Pantai Baron: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Pantai Baron Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: Alamat: Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.
Pantai Baron – Berlibur ke gunung kidul kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata pantainya yang terkenal dengan pasir putih dan perbukitan karang. Objek wisata ini cukup unik karena memiliki dua jenis air sekaligus yaitu air asin dan air tawar.

Sebelum melihat pantainya secara langsung, setibanya di lokasi wisata anda dapat melihat bibir pantai yang cukup ekostis. tidak hanya itu, air laut dipantai ini cukup jernih di tambah dengan keberadan sungai yang berwarna biru kehijauan serta pasir kecoklatan menambah kesan bahwa wisata ini masih terjaga.

Pantai Baron: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Gambar Pantai Baron (Image Source:Instagram)

Bagi wisatawan yang pertama kali mengunjungi pantai ini akan terheran-heran karena sungai yang berada disekitar pantai memiliki ketinggian 2 meter. Padahal dahulu sungai ini tidak lebih dari sungai biasa yang bisa tembus.

Sejarah Pantai Baron

Pantai Baron merupakan nama yang diberikan oleh bangsawan Belanda yang beranama Baron Skeber. Bangsawan belanda tersebut pernah mendarat di pantai selatan menggunakan kapalnya, oleh sebab itu objek wisata ini dinamakan dengan Pantai Baron Wonosari.

Bangsawan belanda tersebut menjadikan pantai ini menjadi tempat penyimpanan senjata (gudang senjata). Meski warga asing, orang belanda tersebut memiliki kesaktian dan diakui oleh banyak orang khusunya masyarakat gunung kidul.

Dahulu, tempat ini adalah sebuah teluk yang membelah kedua daratan yang ukuranya cukup kecil, Sehingga wisatawan yang akan menikmati pantai ini harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Baca Juga: Pantai Kukup Beach: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Lokasi Pantai Baron

Alamat Pantai Baron berada di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Baron

Untuk menuju lokasi wisata sebaiknya anda harus mempersiapkan kendaraan yang normal, sebab anda akan melewati tanjakan dan jalan yang berlikut. Jika anda sedang berada di pusat kota jogja, anda bisa menggunakan berikut ini.

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Mayor Suryotomo kemudian melewati Jl Brigjen Katamso. Sesampaina di perempatan ambil arah ke timur menuju Jl Sisinamaraja kemudian lurus hingga Jl Impgiri Barat. 
Ikuti saja jalan tersebut hingaa menemukan pertigaan hingga melewati Jl Bakulan Imogiri. Selanjutnya kamu dapat mengggunakan bantuan Goggle Maps.

Baca Juga: Pantai Drini Gunung Kidul: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

Harga Tiket Masuk Pantai Baron

Untuk menikmati suasana wisata yang alami, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk pantai baron sebesar Rp10.000 per orang, sedangkan untuk menukmati pemandangan dari mercusuar anda akan dikenakan biaya Rp5.000 per orang.

TIKET MASUK PANTAI BARON
Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 10.000
Parkir Motor Rp 2.000
Parkir Mobil Rp 5.000
Wahana Mercusuar Rp 5.000
Camping Rp 10.000

Fasilitas Pantai Baron

Wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia. Pengelola wisata sudah membangun fasilitas yang cukup lengkap. beberapa fasilitas yang dapat digunakan oleh wisatawan diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Mushola
  • Gardu pandang
  • Mercusuar
Pantai Baron buka selama 24 penuh. Artinya, wisatawan dapat mengunjungi tempat ini kapan saja.

Daya Tarik Pantai Baron

Menara Mercusuar

Pantai Baron: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Mercusuar Pantai Baron (Image Source: Pixabay.com)
Dari atas puncak bukit, terdapat mercusuar yang menjulang tinggi. menariknya lagi wisatawan juga dapat mencoba menaiki mercusuar tersebut untuk mendapat hasil foto yang menarik.

Tidak hanya itu saja, salah satu pesona pantai baron jogja yang lain adalah wisata kuliner. Saat siang hari, anda juga dapat menikmati sebuah buah kelapa segar sambil menikmati pemandangan sekitar.

Larung Saji

Masyarakt jogja khusunya daearh gunung kidul memiliki upacara adat Lurung Sesaji atau yang bisa disebut dengan Larungan. Ritual ini merupakan rasya sukur atas hasil laut yang telah tuhan berikan kepada nelayan. 

Biasanya mereka mewujudkan dalam bentuk gulungan yang berisi hasil bumi mulai dari sayuran, tumbuhan dan kepala hewan ternak.

Upacara adat ini dilaksanakan pada setiap tanggal 1 suro atau bertepatan pada tangal 1 muharam. Wisatawan juga dapat menyaksikan upacara adat ini pada saat pagi hingga sore hari.

Spot Foto

Pantai Baron: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket
Penginapan di Pantai Baron (Image Source: Pixabay.com)

Bagi anda yang berkunjung bersama teman, sahabat atau keluarga dan ingin mengabadikan moment dengan latar belakang pantai tentu hal yang sangat dinantikan. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, anda tidak perlu membawa kamera dengan resolusi tinggi.

Disekitar wisata juga terdapat jasa foto yang bisa anda sewa, kualitas foto yang dihasilkanya pun sangat memuaskan. Harga sewa jasa foto sekitar RP10.000 hingga 20.000 ribu untuk satu kali pose.

Wisata Dekat Pantai Baron

Pantai Kukup

Pantai Kukup menjadi wisata pantai gunung kidul pertama yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul selain pantai Indrayanti dan Pantai Baron. Pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Ngrawe atau Pantai Asmara.

Alamat Pantai Kukup berada di Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Baron Tenco Park

Baron Tecno park merupakan energi terbarukan yang difungsikan untuk mengaliri listik dengan kapasitas 15 kilowaat. Tempat ini biasanua digunakan oleh wisatawan untuk berfoto foto.

Alamat Baron Tenco Park berada di Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Penutup
Berikut di atas artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai baron gunung kidul. Anda juga bisa mampir ke tempat wisata pantai gunung kidul lainya.

Informasi Penting: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *