Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Kukup Beach, Wisata ala Tanah Lot di Gunung Kidul

Pantai Kukup Beach Gunung Kidul

Pantai Kukup - Kabupaten Gunung Kidul merupakan daerah yang berada disisi timur kota jogja. Daerah ini terkenal dengan wisata pantai berpasir putih yang indah. Deretan perbukitan karang menambah kesan seolah-olah anda sedang berada tanah lot, bali. 

Berbicara mengenai wisata pantai, kota yang dijuluki dengan sebutan kota pelajar ini memiliki beberapa pantai yang sudah ada sejak zaman dahulu. Di mana objek wisata ini menjadi tujuan favorit para wisatawan yang sedang berlibur dijogja. Nama wisata tersebut adalah Pantai Kukup.

Keindahan yang disuguhkan oleh pantai kukup gunung kidul ini tidak pernah berubah sama sekali. Pantai yang memiliki keindahan pasir putih yang sangat halus dan butiran batu gamping membuat wisatawan betah berlama-lama. Keunikan lain yang akan anda dapatkan, berupa perbukitan karang besar yang terletak di tengah pantai.

Pantai Kukup Beach, Wisata ala Tanah Lot di Gunung Kidul
Pemandangan gubug kecil di atas bukit karang (Source : Instagram)

Pesona pantai kukup jogja ini hampir mirip dengan suasana pantai di Tanah Lot yang berada di Bali. Perbedaanya tidak terlalu jauh, hanya saja pantai kukup wonosari tidak memiliki pura, melainkan gardu pandang. Wisatawan juga dapat melihat panorama laut selatan dari perbukitan karang yang lokasinya tidak jauh dari bibir pantai.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali

Lokasi Pantai Kukup

Wisatawan dapat menemukan dengan mudah alamat pantai kukup beach menggunakan goggle maps. Pantai ini terletak di Jl Selatan Pantai Jawa, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor. Ada juga transportasi alternatif seperti mini bus atau bus besar untuk mengunjungi pantai ini. Bagi wisatawan yang akan menggunakan transportasi umum dapat mengantarkan anda sampai terminal Wonosari.

Rute Menuju Pantai Kukup

Wisatawan yang berada dikota jogja dapat menggunakan rute ini untuk menuju wisata pantai kukup wonosari. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Ringroad Selatan dan menuju arah Kota Wonosari. Setelah itu, ambil arah ke kiri menuuju terminal Giwangan.

Kemudian ikuti saja jalan tersebut hingga sampai di wiliayah Wonosari. Ikuti saja jalan lurus tersebut hingga menemukan dua arah yang menuju ke Pantai Baron dan Pantai Ngobaran. Ambil arah ke kiri menuju Pantai Baron.

Setelah sampai di wilayah Pantai Baron, anda akan menjumpai pos retribusi. Kemudian belok ke kiri menuju Pantai Kukup Yogyakarta. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan papan penunjuk menuju objek wisata.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat Wisata di Kulon Progo 

Harga Tiket Masuk Pantai Kukup

Berlibur ke pantai dengan pemandangan yang indah tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Wisatawan yang akan mengunjungi Pantai Kukup harus membayar retribusi terlebih dahulu menuju Pantai Baron, anda akan di minta untuk membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 rupiah per orang.

Sedangkan wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk kendaraan pribadi atau mobil.
Nama Harga
Parkir Mobil Rp5000
Parkir Motor Rp2000
Harga Tiket Masuk Rp10.000

Fasilitas Pantai Kukup

Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, pantai ini juga memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Pengelola objek wisata berharap wisatawan tetap menjaga keasrian wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan. Beberapa fasilitas di antaranya:
  • Tempat parkir
  • Tempar makan
  • Penginapan
  • Toilet
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Tempat oleh-oleh

Jam Buka Pantai Kukup

Mengenai jam oprasional, deretan pantai yang berada di gunung kidul tidak memiliki auran khusus. Wisatawan dibebaskan datang kapan saja, tetapi alangkah baiknya untuk datang sebelum pos retribusi tutup. 

Kondisi jalan di sekitar pantai yang berkelok-kelok dan naik turun membuat terjadi resiko kecelakan cukup tinggi, apalagi kondisi jalan yang sempit. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mengunjungi wisata ini pada saat pagi hingga sore hari.

