Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Jungwok, Surga Tersembunyi Bagi Pecinta Camping

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok - Gunung Kidul memang terkenal dengan surganya pantai berpasir putih yan cantik. Daerah ini memiliki deretan pantai yang menyimpan daya tarik setiap tempatnya. Mungkin wisatawan lebih kenal dengan beberapa pantai yang fenomenal seperti Pantai Siung dan Pantai Indrayanti. Terdapat salah satu wisata pantai yang baru di buka belum lama ini, wisata tersebut bernama Pantai Jungwok.

Memiliki garis pantai yang melengkung membuat pantai ini terlihat sangat eksotis dan nama jungwok sendiri berasal dari lengkungan tersebut. Meskipun memiliki ukuran yang tidak terlalu luas, wisata ini memiliki kebersihan yang sangat bagus. Mungkin saja karena belum terkenalnya wisata ini di telinga para wisatawan.

Pantai Jungwok, Surga Tersembunyi Bagi Pecinta Camping
Pasir putih yang cantik di tambah dengan bebatuan karang ( Picture Ig / saturasiii)

Kondisi ombak yang tenang serta perbukitan karang yang berada di pinggiran membuat tempat ini memiliki tempat foto yang bagus. Selain itu, pantai ini juga memiliki tiga saluran sungai air tawar sekaligus. Pengunjung juga dapat bermalam dengan mendirikan tenda di sepanjang bibir pantai, karena belum menyediakan perlengkapan camping anda harus membawa sendiri dari rumah.

Baca Juga : Pantai Siung, Panorama Pasir Putih dan Tebing Raksasa

Misteri Pantai Jungwok

Meskipun memiliki pemandangan pasir putihnya yang eksotis, pantai ini juga terkenal dengan certia mistis. Lokasi ini jarang di kunjungi oleh wisatawan karena akses pantai jungwok cukup susah dan cukup terpencil terlebih wisata ini belum memiliki fasilitas yang memadai.

Pada malam hari pantai ini akan terlihat sangat sepi dan senyap, seolah anda adalah satu-satunya orang yang berada di pantai pada malam hari. Karena lokasinya yang masih sepi, beberapa orang meyakini bahwa pantai ini masih angker. Menurut cerita orang yang pernah bermalam di tempat ini pernah mengalamai kejadian aneh dengan mendengar suara samar-samar dan suara anjing.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo 

Lokasi Pantai Jungwok

Wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini tidak perlu khawatir karena lokasinya mudah di temukan. Hal yang menjadi permasalahan adalah beberapa kilometer sebelum sampai di lokasi, wisatawan akan melewati jalan yang berbatu. Anda juga bisa menggunakan goggle maps untuk mempermudah menemukan lokasinya.

Alamat Pantai Jungwok berada di Dusun Pendowo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Jungwok

Rute menuju pantai jungwok sangat mudah di jangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor. Bagi wisatawan yang berada di pusat kota jogja bisa menggunakan rute ini.

Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dahlan kemudian melewati Jl Panembahan Senopati kemudian ambil arah menuju perempatan lalu ke selatan melwati Jl Brigjen Katamso. Perjalanan di lanjutkan ke arah timur menuju Jl Kolonel Sugiyono, setibanya di perigaan ambil arah menuju Jl Sisingamaraja.

Perjalanan di lanjutkan menuju Jl Imogiri Barat kemudian pertigaan ambil arah ke timur menuju Jl Bakulan Imogiri. Selanjutnya, ambil arah menuju Jl Siluk lalu jalan melewati Jl Siluk Panggang. Kemudian perjalanan di lanjutkan menuju Jl Raya Panggang Wonosari dan menuju Jl Pantai Selatan.

