Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Kesirat Gunung Kidul, Tempat Camping yang Menawan

Pantai Kesirat Gunung Kidul

Pantai Kesirat Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55881.

Pantai Kesirat - Berlibur ke jogja kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi daerah gunung kidul. Daerah ini terkenal dengan destiansi pantainya yang sangat unik, mulai dari pantai berpasir putih hingga pantai dengan pemandangn perbukitan karang yang memukau. Salah satu wisata pantai yang cukup terkenal adalah Pantai Kesirat.

Pantai Kesirat Girikatro merupakan pantai yang berada di ujung gunung kidul, saat berkunjung ke pantai ini jangan harap anda akan menemukan pasir berwarna putih. Sebagai gantinya, wisatawan akan melihat pemandangan yang berbeda dengan pantai pada umumnya.

Pantai Kesirat Gunung Kidul, Tempat Camping yang Menawan
Sunset Pantai Kesirat (Source Instagram : rafirss)

Objek wisata ini menjadi lokasi paling tepat buat anda yang ingin menikmati pemandangan matahari tenggelam atau sunset. Melihat sunset di pantai kesirat ini dijamin anda akan betah berlama-lama. Uniknya, wisatawan dapat melihat sunset dengan jelas karena tidak ada penghalang sediktpun. Hanya saja terdapat sebuah pohon yang berdiri kokoh yang menjadi ikon wisata tersebut.

Baca Juga: Pantai Siung, Panorama Pasir Putih dan Tebing Raksasa

Lokasi Pantai Kesirat.

Wisatawan dapat mengunjungi wisata pantai gunung kidul ini kapan saja. Selain itu, akses menuju lokasi wisata sudah dapat dilalui menggunakan kendaraan bermotor dan kendaran pribadi. Hal yang harus anda perhatikan adalah kondisi jalan yang cukup sempit, sehingga jika anda berpapasan dengan kendaraan lainya salah satu harus mengalah.

Alamat Pantai Kesirat berada di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Kesirat

Bagi anda yang sedang berada di pusat kota jogja malioboro dan sekitarnya bisa menggunakan rute ini untuk menuju ke lokasi wisata. Pertama, arahkan kendaran anda menuju Jl Piyungan hingga menemukan simpang tiga LANUD TNI AU. Kemudian, arahkan kendaraan anda menuju Paliyan dan menuju Pasar Paliyan.

Setibanya di daerah Paliyan, arahkan kendaraan anda menuju Saptosari hingga tiba didaerah Girikarto. Ikuti saja jlan tersebut hingga menemukan pertigaan menuju Padukuhan Ngalos. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan papan penunjuk lokasi menuju Pantai Kesirat Jogja

Jarak objek wisata dari pusat kota jogja sekitar 60 kilometer dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 46 menit dengan lalu lintas normal.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali

Harga Tiket Masuk Pantai Kesirat

Keindahan yang ditawarkan wisata ini berbeda dengan yang lainya. Wisatawan dapat melihat hamparan laut selatan dan perbukitan karang yang sangat eksotis. Harga tiketnya pun sangat murah dan sebanding dengan pemandangan yang akan didapatkan.

Untuk memasuki Pantai Kesirat Wonosari, anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000 per orang. Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp3.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.

Fasilitas Pantai Kesirat

Wisatawan yang mengunjungi wisata ini dapat menikmati beberapa fasilitas yang tersedia. Namun, beberapa kebutuhan dasar seperti warung makan dan toilet sudah dapat pengunjung gunakan. Beberapa fasilitas diantaranya:
  • Tempat parkir
  • Mushola
  • Warung makan
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Spot foto
Jam Buka Pantai Kesirat
Selain menjadi tempat wisata, lokasi ini juga dijadikan tempat camping. Artinya wisatawan dapat berkunjung ke pantai ini kapan saja. Tetapi, alangkah baiknya untuk datang pada pagi hingga sore hari. Saat malam hari, jalan menuju lokasi kurang lampu penerangan dan sempit.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo

Daya Tarik Pantai Kesirat

1. Matahari Tenggelam (Sunset)
Tempat ini sangat cocok buat anda yang ingin menikmati pemandangan sunset bersama teman anda. Pemandangan senja di pantai ini berbeda dengan tempat lainya, karena anda dapat melihat sunset dengan jelas tanpa terhalang apapun.