Daya Tarik Pantai Kukup

1. Pantai Kukup Resort
Menikmati pantai di gunung kidul tidak cukup membutuhkan waktu satu atau 3 jam saja. Apalagi saat kita terlalu asik menikmati wisata, tentu waktu akan berjalan lebih dekat. Oleh karena itu, anda bisa menyewa penginapan di pantai kukup yang berada di sekitar pantai.

Salah satu penginapan yang cukup terkenal di sekitar pantai adalah Johor Homestay. Penginapan ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Lokasinya yang strategis berada diantra Pantai Baron, Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp250.000 rupiah hingga Rp3.000.000 rupiah per malamnya.

Pantai ini memang terkenal dengan keindahan yang klasik di gunung kidul, hingga saat ini masih banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancarnegara.

Pantai Kukup Beach, Wisata ala Tanah Lot di Gunung Kidul
Perpaduan Pasir putih dengan perbukitan batu karang (Source : Instagram)
2. Upacara Adat
Sebagai warga indonesia khusunya masyarakat suku jawa tentu sudah sangat kental dengan berbagai tradisi adat. Seperti halnya yang dilakukan oleh masyarakat sekitar objek wisata, biasanya di adakan upaca sedekah laut yang dilakukan saat musim panen hasil laut.

Upacara tersebut tidak hanya dilakukan di kukup beach saja, melainkan di beberapa tempat seperti Pantai Baron dan Pantai Sadranan. Sedakah laut sendiri merupakan tradisi sebagai bentuk rasa syukur kepada tuhan yang maha esa karena sudah diberikan hasil laut yang melimpah.

3. Bukit Karang Pulau Jumino
Ciri khas dari pantai di gunung kidul adalah bukit karang. Saat berkunjung ke pantai kukup yogyakara anda dapat menyambangi bukit karang yang bernama Pulau Jamino. Terdapat sebuah bangunan kecil yang bisanya digunakan sebagai gardu pandang. Wisatawan dapat melihat secara langsung laut selatan dari atas bukit. Akses menuju gubugnya pun sangat mudah, karena sudah dibangun jemabatan yang kokoh.

Selain itu, wisatawan juga dapat melihat pemandangan matahari tenggelam atau sunset dari bukit ini, karena lokasinya yang sangat strategis. Sekililing pantai juga terdapat tebing batu karang yang cukup tinggi.

Baca Juga: Pantai Wohkudu, Tempat Camping Terbaik di Gunung Kidul

Tips Berwisata di Pantai Kukup

Berikut di bawah tips yang perlu anda perhatikan sebelum berwisata:
1. Membawa Pakian Ganti
Membawa pakian ganti adalah hal yang harus anda lakukan sebelum berenenang menikmati segarnya air laut. Meski anda tidak merencanakan untuk bermain, alangkah baiknya tetap membawa pakian ganti untuk berjaga-jaga.

2. Membawa Smartphone atau Camera 
Berwisata di pantai gunung kidul kurang lengkap rasanya jika tidak mengabadikan moment dengan berfoto. Sebelum itu, alangkah baiknya untuk membawa alat untuk mengabadikan moment.

3. Memperhatikan Cuaca
Memperhatikan cuaca merupakan hal yang harus anda perhatikan sebelum mengunjungi pantai ini. Di bulan-bulan tertentu, ombak disekitar pantai cukup besar. Untuk itu tetap memperhatikan pantuan cuaca terlebih dahulu.

4. Membawa perlatan
Membawa perlatan seperti sandal jepit dan sunblock merupakan hal yang harus anda lakukan. Kondisi sekitar pantai yang cukup panas, membuat kulit anda cepat menghitam. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya anda menggunakan sunscreen atau sunblock.

Wisata Dekat Pantai Kukup
  • Pantai Baron
  • Pantai Indrayanti
  • Pantai Drini
  • Pantai Nglanggeran
Penutup
Berikut di atas merupakan ulasan dari yanacircle.com tentang wisata pantai kukup gunung kidul. Anda juga bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul lainya selain pantai. Tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masekr, menjaga jarak, serta mencuci tangan. Selamat berlibur!