Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Greweng Gunung Kidul, Tempat Pertapaan Soekarno

Pantai Greweng Gunung Kidul

Pantai Greweng Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Pantai Greweng - Daerah Gunung Kidul menyimpan banyak wisata pantai dengan pasir putih dan perbukitan karang. Nama wisata tersebut adalah Pantai Greweng, uniknya lokasi wisata ini cukup tersembunyi. Suasana pantai lebih asri dan tenang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Susana yang akan anda dapatkan diwisata ini akan lebih terasa, karena lokasinya yang masih sepi dan memiliki pemandangan yang indah berupa bukit hijau yang mengapit pantai.

Pantai Greweng Gunung Kidul, Tempat Pertapaan Soekarno
Pesona pasir putih dan  air yang berwarna tosca yang memukau (Source : Instagram)

Misteri Pantai Greweng

Menurut tokoh masyarakat setempat, tak jauh dari pantai terdapat rimbunan pohon yang di percaya menjadi pasar gain yang penuh dengan lelembut. Beberapa wisatawan pernah merasakan hawa aneh di sekitar pepohonan tersebut. Menurut pengakuan mereka, ia seolah-olah sedang berada di tempat yang jauh dan sepi.

Pasar gaib tersebut menjadi tempat persembunyian penunggu Pantai Greweng. Sebelum memasuki rimbunan tersebut, anda dapat melihat pembatas rafia yang berwarna kuning yang berarti tidak boleh masuk. Tidak hanya itu saja, wisatawan yang ingin melihat rimbunan pepohonan tidak di perkenankan untuk mengambil benda apapun. Sebab, anda bisa dituntut untuk mengembalikan benda tersebut oleh penunggu gaib.

Baca Juga: Pantai Wediombo, Tempat Surfing Terbaik di Jogja

Misteri Goa Soekarno Pantai Greweng

Keberadaan perbukitan batu karts yang membentuk goa di sekitar pantai menyimpan certia tersendiri. Menurut tokoh masyarakat setempat, goa tersebut menjadi tempat pertapaan Presiden RI pertama, Ir. Soekarono. Beliau melakukan pertapaan selama tujuh hari tujuh malam di salah satu goa.

Certianya bermula saat Soekarno sedang bertapa selama tujuh hari tujuh malam dan bertahan di goa tersebut hanya dengan menggunakan sebuah meja dan kursi. Untuk pintu masuk goa hanya muat satu orang dewasa saja. Menurut ceritanya, siapa saja yang bisa memasuki goa tersebut maka permintaanya akan terpenuhi. Konon, tidak semua orang bisa memasuki goa tersebut. Karena lokasinya yang sempit, di sepanjang pintu masuk goa terdapat bebatuan karang yang cukup tajam.

Lokasi Pantai Greweng

Wisatawan dapat menemukan lokasi objek wisata ini dengan cukup mudah. Lokasinya berada di sebelah timur Pantai Jungwok dan Pantai Wediombo. Anda juga bisa mengunjungi kedua pantai tersebut dengan berjalan kaki.Untuk akses menuju objek wisata tersebut dapat menggunakan kendaraan bermotor maupun kendaraan pribadi.

Alamat Pantai Greweng terletak di Desa Pendowo, Dusun Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute da Akses Pantai Greweng

Bagi anda yang sedang berada di Piyungan dan sekitarnya dapat menggunakan rute ini untuk menuju ke pantai greweng wonosari. Pertama, arahakan kendaraan anda menuju Patuk - Gading lalu ambil arah ke kiri menuju Wonosari - Siono - Wonosari kota - Jalan Baron sampai pertigaan Mulo ambil arah menuju Tepus lalu melewati Ndakbong - Purwodadi - Balong - Jepitu - Wediombo. Perjalanan di lanjutkan menuju arah Pantai Jungwok lalu menuju arah objek wisata.

Sedangkan jika anda sedang berada di pusat kota jogja dapat menggunakan rute sebagai berikut. Pertama ambil arah menuju Jl Wonosari kemudian melalui Jl Piyungan - Patuk - Sambipitu - Gading - Wonosari - Semanu - Pasar Munggi - Cuwelo - Giri Panggung - Cikal - Ngawar - Balok ke kiri kemudian menuju Jepitu dan dilanjutkan menuju arah pantai wediombo - pantai jungwok kemudian menuju Pantai Greweng Jogja.