Objek wisata ini menawarkan panorama matahari tenggelam. Hal yang ditunggu para wisatawan adalah momen ketika matahari tenggelam. Momen ini menjadi tujuan utama bagi wisatawan, terutama bagi pecinta senja termasuk fotograi. Saat matahari tenggelam disebelah selatan dapat anda nikmati saat musim kemarau antara bulan April - Oktober.

Hal uniknya lagi di Tanjung Kesirat terdapat sebuah pohon yang menjorok ke laut. Pohon tersebut menjadi ikon utama dan menjadi kombinasi yang sempurna untuk mendapatkan foto yang sangat bagus.

2. Camping
Selain menjadi tempat menikmati sunset, pantai kesirat juga menjadi tempat favorit untuk camping. Saat akhir pekan maupun libur panjang, di tepi tebing dipadati oleh tenda yang berjajar dengan rapi. Bagi anda yang gemar camping di tempat terbuka, camping di pantai ini harus anda coba.

Pemandangan hamparan rumput hijau yang membentang luas dan menghadap langsung ke lautan menjadi tempat yang sangat bagus untuk mendirikan tenda. Saat sore hari, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati matahari tengelam.

Bagi anda yang ingin camping ditempat ini sebaiknya perhatikan perkiran cucaca terlebih dahulu. Saat musim penghujuan sebaiknya anda benar-benar siap untuk menghadapi hembusan angin lautan yang cukup kencang. Setelah selesai camping dan akan meninggalkan lokasi sebaiknya anda membersihkan sampah bekas kegiatan camping terlebih dahulu.

3. Memancing
Kondisi perbukitan yang berbatasan langsung dengan laut lepas, membuat tempat ini menjadi salah satu spot memancing di gunung kidul. Menurut para pemancing, tempat ini memiliki banyak ikan yang berukuran cukup besar.

Para pemancing, tempat in menjadi spot yang cukup seru untuk memancing. Di pantai ini, mereka dapat memancing sambil menikmati pemandangan laut lepas yang sangat keren. Tidak hanya itu saja, ikan yang berada disekitar lokasi cukup banyak. Bahkan pemancing pernah melihat ikan yang berukuran besar seperti ikan hiu tutul, ikan paus hingga lumba-lumba.

Hal itu cukup wajar karena, pantai kesirat yogyakarta menjadi jalur migrasi dari jenis paus sei. Sementara Samudra Hindia merupakan habitat paus minke dan paus sperma.

Penduduk sekitar juga menyedikan gazebo yang diperuntukan bagi pemancing untuk beristirahat dan bersantai sambil menunggu hasil pancingan mereka. Sedangkan disebelah timur terdapat semenanjung kecil yang biasa digunakan nelayan untuk mencari lobster atau udang saat sore hari.

4. Berkeliling Pantai
Bagi anda yang berasal dari luar daerah tentu kurang puas rasanya jika hanya sebentar menikmati keindahan pantai. Untuk itu wisatawan juga dapat berjalan-jalan di sekitar pantai dengan melewati jalan setapak yang terbuat dari cor semen.

Pemandangan malam hari tak kalah seru dipantai ini, pengunjung yang camping juga dapat melihat pemandangan Milkyway atau Stargazing dengan sempurna. Untuk melihat pemandangan tersebut anda harus memperhatikan kondisi cuaca terlebih dahulu. Biasanya waktu yang pas saat bulan mati. Oleh sebab itu anda harus tau tanggal kapan bulan itu tidak terang dan cuaca tidak berawan.

Wisata Dekat Pantai Kesirat
  • Pantai Wohkudu
  • Pantai Celeng Tibo
  • Pantai Ngranggehan
  • Pantai Baron
Penutup
Berikut di atas informasi dari yanacircle.com tentang Pantai Kesirat. Semoga dengan adanya informasi tersebut bisa menjadikan refrensi untuk liburan di tempat wisata gunung kidul ini. Tetap patuhi prokol kesehatan dengan menggunakan masker, menajaga jarak, dan mencucui tangan. Selamat berlibur!