Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Baros Bantul, Wisata dengan Hutan Mangrove

Pantai Baros Bantul

Pantai Baros Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Baros, Tirtohargo, Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55772.

Pantai Baros - Kabupaten Bantul merupakan salah satu daerah yang berada di jogjakarta. Daerah ini memilki banyak destinasi wisata yang cukup terkenal seperti kebun buah mangunan, hutan pinus asri, dan hutan pinus dlingo. Bergeser sedikit ke wisata pantainya, daerah ini juga memiliki pantai yang indah seperti pantai Parangtritis. Salah satu wisata pantai yang masih asing ditelinga wisatawan adalah Pantai Baros.

Pantai Baros merupakan pantai yang berada di tepian sungai opak. Pantai ini menawarkan keindahan laut sekaligus hutan mangrove baros. Hutan mangrove ini menjadi kawasan ekowisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar daerah.

Wisatawan biasanya memadatai pantai ini pada akhir pekan dan libur panjang, biasnya mereka lebih memilih waktu saat sore hari. Selain memiliki udara yang segar, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan sunset saat sore hari. Apalagi jika cuaca sedang cerah, aliran sungai opak akan terlihat sangat jelas.

Pantai Baros Bantul, Wisata dengan Hutan Mangrove
Hutan Mangrove Baros (Source : Instagram)

Wisatawan juga dapat menikmati objek wisata ini dengan mengelilingi hutan mangrove. Selain udara yang segar, pengunjung juga dapat merasakan segarnya udara khas hutan mangrove. Tidak hanya itu saja, tempat ini juga memiliki banyak spot foto yang mempesona.

Baca Juga: Pantai Jogan Gunung Kidul, Wisata Pantai Sekaligus Air Terjun

Lokasi Pantai Baros Bantul

Wisatawan dapat dengan mudah menemukan objek wisata ini karena lokasinya yang berada di pinggir kota. Akses menuju lokasinya pun sudah bagus berupa jalan yang sudah beraspal halus, namun beberapa kilometer sebelum tiba dipantai anda akan melewati jalan yang cukup sempit.

Alamat Pantai Baros berada di Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.


Rute Menuju Pantai Baros Bantul

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi objek wisata ini tidak perlu khawatir, karena lokasinya dapat ditemukan dengan mudah. Bagi anda yang sedang berada dipusat kota jogja bisa menggunakan rute ini untuk menjangkau pantai bantul.

Pertama, arahkan kendaraan anda ke timur menuju Jl KH Ahmad Dahlan kemudian menuju Jl Pangurukan, sesampainya di perempatan ambil arah ke selatan melewati Jl Brigjen Katamso.

Sesampainya di Jl Brigjen Katamso, arahkan kendaraan anda menuju Jl Parangtritis kemudian lurus hingga menemukan pertigaan dan belok ke barat menuju Jl Samas Kretek. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan perempatan lalu menuju arah selatan ke Jl Tirtohargo, kemudian pertigaan ke timur menuju Jl Utama Baros.

Ikuti saja jalan tersebut ke barat hingga Jl Kandang Sapi, dan lokasi pantai tidak jauh dari jalan tersebut. Waktu yang anda perlukan dari pusat kota jogja menuju objek wisata sekitar 50 menit dan menempuh jarak sejauh 29 kilometer dengan lalu lintas normal.

Harga Tiket Masuk Pantai Baros

Bagi pengunjung yang akan menikmati keindahan hutan mangrove dan sungai opak akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000 per orang. Wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 per motor dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Pantai Baros Bantul

Pengelola wisata dan masyarakat sekitar sudah meningkatkan beberap fasilitas dengan melakukan penataan dan pembangunan yang dirasa masih kurang. Mereka berharap supaya wisatawan yang datang untuk tetap menjaga serta merawat dengan tidak membuang sampah sembarangan. Beberapa fasilitas di antaranya:
  • Tempat parkir
  • Toilet umum
  • Warung makan
  • Area camping
  • Warung makan
  • Spot foto
Jam Buka Pantai Baros
Objek wisata yang berada di muara sungai opak ini buka mulai dari pukul 07.00 pagi dan tutup pada pukul 20.00 malam. Bagi wisatawan yang akan bercamping di sekitar pantai dapat memberitahu pengelola wisata terelebih dahulu

Baca Juga: Harga Tiket dan Lokasi Bukit Parang Endog

Sejarah Pantai Baros Bantul

Hutan Mangrove Baros ini dulunya merupakan nama yang diberikan oleh LSM Relung. Namun terdapat inisatif dari pemuda setempat atau yang biasa disebut dengan Pemuda Pemudi Baros (KP2B) dan beberapa instansi lainya. Lokasinya sering dijadikan tempat pengembangan bibut mangove yang biasnya dilakukan oleh mahasiswa maupun organisasi pecinta lingkungan.

Hutan Mangrove ini berfungsi untuk menahan abrasi pantai yang terjadi setiap waktu. Bermula dari penanaman bibit mangrove, sekarang tempat ini memiliki banyak pohon mangrove dan menjadi tempat wisata yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung. Selain bisa menikmati keindahan pantai, wisatawan juga dapat melihat secara langsung ekosistem hutan mangrove baros.

Wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin melihat wisata edukasi lingkungan. Di objek wisata pengunjung dapat belajar mengenai ekosistem hutan mangrove baros. Beberapa komunitas pecinta alampun juga ikut menanam pohon bakau atau mangrove disekitar kawasan tersibut.

Wisata Dekat Pantai Baros
  • Pantai Srundak
  • Pantai Seruni
  • Pantai Srandakan
  • Pantai Jogan
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai baros bantul. Bagi anda yang ingin mecoba suasana baru bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di bantul. Tetap menjaga prokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selamat Berlibur!
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.