Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Drini Gunung Kidul, Harga Tiket Masuk Terbaru 2021

Pantai Drini Gunung Kidul

Pantai Drini Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Banjarejo, Tanjungsari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.
Pantai Drini - Yogyakarta memang terkenal dengan destinasi wisatanya yang cukup lengkap. Di daerah Gunung Kidul terkenal dengan potensi wisata pantainya yang sangat cantik. Tidak hanya itu saja, keberadaan perbukitan karang yang membentang disekitar pantai membuat seolah-olah anda sedang berada di hawai.

Salah satu wisata pantai di gunung kidul yang cukup terkenal adalah Pantai Drini. Pantai ini dijuluki dengan "Pantai Perawan" karena kondisi lingkungan pantai masih bersih, asri dan bernuansa alami.

Pantai Drini Gunung Kidul, Harga Tiket Masuk Terbaru 2021
Gambar Pantai Drini (Source : Instagram)

Letak wisata ini berdekatan dengan wisata pantai lainya seperti Pantai Pok Tunggal, Pantai Baron dan Pantai Nglambor. Lokasinya yang berada di perbukitan membuat wisatawan dapat melihat pemandangan alam yang indah seperti di pantai Pandawa Bali.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo

Lokasi Pantai Drini

Wisatawan dapat dengan mudah menemukan obejk wisata ini. Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Tepatnya berada disebelah timur Pantai Sepanjang dan Pantai Baron. Jarak dari pusat kota sekitar 60 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 2 sampai 3 jam.


Rute Menuju Pantai Drini

Untuk mengunjung objek wisata ini, pengunjung akan dihadapkan dengan dua jalur yang berbeda. Berikut dibawah adalah rute yang dapat anda pilih untuk menuju Pantai Drini Jogja:

1. Dari Pusat Kota Jogja
Bila anda sedang berada di kota jogja, anda dapat menggunakan rute sebagai berikut : Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Jogja - Piyungan kemudian menuju Jl Patuk - Sambipitu. Lanjutkan perjalanan menuju Landasan Udara TNI Gading kemudian melewati Jl Siyono dan menuju Bundaran Tugu BPD - Wonosari - Jl Baron - Tanjung Sari. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan lokasi wisata.

2. Dari Arah Solo
Apabila anda berada di solo dan sekitarnya, anda bisa menggunakan sebagai berikut : Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Klaten kota - Cawas lalu arahkan kendaraan anda menuju Watukelir - Tanjungsari, ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di objek wisata. Sedangkan anda yang berada didaerah Sukoharjo arahkan kendaraan anda menuju Solo - Tawangsari - Semin - Watukelir - Karangmojo - Tanjungsari, ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan papan penunjuk arah menuju obejek wisata pantai drini gunung kidul.

Anda dapat memilih rute di atas berdasarkan dari mana anda akan memulai perjalanan. Pilihlah jalur yang menurut anda hemat waktu dan terbebas dari macet. Untuk mencari alternatiflainya, anda bisa menggunakan aplikasi goggle maps.

Baca Juga: Pantai Kukup Beach, Wisata ala Tanah Lot di Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk Pantai Drini

Wisatawan yang akan menikmati pemandangan di pantai drini wonosari dapat membayar harga tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil. Dengan harga yang cukup murah, anda sudah dapat menikmati pemandangan pantai pasir putih di gunung kidul.

Fasilitas Pantai Drini

Pengelola wisata sudah menyediakan beberapa fasilitas yang cukup memadai bagi pengunjung. Wisata ini memiliki halaman parkir yang cukup luas dan cukup untuk menampung bus-bus besar. beberapa fasilitas lainya diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Penginapan
  • Penyewaan kano
  • Spot foto
Jam Buka
Pantai Drini Gunung Kidul buka selama 24 jam sehingga wisatawan bebas mengunjungi pantai ini kapan saja. Tetapi, alangkah baiknya untuk mengunjungi pantai ini pada pagi hingga sore hari. Hal tersebut karena medan menuju objek wisata cukup terjal melewati jalan naik dan berkelok.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali 

Daya Tarik Pantai Drini

1.Pantai Drini Snorkeling
Salah satu daya tarik di pantai ini yang jarang ditemukan pada wisata lain adalah Snorkeling. Wisatawan dapat menikmati pemandangan bawah laut secara langsung, disana terdapat sebuah pulau yang membagi pantai ini menjadi dua bagian. Disebelah barat terdapat dermaga dan tempat pelelangan ikan, Sedangkan di sebelah timur terdapat laguna yang cukup bagus.

