Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Gesing Gunung Kidul, Wisata dengan Spot Teras Kaca

Pantai Gesing Gunung Kidul

Pantai Gesing Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Pantai Gesing - Berlibur ke jogja kurang lengkap jika tidak mengunjungi wisata pantainya. Kota yang terkenal dengan julukan kota budaya ini memiliki banyak tempat wisata yang cukup bagus. Di daerah gunung kidul terdapat banyak wisata pantai yang cukup mempesona salah satunya adalah Pantai Gesing.

Pantai Gesing merupakan wisata yang memiliki pesona berupa pasir putih yang cantik dan perbukitan karang disebelah pantai. Tempat ini menjadi tujuan wisatawan, memang namanya tak terlalu terkenal seperti Pantai Parang Tritis dan Pantai Indrayanti. Namun keindahan bahari di tempat ini tidak kalah bagus.

Pantai Gesing Gunung Kidul, Wisata dengan Spot Teras Kaca
Pantai Gesing Teras Kaca Jogja (Source : Instagram)

Berbeda dengan tempat lainya, area pantai gesing wonosari tidak terlalu luas. Namun keindahan wisata ini tidak kalah cantik dengan wisata pantai gunung kidul lainya. Salah satu daya tariknya adalah keberadan 2 tebing yang menghimpit kawasan pantai.

Baca Juga: Pantai Kukup Beach, Wisata ala Tanah Lot di Gunung Kidul

Lokasi Pantai Gesing

Wisatawan yang akan mengunjungi wisata ini tidak perlu khawatir, karena lokasinya tidak jauh dari wisata pantai lainya. Obejek wisata ini berada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Untuk menuju lokasi wisata, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor. Sedangkan untuk akses jalanya sudah bagus berupa aspal halus, tetapi anda harus melewati jalan yang memiliki medan naik dan berliku.

Rute Menuju Pantai Gesing

Untuk menjangkau objek wisata anda dapat menggunakan rute sebagai berikut. Anda dapat memilih dua rute sekaligus, yang pertama jalur wonosari dan imogiri. Bagi anda yang berada dipusat kota jogja lebih baik menggunakan rute imogiri.Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Panggang, kemudian menuju Jl Panggang dan ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan lokasi objek wisata.

Sedangkan untuk jalur wonosari. Arahkan kendaraan anda menuju Piyungan kemudian melewati Pathuk dan masuk ke Jl Playen - Palitan hingga sampai di Jl Raya Panggang. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan papan penunjuk arah menuju lokasi wisata.

Hal yang harus anda perhatikan adalah jalan menuju objek wisata cukup terjal. Anda akan melewati jalan dengan medan tanjakan, turunan dan jalan yang berluku-liku. Sepanjang perjalanan anda akan ditemani dengan bebatuan karang dan pepohonan yang cukup rindang dipingir jalan.

Baca Juga: Pantai Kesirat Gunung Kidul, Tempat Camping yang Menawan

Harga Tiket Masuk Pantai Gesing

Wisatawan yang ingin menikmati pantai dengan nuansa bali tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk membeli tiket pesawat dan lain-lain. Wisatawan akan dikenakan harga tiket masuk pantai gesing sebesar Rp5.000 per orang. Bagi anda yang ingin berfoto di taman akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp5.000 per orang.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Pantai Gesing

Berbicara mengenai fasilitas, wisata ini tidak diragukan lagi. Wisatawan dapat menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia mulai dari tempat parkir, mushola kamar mandi dan masih banyak lainya. Bahkan anda juga bisa menyewa penginapan pantai gesing jogja disekitar pantai. Beberapa fasilitas lainya diantaranya:
  • Warung makan
  • Toko Souvenir
  • Spot foto
  • Payung santai
  • Papan infromasi
Jam Buka Pantai Gesing
Sama halnya dengan objek wisata pantai gunung kidul lainya, wisata ini buka selama 24 jam penuh. Artinya pengunjung dapat datang kapan saja.

Baca Juga: Pantai Wediombo, Tempat Surfing Terbaik di Jogja

Daya Tarik Pantai Gesing

1. Spot Foto
Banyak wisatawan yang menginginkan tempat wisata yang memiliki banyak spot foto. Di wisata ini anda akan menemukan spot foto yang berbeda dari yang lainya. Dari atas perbukitan karang dengan latar belakang laut selatan yang sangat memukau. Bahkan pengelola wisata juga membangun taman khusus untuk berfoto. Dengan harga yang cukup murah, wisatawan dapat menikmati pemandangan sepuasnya.

Spot foto lainya yang cukup terkenal adalah Jembatan Cinta. Untuk mencoba spot foto ini wisatawan tidak dipungut biaya alias gratis. Dari jembatan ini, anda dapat melihat tebing karang yang berada disebelah timur.

2. Pesona Pantai
Jika anda menginginkan suasana pantai yang cukup sepi, wisata pantai gesing jogja sangat cocok untuk anda kunjungi. wisata ini berada di jejeran pantai selatan jawa, letaknya juga cukup terpencil namun akses menuju lokasi sudah sangat bagus.

Ciri khas dari pantai ini adalah keberadaan tebing karang yang berada di sisi kanan dan kiri. Meski memilki luas yang cukup kecil, namun lautnya memiliki gradasi warna yang keren. Oleh sebab itu, cobalah mengunjungi wisata ini saat berada digunung kidul.

3. Surga Tersembunyi
Berjarak 45 kilometer dari wonosari, meski berada didaerah yang cukup jauh. Namun akses menuju objek wisata sudah beraspal halus. Rutenya pun cukup menantang, anda akan melewati jalan yang menanjak, menukik dan berkelok-kelok.

Pantai Gesing berada di barisan pohon cemara yang rimbun. Pasirnya yang berwarna putih khas pantai gunung kidul, serta memiliki bentuk seperti teluk. Ukuranya yang tidak terlalu luas dan sedikit pengunjung membuat pantai ini terasa tenang. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin menikmati ketenangan, wisata ini sangat direkomendasikan untuk anda coba.

4. Tebing Karang
Berada sebelah panti, pengunjung juga bisa menjelajahi tebing karang. Untuk menuju puncak, anda harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri jalan setapak. Dari atas, anda dapat melihat perbedaan gradasi air laut yang sangat unik. Bagi anda yang ingin menikmati pemandangan dari perbukitan karang alangkah baiknya menggunakan sepatu atau sandal gunung agar kaki terlindung dari bebatuan karang yang cukup tajam.

5. Spot Memancing
Jangan kaget, setibanya di pantai anda dapat melihat barisan perahu nelayan yang tersusun dengan rapi. Pantai ini merupakan tempat untuk mencari ikan bagi masyarakat sekitar. Tidak hanya nelayan, pengelola wisata memperbolehkan wisatawan untuk memancing dengan membawa perlatan memancing sendiri.

Setelah capek menikmati pemandangan dan bermain di pantai, jangan lupa untuk mencoba kuliner laut di warung sekitar pantai. Warung ini menjajakan beragam hidangan, mulai dari ikan bakar, udang, kerang hingga ikan pari.

Wisata Dekat Pantai Gesing
  • Teras Kaca Pantai Nglurusan
  • Pantai Kukup
  • Pantai Wohkudu
  • Pantai Baron
  • Pantai Ngobaran
Penutup
Berikut diatas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai gesing gunung kidul. Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata gunung kidul lainya selain pantai. Tetap menjaga prokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.