Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Ngandong Gunung Kidul, Suasana Perkampungan Nelayan

Pantai Ngandong

Pantai Ngandong - Berkunjung ke gunung kidul kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungui wisata pantainya yang terkenal dengan pasir putih dan bebatuan karang. Salah satu pantai yang cukup terkenal adalah Pantai Ngandong. Kawasan ini memang tidak terlalu ramai oleh pengunjung, berbeda dari Pantai Baron, Indrayanti dan Cemara Sewu yang setiap hari di kunjungi oleh wisatawan.

Pantai Ngandong biasanya di gunakan oleh nelayan untuk menaruh perahu kecil mereka yang habis melaut. Keberadaan sampan kecil yang tersusun rapi di pinggir laut dan ditambah dengan pasir putih serta bebatuan karang membuat pemandangan semakin keren.

Pantai Ngandong Gunung Kidul, Suasana Perkampungan Nelayan
Pasir yang cantik dengan sampan nelayan di pinggir pantai (Picture Ig / Ahmadfahm1)

Pemandangan yang dapat wisatawan nikmati ketika berkunjung ke pantai ini adalah keberadaan pulau yang berada di tengah laut. Saat laut surut, pengunjung bisa mencapai pulau tersebut dengan berjalan kaki.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat wisata di Kulon Progo

Lokasi Pantai Ngandong

Pengunjung dapat menemukan dengan mudah kawasan ini karena jalanya masih satu arah dengan Pantai Sundak. Akses menuju lokasi pun sudah dapat di lalui menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan bermotor.

Lokasi Pantai Ngandong berada di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Ngandong

Untuk menuju Pantai Ngandong, wisatawan dapat mengikuti rute berikut. Pertama, arahkan kendaraa anda menuju Piyungan lalu menuju Patuk kemudian lanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan Lanud TNI Gading.

Setibanya di pertigaan, arahkan kendaraan anda menuju Plyayen - Paliyan - Saptosari. Kemudian ambil jalan ke timur menuju kawasan wisata Pantai Baron. Ikuti saja jalan tersebut hingga menemukan pintu masuk panti sundak lalu pantai tujuan.

Terdapat juga rute yang lebih cepat jika berada di pusat kota jogja. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Imogiri - Panggang - Saptosari. Sesampainya di pertigaan ambil arah ke timur menuju Pantai Baron. Iktui saja jalan tersebut sampai menemukan pintu masuk pantai sundak dan sampai di lokasi pantai ngandong.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngandong

Wisatawan yang ingin menikmati suasana pantai gunung kidul ini tidak perlu khawatir mengenai harga tiket. Harga Tiket Masuk Pantai Ngandong sebesar Rp10.000 per orang. Harga tersebut sudah satu tiket masuk dengan Pantai Baron, Drini, Sepanjang Watu Kodok, Pantai Sadranan dan Pantai Krakal. 

Pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil. Dengan harga yang cukup murah, wisatawan sudah dapat menikmati berbagai pantai dengan keindahan yang menarik di setiap pantainya.

Fasilitas Pantai Ngandong

Wisata ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. pengunjung dapat menemui beberapa warung makan, mereka menjajakan berbagai makanan ringan hingga olahan laut. Pengunjung juga bisa menikmati indahnya lautan sambil kulineran. 

Fasilitas lainya, pengunjung juga dapat menikmati kamar yang sudah ber-AC. Selain itu, pengunjung juga dapat membeli ikan secara langsung dari nelayan sekitar. Beberapa fasilitas di antaranya:
  • Tempar parkir
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Warung makan
  • Penginapan pantai ngandong
  • Toilet
  • Spot foto

Daya Tarik Pantai Ngandong

1. Bermain Sampan
Selain memiliki pemandangan pasir putih yang indah, Pantai gunung kidul ini juga menawarkan wisata menggunakan sampan kecil atau yang biasa di sebut dengan kano. Bagi anda yang memiliki hobi bermain kano, bisa menjadikan tempat ini tujuan wisata anda.  Keberadaaan ombak yang tenang, bisa anda gunakan untuk latihan. Harga sewa kano sendiri mulai dari Rp50.000 per orang.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Wisata Jogja Bernuansa Bali

2. Pelabuhan Tradisional
Pantai ini juga menjadi tempat pelabuhan bagi beberapa nelayan. Hal ini karena pantai sundak yang berada di sebelah barat sudah tidak bisa di gunakan untuk berlabuh dengan alasan sebagai tempat wisata. Akhirnya beberapa kelompok nelayan dengan nama "Mina Lestari" menjadikan Pantai Ngandong menjadi tempat untuk berlabuh.

Di buka pada tahun 1998. pantai ini berkembang menjadi kampung nelayan oleh masyarakat sekitar. Namun, seiring berkembangnya waktu menjadikan wisatawan tertarik untuk menikmati keindahan dan akhirnya pantai ngandong menjadi pantai yang di khususkan untuk wisatawan.

Hal unik yang bisa anda lakukan di pantai ini adalah pengunjung dapat berkeliling bersama nelayan dengan kapal. Wisatawan akan di ajak berkeliling di sekitar pantai kurang lebih 15 menit.

Pantai Ngandong Gunung Kidul, Suasana Perkampungan Nelayan
Pantai Ngandong Resort ( Picture / Traveloka)
3. Bebatuan Karang
Daya tarik lainya terletak pada bebatuan karang yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Pantai ini di ampit oleh dua tebing sekaligus sebagai pembatas. Wisatawan juga dapat menikmati batu karang dengan menaiki tebing tersebut sambil menikmati pemandangan sekitar.

Pada saat sore hari, pantai ini memiliki pemandangan sunset yang sangat menarik. Karena lokasinya yang langsung menghadapat ke samudra membuat pemandangan sunset akan terlihat lebih jelas. Wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin berburu sunset. Biasanya mereka menginap dengan bercamping untuk mendapatkan foto sunset yang maksimal.

4. Snorkeling
Selain kano, aktivitas lain yang dapat anda lakukan adalah snorekling. Pengunjung dapat menikmati pemandangan terumbu karang dan biota laut dengan biaya sbesar Rp50.000 per orang. Dengan harga yang cukup murah, pengunjung sudah mendapatkan berabagai fasilitas mulai dari pelampung, sepatu khuus, snorkel plus masker sertta peralatan lainya.

Waktu yang paling tepat untuk menikmati terumbu karang adalah pada saat air laut sedang surut. Biasanya itu terjadi pada pukul 8 - 9 pagi dan siang pada jam 1 - 2. Namun lebih baik pada saat pagi hari, selain ombaknya yang tenang, anda dapat leluasa karena belum banyak pengunjung yang datang.

Wisata Dekat Pantai Ngandong
  • Goa Jomblang
  • Baron Tecno Park
  • Pantai Sundak
  • Pantai Ngrenehan.
  • Pantai Sadranan
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai ngandong gunung kidul. Wisatawan juga bisa mengunjungi salah satu tempat wisata di gunung kidul selain pantai dengan mengunjungi blog kami.
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.