Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Kayu Arum Gunung Kidul, Pantai Tersembunyi di Jogja

Pantai Kayu Arum Gunung Kidul

Pantai Kayu Arum Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Kanigoro, Saptosari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55871.
Pantai Kayu Arum - Berlibur ke jogja kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi wisata pantainya. Daerah gunung kidul bisa dikatakan sebagai surganya pantai, pasalnya daerah ini memiliki wisata pantai yang cukup terkenal seperti Pantai Siung, Indrayanti, dan Pantai Baron. Salah satu tempat yang memiliki pesona yang indah adalah Pantai Kayu Arum.

Pantai Kayu arum jogja memang masih asing ditelinga wisatawan, objek wisata ini masih sangat terjaga keasrianya. Sehingga, jangan heran bila anda mengunjungi tempat ini anda akan merasakan suasanya yang masih asri dan sangat damai.

Sebenarnya pantai ini tidak jauh lokasinya dari pantai baron. Bila anda berkunjung ke Menara Mercusuar atau Baron Tecnopark, maka kawasan ini akan terlihat begitu kecil. Namun untuk menuju pantai anda harus berjalan kaki sejauh 4 kilometer, hal ini yang membuat wisatawan tidak terlalu tertarik untuk mengunjungi wisata ini.

Pantai Kayu Arum Gunung Kidul, Pantai Tersembunyi di Jogja
Pasir putih dan batu karang yang sangat indah (Source : Instagram)

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini akan melihat perbukitan karang yang hijau serta hamparan pasir putih yang cukup halus. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga dapat melihat ikan-ikan kecil yang berada dibatuan karang.

Baca Juga: Pantai Kesirat Gunung Kidul, Tempat Camping yang Menawan

Lokasi Pantai Kayu Arum

Wisatawan dapat menemukan lokasi pantai ini dengan mudah, selain itu akses menuju lokasinya sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor. Hanya saja pengunjung harus berjalan kaki sejauh 4 kilometer dari tempat parkiran.

Alamat Pantai Kayu Arum berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Pantai Kayu Arum

Bila anda sedang berada di pusat kota jogja, anda dapat menggunakan rute ini untuk menuju ke objek wisata. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl KH Ahmad Dalan lalu menuju Jl Panembahan Senopati hingga menemukan perempatan kemudian ambil arah ke timur melewati Jl Kolonel Sugiono.

Setibanya di Jl Kolonel Sugiono, arahakan kendaraan anda menuju pertigaan lalu ke selaan menuju Jl Sisingamaraja, kemudian menuju Jl Imogiri Barat. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke arah timur menuju Jl Bakulan Imogiri, setibanya dipertigaan ambil arah ke barat menuju Jl Imogiri Siluk.

Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan Jl Siluk Panggang, lalu pertigaan ambil arah ke timur menuju Jl Raya Panggang Wonosari, ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di Jl Pantai Selatan Jawah, pertigaan ambil arah ke selatan hingga menemukan lokasi Pantai Kayu Arum Gunung Kidul.

Jarak yang akan anda tempuh sejauh 57,2 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 35 menit dengan kondisi lalu lintas normal.

Baca Juga: Pantai Kukup Beach, Wisata ala Tanah Lot di Gunung Kidul

Harga Tiket Masuk Pantai Kayu Arum

Wisatawan yang ingin menikmati suasana panta yang cukup sepi tidak perlu pergi jauh-jauh ke bali. Harga tiket masuk pantai kayu arum cukup terjangkau yaitu sebesar Rp10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk dengan retribusi beberapa pantai yang berdekatan.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Pantai Kayu Arum

Karena lokasinya yang cukup jauh dari pedesaan sekitar, maka wisata ini belum memiliki fasilitas yang cukup. Jadi bagi wisatawan yang berkunjung sebaiknya membawa perbekalan sendiri seperti makanan, minuman, kantong sampah dan perbekalan lainya.

Walaupun belum memiliki fasilitas yang cukup lengkap, wisata ini memiliki pemandang yang tak kalah bagus dengan wisata pantai gunung kidul lainya.

Daya Tarik Pantai Kayu Arum

Tidak hanya bebatuan karangnya yang tersusun dengan rapi, pengunjung tidak akan menjumpai sampah atau limbah manusia sedikutpun. jadi bagi anda yang mempunyai agenda untuk mengunjungi wisata ini sebaiknya membawa tempat sampah tersendiri.

Kondisi pantai yang masih asri dan sepi, membuat anda yang berkujung ketempat ini dapat bermain leluasa, anda dapat menikmati kesunyian pantai ini dengan bermain bola boli, sepak bola dan bermain pasir.

Keberadaan bebatuan karang yang menghiasi disepanjang pantai membuat anda seolah-olah sedang berada di hawai. Lokasinya yang cukup sepi membuat anda leluasa untuk mendapatkan foto yang menarik.

1. Camping
Setelah melewati perjalanan yang cukup panjang, anda akan disambut dengan perbukitan yang menhimpit pantai, bisa dibilang surganya pantai gunung kidul.

Tidak hanya itu saja, pantai ini memiliki berbagai jenis ikan dari yang besar hingga kecil. beberapa ikan yang dapat anda dapatkan di antaranya ikan kerapi, ikan bandeng, ikan tongkol dan masih banyak lain. Untuk mendapatkan ikan tersebut anda harus membawa peralatan pancing sendiri dari rumah, sebab tempat ini belum menyediakan persewaan alat pancing.

Kondisi yang masih sepi biasanya dimanfaatkan oleh wisatawan yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda. Api unggun dan ikan bakar akan melengkapi malam anda semakin berkesan. di hari-hari tertentu pantai ini juga digunakan untuk makarab beberapa mapala universitas di yogyakarta.

2. Pemandangan Sunset
Bagi anda yang ingin berkemah di tempat ini sebaiknya datang pada saat pagi hari atau siang hari. Perjalanan cukup jauh pasti akan membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra. Saat melakukan trekking pada siang hari anda akan tiba saat sore hari. 

Saat sore hari, anda akan disambut dengan pemandangan sunset yang begita menawan. Sebab bibir pantai yang mengarah ke barat membuat anda dapat melihat sunset dengan begitu jelas.

Untuk itu jangan lupa membawa kamera atau smarphone untuk mengabadikan moment yang sangat spesial ini. Pantai Kayu Arum Jogja merupakan pantai dengan sejuta keindahan yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke gunung kidul.

Wisata Dekat Pantai Kayu Arum

  • Pantai Wonogiri
  • Pantai Nguluran
  • Pantai Nampu
  • Pantai Baron
Penutup
Berikut di atas merupakan ulasan dari yanacircle.com tentang wisata pantai kayu arum gunung kidul. Bagi anda yang bosan dengan wisata pantai, juga bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul lainya. Tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan menucui tangan. Selamat Berlibur.