Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pantai Ngeden Gunung Kidul, Wisata Pantai yang Asri

Pantai Ngeden

Pantai Ngeden - Berlibur ke jogja kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi salah satu daerah yang memiliki pantai berpasir putih. Daerah tersebut bernama Kabupaten Gunung Kidul. Wilayah ini menyimpan banyak destinasi wisata pantai yang cukup terkenal di telinga para wisatawan. Nama wisata tersebut adalah Pantai Ngeden.

Pantai Ngeden merupakan salah satu pantai yang memiliki pasir putih. Masyarakat sekitar menampakan pantai tersebut dengan Ngedan yang berarti orang gila, kemudian pemerintah yogakarta mengganti namaya dengan Pantai Ngeden. 

Dilihat dari bentuknya, pantai ini hampir mirip dengan pantai sarangan karena memiliki bentuk menjorok seperti teluk kecil. Keberadaan bebatuan karang yang berada di tengah pantai membuat ombak di sekitar pantai menjadi lebih kecil karena terhalau oleh beberapa bebatuan karang.

Pantai Ngeden Gunung Kidul, Wisata Pantai yang Asri
Pesona Bebatuan karang yang indah ( Picture Ig / Isdora_mai)

Walaupun begitu, wisatawan harus tetap berhati-hati karena pantai ini memiliki arus bawah yang tidak bisa di tebak.

Baca Juga: Pantai Jungwok, Surga Tersembunyi Bagi Pecinta Camping

Lokasi Pantai Ngeden

Wisatawan dapat menemukan pantai ini dengan mudah, karena lokasinya yang masih satu arah dengan pantai ngrengehan. Wisatawan juga bisa menggunakan kendraan pribadi maupun motor untuk menuju lokasi pantai, jalan menuju lokasi sudah bagus dengan aspal halus.

Lokasi Pantai Ngeden berada di Dusun Bedalo, Desa Krambil Sawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Ngeden

1. Dari Jogja Kota
Wisatawan yang berasal dari pusat kota jogja terutama malioboro dapat menggunakan rute ini untuk menuju pantai ngeden. Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Ring Road kemudian menuju Jl Piyungan lalu ke arah Bukit Bintang kemudian menuju Hutan Bunder.

Setibanya di perigaan Lapangan Udara Gading lalu menuju Pasar Paliyan kemudian arahkan kendaraan anda menuju Saptosari hingga menemukan Jl Ciblok. Tak jauh dari Jl Ciblok terdapat papan penunjuk lokasi menuju pantai.

Baca Juga: Rekomendasi 48 Tempat wisata di Kulon Progo

2. Dari Bantul
Pertama, arahkan kendaraan anda menuju Jl Imogiri lalu menuju ke Jl Siluk Panggang. Ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan Jalan Panggang lalu ke Jl Wonosari. Setelah itu, ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan pertigaan Jl Jeti - Saptosari. Ikuti saja jalan tersebut sampai menemukan lokasi wisata.

Jarak tempuh dari kota jogja maupun dari bantul membutuhkan waktu berbeda-beda tergantung dengan kondisi lalu lintas masing-masing daerah.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngedan

Berlibur dengan tidak memerlukan uang banyak sangat di minati oleh semua kalangan. Wisatawan yang ingin mengunjungi tempat wisata ini tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harga Tiket Masuk Pantai Neden sebesar Rp5.000 per orang. Sedangkan, wisatawan yang menggunakan kendaraan bermotor akan di kenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 dan Rp5.000 untuk mobil.

Jam Buka Pantai Ngedan
Seperti halnya dengan wisata pantai di gunung kidul. Pantai Ngeden buka selama 24 jam. Tetapi, waktu yang paling bagus untuk mengunjungi pantai ini adalah ketika pagi hari dan sore hari.