Kedalaman pantai drini yogyakarta sekitar 1 sampai 2 meter saja, artinya wahana snorkeling dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Apalagi bagi anda yang pertama kali mencoba snorkeling, tentu akan menjadi pengalaman yang mengesankan.

2. Wahana Kano
Tidak hanya snorkeling saja, wisatawan juga dapat bermain perahu kano meski gelombang cukup besar. Saat air sedang pasang, biasanya wisatawan dapat bermain kano dipinggiran. Wisatawan dapat menyewa kano dengan durasi waktu sepuasnya. Kapasitas kano juga muat 1 sampai 4 orang.

Biasnya wisatawan yang ingin menyewa kano akan dipandu terlebih dahulu mulai dari tata cara penggunaan dan hal yang dilarang. 

3. Pemandangan dari Bukit
Sama halnya di pantai gunung kidul lainya, pantai drini ini juga memiliki tebing besar yang berada di sebelah barat dan timur. Dari puncak tebing, anda dapat melihat hamaparan air laut biru dengan pulau kecil yang berada di tengah-tengah. Wisatawan yang akan menuju puncak bukit harus menaiki pulau tersebut hingga melewati tangga yang terbuat dari beton dan beberapa dari bambu.

Untuk mencoba menaiki bukit karang tersebut, anda harus memperhatikan kondisi terlebih dahulu. Saat air laut sedang pasang atau ombak besar, jalan menuju tempat ini digenangi oleh air. Bahkan wisatawan juga dilarang untuk bermain maupun berenang disekiar pantai.

4. Berbagai Aktivitas
Saat akhir pekan tiba atau musim liburan, pantai drini jogja ini selalu dipadat oleh wisatawan dari dalam maupun luar daerah. Berbagai penunjang aktivitas mulai dibangun dengan baik oleh pengelola wisata.

Banyak aktivitas yang dapat anda lakukan mulau dari mencoba spot foto bersantai dan menikmati suasana pantai di gazebo yang sudah disediakan. Selain itu, wisatawan juga dapat bermain pasir, memancing ataupun berfoto di spot foto yang sudah disediakan.

Hal yang harus anda lakukan saat berada di pantai ini adalah menikmati suasana pantai di bawah payung yang berwarna-warni. Beberapa gazebo juga dapat anda gunakan untuk bersantai sambil menikmati hidangan laut yang dapat anda beli diwarung sekitar pantai.

5. Wisata Kuliner dan Budaya
Di sepanjang pantai terdapat banyak warung makan yang menyajikan beragam menu makanan dan minuman. Selain itu, pengunjung juga dapat membeli hasil nelayan secara langsung kemudian dimasak secara langsung di warung makan. 

Tidak hanya tertentu, pada hari-hari tertentu terdapat acara adat Sedekah Bumi atau yang biasa disebut dengan larungan. Acara ini biasanya dilakukan pada tanggal 1 suro atau tahun baru hijriah.

Sedekah bumi dilakukan atas kenikmatan tuhan yang sudah diberikan berupa hasil laut yang berlimpah.

Wisata Dekat Pantai Drini
  • Pantai Indrayanti
  • Pantai Ngobaran
  • Pantai Kukup
  • Pantai Baron
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai drini gunung kidul yogyakarta. Bagi anda yang ingin menikmati wisata selain pantai, bisa mencoba salah satu tempat wisata di gunung kidul lainya. Tetap menjaga protokol kesehatan saat new normal seperti sekarang ini dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Selamat berlibur!