Baca Juga: Pantai Wohkudu, Tempat Camping Terbaik di Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk Pantai Greweng

Untuk menikmati wisata pantai yang indah, anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Objek wisata yang memiliki perbukitan karst dapat anda kunjungi kapanpun. Harga tiket masuk pantai greweng sebesar Rp5.000 per orang.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Pantai Greweng

Meski lokasinya berada di tempat yang cukup terpencil, fasilitas di pantai ini cukup lengkap. Wisatawan yang berkunjung harus memparkirkan kendaraanya di kawasan Pantai Jungwok. Beberapa fasilitas di antaranya:
  • Kamar mandi
  • Warung makan
  • Mushola
  • Tempat parkir
  • Spot foto
  • Camping
Jam Oprasional
Sama halnya dengan wisata pantai gunung kidul lainya, wisata ini buka selama 24 jam penuh. Anda dapat berkunjung ke pantai ini kapan saja, tetapi hal yang perlu anda perhatikan, saat malam hari jalan menuju lokasi minim pencahayaan. Disarankan untuk datang pada pagi hingga sore hari.

Daya Tarik Pantai Greweng

1. Camping
Lokasinya yang masih asri dan cukup sepi, menjadikan tempat ini selalu di kunjungi wisatawan yang ingin camping. Bagi anda yang tidak sempat menyiapkan perbekalan anda juga dapat membeli maknan di warung sekitar pantai. Tidak hanya itu saja, pantai ini juga menyediakan air tawar yang berada di sebelah utara pantai.

Biasanya pengunjung datang bersama teman atau mungkin keluarga. Beberapa dari mereka bisanya membawa tikar, gitar dan perlengkapan camping lainya. Anda juga bisa menyalakan api unggun untuk menambah suasana camping semakin seru. Mengenai kayu bakarnya, anda dapat beli seharga Rp10.000 diwarung milik warga.

Pantai Greweng Gunung Kidul, Tempat Pertapaan Soekarno
Pantai Greweng Wonosari (Instagram : bayurahmawan )
2. Goa Karang
Di wisata ini terdapat sebuah goa yang dijadikan tempat pertapaan. Di sekitar mulut goa terdapat tali pembatas agar wisatawan tidak sembarang masuk. Menurut cerita dari masyarakat sekitar, dahulu pernah ada pengunjung yang nekat memasuki mulut goa dan orang tersebut merasakan berada di dimensi lain.

Goa ini memang sering dijadikan tempat bertapa, bahkan sampai saat ini. Banyak cerita-cerita mistis digoa ini. Beberapa pengunjung juga mencritakan bahawa dalam goa terdapat landak dan juga kelelawar yang mengantung disetiap sudut goa.

3. Keberadaan Sungai
Pantai Greweng Gunung Kidul merupakan salah satu wisata pantai yang memiliki bentuk teluk. Lokasinya berada diantara dua tebing karang yang tinggi. Dilihat dari ketinggian, pantai ini lebih menjorok ke daratan.

Areanya pun juga tidak terlalu luas, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk menjangkau lokasi wisata. Setibanya di lokasi, pengunjung akan melihat sungai kecil yang mengarah langsung ke pantai. Aliran sungai ini berasal dari sumber mata air alami yang sangat jernih.

4. Tempat Memancing
Pantai yang memiliki bebatuan disekiar lokasi membuat tempat ini sangat cocok dijadikan spot memancing. Banyak wisatawan atau masyarakat sekitar memancing diarea sekitar pantai. Menurut mereka, ditempat ini banyak ikan kecil hingga besar yang bersembunyi diantara celah-celah bebatuan karang.

Bagi anda yang ingin memancing sebaiknya membawa perlatan pancing dari rumah, karena tempat ini belum menyedikan jasa penyewaan alat pancing.

Wisata Dekat Pantai Greweng

  • Pantai Jungwok
  • Pantai Wediombo
  • Pantai Wohkudu
  • Pantai Sadranan
  • Pantai Ngrumput
Penutup
Berikut diatas artikel dari yanacircle.com tentang pantai greweng jogja. Bagi anda yang ingin menikmati wisata lainya selain pantai, bisa menggunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul. Teteap menjaga protkol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selamat berlibur.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.