Sesampainya di Jl Pantai Selatan ambil arah menuju Jl Wediombo Jungwok, ikuti saja jalan tersebut sama menemukan Wisata Pantai Jungwok. Jarak yang akan anda tempuh dari pusat kota jojga sekitar 85 kilometer dan membutuhkan watku perjalanan kurang lebih 2 jam 40 menit, tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Harga Tiket Masuk Pantai Jungwok

Wisatawan dapat menikmati pantai ini dengan harga tiket yang sangat terjangkau. Harga tiket masuk pantai jungwok sebesar Rp5.000 per orang. Harga tersebut sudah satu tiket dengan retribusi Pantai Wediombo. Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

Pantai Jungwok, Surga Tersembunyi Bagi Pecinta Camping
Camping di Pantai Jungwok (Picture Ig / teolisa18)

Fasilitas Pantai Jungwok

Pengunjung dapat menemukan beberapa fasilitas di wisata ini, karena lokasi wisatanya yang berada cukup jauh dari pedesaan membuat pembangunan fasilitas cukup terganggu. Beberapa fasilitas yang dapat di nikmati para wisatawan di antaranya:
  • Tempar Parkir
  • Kamar Mandi
  • Warung Makan
  • Tempat camping
  • Toilet

Daya Tarik Pantai Jungwok

1. Garis Pantai
Selain memiliki pasir putih yang bersih dan cantik pantai ini juga memiliki bentuk garis pantai yang melengkung. Hal itu yang membuat wisatawan sangat menyukai pantai ini dan jarang ada di tempat lainya. Ombak yang yang kecil serta perbukitan karang yang mengelilingi pantai membuat suasana liburan semakin lengkap.

Perpaduan air sungai yang asin dan air tawan menjadikan keunikan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung.

2. Tempat Camping
Pantai yang terkenal dengan kebersihan serta suasanya yang nyaman membuat pengunjung memilih tempat ini untuk menikmati malam dengan camping di pinggir pantai. Suasana yang sepi dan sejuk membuat camping terasa lebih nikmati.

Untuk menamba keseruan saat camping, pengunjung juga bisa membuat api unggun atau mengadakan bakar - bakar. Setelah selesai menikmati santapan makam malam, pengunjung juga bisa bersantai memandangani lautan dan langit yang penuh dengan taburan bintang-bintang. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung juga bisa menyaksikan milkyway karena lokasinya yang jauh dari polusi udara.

Pantai Jungwok, Surga Tersembunyi Bagi Pecinta Camping
Bebatuan karang di tepi pantai (Picture Ig / Metameilenia_)
3. Batu Karang 
Daya tarik selanjutnya yang dapat anda temui selain pasir putih yang bersih adalah batu karang yang cukup besar yang berada di tepi pantai. Jika di lihat dengan sesama pantai ini memiliki kemiripan dengan Pantai Drini. Sama-sama memiliki batu karang, tetapi pengunjung tidak bisa menyabangi batu karang tersebut karena tidak di temukanya akses menuju lokasi.

Hal ini juga yang menjadi penyebab mengapa ombak di pantai jungwok gunung kidul sangat kecil. Penyebannya adalah terhalang oleh batu karang yang berada di tepi pantai. Saat surut pengunjung juga dapat melihat hamparan karang yang berada di dasar laut. Jika sedang beruntung, anda juga dapat menemukan berbagai binatang laut seperti bintang laut dan rumput laut.

4. Pantai yang Bersih
Pantai gunung kidul ini juga memiliki warna air laut yang cantik. Lingkungan pantai yang terbebas dari sampah membuat pantai ini terasa bersih dan alami. Perpaduan antara pasir putih dan birunya ombak laut akan menambah keseruan anda saat berlibur. Wisata ini sangat di rekomendasikan bagi anda yang ingin mendapatkan foto berlatar belakang pasir putih yang mirip dengan pantai padawa di bali.

Tips Mengunjungi Pantai Jungwok

  • Karena jalan menuju pantai masih berupa bebatuan, sebaiknya pastikan kendaraan anda dalam kondisi normal dan tidak ada kendala.
  • Akses menuju pantai yang cukup susah, lebih baik anda menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.
  • Jangan membuang sampah sembarangan serta memathui peraturan yang sudah ada
  • Bagi anda yang ingin menikmati kesunyian pantai ini lebih baik datang pada hari senin - jumat. Saat akhir pekan maupun liburan pantai ini sangat ramai
  • Wisata ini sangat di rekomendasikan bagi anda yang ingin camping dan jangan lupa membawa perbekalan sendiri.

Wisata Dekat Pantai Jungwok

  • Pantai Siung
  • Pantai Greweng
  • Pantai Wediombo
  • Pantai Timang
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai jungwok gunung kidul. Wisatawan juga bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul lainya yang memiliki pemandangan mempesona.