsung bangunan khas belanda tersebut, tidak hanya itu saja, disekitar bangunan terdapat bunga tulip yang memiliki warna yang beragam.

6. Pagoda
Pagoda merupakan bangunan yang memiliki atap bertumpuk-tumpuk dan bergaya meru. tempat ini merupakan tempat beribadah bagi umat budha. Biasanya bangunan ini banyak ditemukan dinegara yang mayoritas penduduknya beragama budha seperti China, Myanmar dan Thailand.

Untuk menikmati bangunan yang memiliki atap unik ini anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke negara tersebut. di Merapi Park Jogja anda dapat berfoto dengan latar belakang pagoda, namun ukuranya tidak sebesar aslinya.

7. Telepon Box London
Pasti anda sudah tidak asing dengan keberadaan telpon bok yang sering muncul diserial drama korea. Saat berkunjung ke objek wisata merapi park jogja anda juga dapat merasakan sensai berada di Post Office Box London yang tidak beda jauh. Untuk membuat spot foto ini, pengelola wisata mengambil dari telpon bekas yang sudah tidak dipakai.

8. Bradenburg Gate Berlin
Saat pertama kali tiba diwisata the landmark merapi park sleman, anda akan disambut dengan sebuah gerbang yang berukuran cukup besar. Gerbang tersebut merupakan salah satu landmark yang sangat penting di Berlin, Jerman.

Bangunan ini aslinya merpakan bekas gerbang kota yang menjad simbol kota berlin, jerman. Lokasi gerbang ini aslinya berada di antara Pariser Platz dan Platz des 18. 

9. Tokoh Masha and The Bear
Bagi anda yang dulunya pernah melihat serial tv disalah satu tv swasta di indonesia tentu tidak asing dengan serial kartun Masha and The Bear. Kartun yang berasal dari Russia ini menceritakan tentang seorang gadis kecil dan seorang beruang yang menjadi temanya. kartun ini mengambarkan masha sebagai tokoh utama dengan sifat anak-anak dan sedikit nakal.

Jika anda mengunjungi The World Landmark Merapi Park Jogja, anda dapat melihat tokoh kartun russia ini yang dapat anda gunakan sebagai background foto.

10. New York Love Sculpture
Wahana selanjutnya yang dapat anda coba di Wisata The World Landmark Merapi Jogja adalah New York Love Sculpture. Wahana yang satu ini cukup unik, yaitu berupa sebuah huruf tiga dimensi yang bertuliskan Love. Wahana aslinya berada di new york, amerika dengan huruf yang memiliki warna merah.

Wisata Dekat Merapi Park 

  • Museum Gunung Merapi
  • The Lost World Castle
  • Wisata Kaliurang
  • Agro Wisata Bhumi Merapi
  • Wisata Merapi
Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata merapi park jogja. Bagi anda yang ingin merasakan wisata alam lainya, bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di sleman. Teteap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencucui tangan. Selamat Berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.