Baca Juga: Pantai Ngobaran, Wisata Bernuansa Bali di Jogja

Fasilitas Pantai Ngden

Lokasinya yang berada di pedesaan tidak menghalangi pengelola membangun fasilitas yang baik. Wisatawan dapat menggunakan beberapa fasilitas yang sudah tersedia, pengelola meminta wisatawan tetap menjaga fasilias dan menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, beberapa fasilitas di antaranya:
  • Tempat parkir
  • Warung makan
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Gazebo
  • Tempat camping
1. Keindahan Pantai
Pantai yang lokasinya berada di pedesaan terpencil ini ternyata menyimpan banyak keindahan yang jarang di temukan pada tempat lain. Setibanya di pantai, pengunjung akan di sambut dengan keindahan berupa bebatuan karang putih dan pasir putih yang bersih serta birunya ombak lautan yang eksotis.

Selain itu, tedapat sebuat bukit yang lokasinya tidak jauh dari pantai. Setibanya di parkiran pengunjung bisa berjalan kaki menuju bawah melewati jalan setapah untuk menuju ke bukit. Sepanjang perjalanan menuju puncak bukit, wisatawan dapat melihat pepohonan hijau yang rimbun dan beberapa warung yang menjajakan aneka ragam makanan dan minuman.

Pantai Ngeden Gunung Kidul, Wisata Pantai yang Asri
Perbukitan Pantai Ngeden (Picture Ig / ezha_adignatha)
2. Kebedaraan Pasir Putih dan Batu Karang
Untuk menuju bibir pantai, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri jalan setapak yang terbuat dari cor. Pantai ini memang tidak memiliki ukuran yang terlalu luas, akan tetapi pesona yang di suguhkan tidak kalah bagus dengan pantai yang terkenal di gunung kidul lainya.

Pengunjung dapat melihat pasir putih yang bersih dan bebatuan karang yang tersebar di sepanjang pantai ngeden yogakarta. Bagi anda yang mempunyai anak kecil, wisata ini sangat di rekomendasikan untuk di kunjungi. Anda dapat mengajak buah hati anda untuk bermain istana pasir maupun bermain air di sekitar pantai.

3. Tempat Camping
Keberadaan karang-karang di sekitar pantai membuat lokasi tersebut di jadikan tempat yang menyimpan banyak ikan. Menurut beberapa masyarakat, tempat tersebut menjadi lokasi favorit para pemancing tak terkecuali para wisatawan.

Memiliki pasir putih yang cantik membuat para wisatawan sangat tertarik untuk bermalam di sekitar pantai dengan mendirikan tenda. Pengelola sudah menyediakan tempat bagi pengunjung yang ingin camping. Pemandangan malam dan sunyinya lingkungan sekitar membuat camping terasa seru apalagi jika anda bercamping dengan teman-teman anda. Tetapi ingat ya tetap menjaga kebersihan lingkungan pantai.

4. Perbukitan
Keberadaan bukit di sekitar pantai menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pengunjung juga bisa menaiki pubit di sini. Demi keamanan gunakanlah alas kaki yang tertutup seperti sandal gunung atau sepatu. 

Pemandangan dari atas bukit ini sangat bagus, pengunjung dapat melihat laut selatan sejauh mata memandangan. Hijaunya perbukitan dan sejuknya udara pantai membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat ini.

Perbukitan ini juga bisa anda gunakan sebagai latar belakang untuk berfoto. Waktu yang paling bagus untuk mengunjungi bukit ini ketika sore hari. Saat sore hari pengunjung dapat melihat matahari tenggelam (Sunset) dengan sangat jelas.

Wisata Dekat Pantai Ngeden

  • Pantai Drini
  • Pantai Kesirat
  • Pantai Baron
  • Pantai Jungwok
Penutup
Berikut di atas merupakan artikel dari yanacircle.com tentang wisata pantai ngeden gunung kidul. Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata di gunung kidul bisa mencoba mencari refrensi di website kami!
Luqman Hakim
Luqman Hakim Hi, I'm Luqman.The key of success is start from now, from the little what will you do now.