Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Baron Gunung Kidul, Pemandangan Teluk dari Mercusuar

Pantai Baron Gunung Kidul

Pantai Baron Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kemandang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Pantai Baron - Berlibur ke gunung kidul kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata pantainya yang terkenal dengan pasir putih dan perbukitan karang. Objek wisata ini cukup unik karena memiliki dua jenis air sekaligus yaitu air asin dan air tawar.

Sebelum melihat pantainya secara langsung, setibanya di lokasi wisata anda dapat melihat bibir pantai yang cukup ekostis. tidak hanya itu, air laut dipantai ini cukup jernih di tambah dengan keberadan sungai yang berwarna biru kehijauan serta pasir kecoklatan menambah kesan bahwa wisata ini masih terjaga.

Bagi wisatawan yang pertama kali mengunjungi pantai ini akan terheran-heran karena sungai yang berada disekitar pantai memiliki ketinggian 2 meter. Padahal dahulu sungai ini tidak lebih dari sungai biasa yang bisa tembus.

Pantai Baron Gunung Kidul, Pemandangan Teluk dari Mercusuar
Pemandangan pantai dari bukit karang (Source : Instagram)

Sejarah Pantai Baron

Pantai Baron merupakan nama yang diberikan oleh bangsawan Belanda yang beranama Baron Skeber. Bangsawan belanda tersebut pernah mendarat di pantai selatan menggunakan kapalnya, oleh sebab itu objek wisata ini dinamakan dengan Pantai Baron Wonosari.

Bangsawan belanda tersebut menjadikan pantai ini menjadi tempat penyimpanan senjata (gudang senjata). Meski warga asing, orang belanda tersebut memiliki kesaktian dan diakui oleh banyak orang khusunya masyarakat gunung kidul.

Dahulu, tempat ini adalah sebuah teluk yang membelah kedua daratan yang ukuranya cukup kecil, Sehingga wisatawan yang akan menikmati pantai ini harus berjalan kaki terlebih dahulu.

Baca Juga: Pantai Kukup Beach, Wisata ala Tanah Lot di Gunung Kidul

Lokasi Pantai Baron

Akses jalan menuju pantai baron jogja dapat dilalui menggunakan kendaraan bermotor atau kendaraan bermobil. Hal yang harus anda ketahui adalah medan menuju lokasi berupa tanjakan dan berbelok-belok.

Alamat Pantai Baron terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Baron

Untuk menuju lokasi wisata sebaiknya anda harus mempersiapkan kendaraan yang normal, sebab anda akan melewati tanjakan dan jalan yang berlikut. Jika anda sedang berada di pusat kota jogja, anda bisa menggunakan berikut ini.

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Mayor Suryotomo kemudian melewati Jl Brigjen Katamso. Sesampaina di perempatan ambil arah ke timur menuju Jl Sisinamaraja kemudian lurus hingga Jl Impgiri Barat. Ikuti saja jalan tersebut hingaa menemukan pertigaan hingga melewati Jl Bakulan Imogiri.

Dari Jl Bakulan Imogiri arahkan kendaan anda menuju Jl Imogiri Siluk dan melewati Jl Siluk Panggang. Ikuti saja jalan tersebut hinga melewati Jl Raya Panggang Wonosari kemudian lurus menuju Jl Pantai Selatan Jawa, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan Pantai Baron Gunung Kidul.

Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jogja sekitar 58 kilometer dan membutuhkan waktu sekitar 1 jam 40 menit dengan kondisi lalu lintas normal.

Baca Juga: Pantai Drini Gunung Kidul, Harga Tiket Masuk Terbaru 2021

Harga Tiket Masuk Pantai Baron

Untuk menikmati suasana wisata yang alami, anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga tiket masuk pantai baron sebesar Rp10.000 per orang, sedangkan untuk menukmati pemandangan dari mercusuar anda akan dikenakan biaya Rp5.000 per orang.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebsar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Pantai Baron

Wisatawan dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia. Pengelola wisata sudah membangun fasilitas yang cukup lengkap, mereka meminta agar wisatawan untuk menjaga serta merawat dengan tidak membuang sampah sembarangan. beberapa fasilitas diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Mushola
  • Gardu pandang
  • Mercusuar
  • Toko oleh-oleh
  • Tempat memancing
Jam Buka Pantai Baron
Hampir sama dengan wisata pantai gunung kidul lainya, tempat ini buka selama 24 penuh. Artinya, wisatawan dapat mengunjungi tempat ini kapan saja. Karena lokasi wisata yang berada didesa, lebih baik anda datang pada saat pagi hingga sore hari.

Daya Tarik Pantai Baron

1. Aneka Kuliner
Salah satu keindahan yang ditawarkan wisata ini adalah adanya perbukitan karang yang bisa anda sambangi untuk melihat pemandangan lautan dengan jelas. Dari atas puncak bukit, terdapat mercusuar yang menjulang tinggi, menariknya lagi wisatawan juga dapat mencoba menaiki mercusuar tersebut untuk mendapat hasil foto yang menarik.

Tidak hanya itu saja, salah satu pesona pantai baron jogja yang lain adalah wisata kuliner. Saat siang hari, anda juga dapat menikmati sebuah buah kelapa segar sambil menikmati pemandangan sekitar. Bagi anda yang gemar olahan laut, anda juga dapat membeli hasil tangkapan ikan nelayan secara langsung di tempat pelelangan ikan.

2. Larung Sesaji
Masyarakt jogja khusunya daearh gunung kidul memiliki upacara adat Lurung Sesaji atau yang bisa disebut dengan Larungan. Ritual ini merupakan rasya sukur atas hasil laut yang telah tuhan berikan kepada nelayan. Biasanya mereka mewujudkan dalam bentuk gulungan yang berisi hasil bumi mulai dari sayuran, tumbuhan dan kepala hewan ternak.

Upacara adat ini dilaksanakan pada setiap tanggal 1 suro atau bertepatan pada tangal 1 muharam. Wisatawan juga dapat menyaksikan upacara adat ini pada saat pagi hingga sore hari.

3. Spot Foto
Bagi anda yang berkunjung bersama teman, sahabat atau keluarga dan ingin mengabadikan moment dengan latar belakang pantai tentu hal yang sangat dinantikan. Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, anda tidak perlu membawa kamera dengan resolusi tinggi.

Disekitar wisata juga terdapat jasa foto yang bisa anda sewa, kualitas foto yang dihasilkanya pun sangat memuaskan. Harga sewa jasa foto sekitar RP10.000 hingga 20.000 ribu untuk satu kali pose.

4. Oleh-Oleh
Berkunjung ke gunung kidul anda dapat mencoba kuliner khasnya yaitu walang goreng. Keripik ini dapat anda beli disepanjang pantai gunung kidul. Jingking merupakan binatang yang memiliki ukuran cukup kecil dan hidup di pasir pantai. Untuk harganya juga cukup murah sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000 saja sudah bisa membawa oleh-oleh keripik jingking.

Tidak hanya kuliner saja, anda juga bisa membeli berbagai souvenir cantik yang terbuat dari karang. Tidak hanya itu, anda juga membeli souvenir berupa gantungan kunci yang berbagai bentuknya.

Wisata Dekat Pantai Baron

  • Baron Tecno Park
  • Mercusuar
  • Pantai Ngandong
  • Pantai Kukup
Penutup
Berikut di atas artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai baron gunung kidul. Anda juga bisa mampir ke tempat wisata gunung kidul lainya selain pantai. Tetap menjaga protokol kesehatan denga menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.